Rekomendasi Minuman yang Paling Sehat Setelah Bangun Tidur

Ilustrasi: bangun tidurIlustrasi: bangun tidur

Ada banyak minuman yang terbilang sehat untuk dikonsumsi di pagi hari atau setelah bangun tidur, di antaranya air lemon, air putih, susu, hingga jus buah. Namun, tidak sedikit juga orang yang suka membanding-bandingkan semua jenis minuman itu. Lalu, apa saja minuman yang paling sehat setelah bangun tidur?

Manfaat Minum Setelah Bangun Tidur

Minum di pagi hari menjadi salah satu upaya untuk hidup sehat sebelum melakukan sarapan secara rutin. Kegiatan sarapan memang terbilang penting, mengingat otak memerlukan asupan zat gizi akibat puasa semalaman karena tidur. Sarapan akan mengembalikan pasokan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, sarapan akan memenuhi kebutuhan gizi Anda dengan baik.[1] Untuk memperoleh manfaat dari sarapan, Anda juga perlu memperhatikan apa saja yang perlu Anda minum sebelum sarapan.

Minum setelah bangun tidur juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan otak. Minum di pagi hari akan membuat otak lebih fresh dan segar, sehingga tidak membuat Anda merasa malas atau ingin tidur lagi. Minum sebelum sarapan juga akan membuat nutrisi pada bahan pangan Anda menjadi lebih mudah untuk diserap tubuh.

Ilustrasi: minum air putih

Ilustrasi: minum air putih

Dilansir dari HuffPost, minum air setelah bangun tidur adalah hal yang penting. Segelas air dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih fit dan bugar. Selain itu, air sangat dibutuhkan oleh tubuh setelah mengalami jam tidur yang panjang. Air akan bertugas menghidrasi tubuh serta otak Anda setelah tidur semalaman.

Baca juga:  Cara Mengetahui Usia Kehamilan Anda dan Metode Perhitungannya

Menurut ahli gizi bernama Vicki Shanta Retelny, minum air setelah bangun tidur adalah salah satu kebiasaan atau pola hidup sehat. Ini akan menjaga tubuh Anda terhidrasi sepanjang hari. Sehingga, tubuh tidak akan mudah kekurangan cairan atau ion.

Selain itu, minum air di pagi hari juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara untuk diet sehat. Perut yang terisi segelas hingga dua gelas air sebelum sarapan, akan terasa kenyang lebih lama. Sehingga, nafsu makan Anda akan berkurang secara alami dan tubuh Anda tidak akan memaksa Anda untuk memasukkan kalori dan lemak secara berlebihan.

Selain air mineral biasa atau air putih, ada beberapa jenis minuman yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah bangun tidur. Anda bisa mencobanya sebagai salah satu cara untuk hidup sehat.

Baca juga:  Urutan & Cara Layering Skincare Yang Benar

Rekomendasi Minuman Setelah Bangun Tidur

  • Air putih hangat. Salah satu rekomendasi untuk Anda yang memiliki asam lambung berlebih atau gangguan pencernaan lainnya adalah air putih hangat. Suhu yang hangat akan membuat kondisi pencernaan Anda menjadi lebih stabil di pagi hari sebelum sarapan. Air putih hangat juga akan membuat pencernaan Anda lebih lancar. Ini juga cocok untuk Anda yang memiliki gangguan sembelit atau susah BAB.
Ilustrasi: menuangkan air putih (sumber: pngio.com)

Ilustrasi: menuangkan air putih (sumber: pngio.com)

  • Air jahe hangat. Bagi Anda yang memiliki alergi dingin atau sedang flu, setelah bangun tidur, bisa minum air jahe hangat sebanyak satu cangkir tanpa gula. Air jahe hangat akan membantu menghangatkan tubuh Anda sekaligus meredakan gejala alergi. Ini karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antiseptik.
  • Air lemon hangat. Bagi Anda yang tidak memiliki penyakit maag dan gangguan pencernaan, Anda bisa mencoba mengonsumsi air lemon hangat. Air ini akan membantu proses metabolisme menjadi lebih cepat dan lancar. Selain itu, air lemon hangat juga bisa dijadikan sebagai air detoks harian.
  • Air madu hangat. Bagi Anda yang sering anemia dan mimisan, cobalah untuk mengonsumsi air madu hangat. Air madu akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membantu memproduksi sel darah merah lebih banyak. Sehingga, Anda tidak perlu merasakan gejala anemia dan mimisan.
  • Air kelapa. Air kelapa dipercaya memiliki kandungan ion yang baik untuk mengganti ion tubuh yang hilang. Selain itu, air kelapa konon bisa membantu membuang racun dan lemak yang mengendap di dalam tubuh.
  • Susu hangat. Jika Anda ingin mencoba minuman yang lebih mengenyangkan dan bergizi, Anda bisa minum susu hangat setelah bangun tidur. Susu hangat juga bisa mengembalikan kesadaran setelah bangun tidur dengan baik.
Baca juga:  Kenali Gatal di Kepala Akibat Kutu Rambut dan Cara Mengobatinya

Itulah beberapa jenis minuman yang baik diminum setelah bangun tidur. Sebagai saran, sebaiknya Anda tidak minum kopi atau teh setelah bangun tidur. Kopi dan teh yang mengandung kafein dan polifenol tinggi, bagi sebagian orang justru akan menyebabkan gangguan pada detak jantung dan tekanan darah setelah bangun tidur.

[1] Verdiana, Lydia & Lailatul Muniroh. 2017. Kebiasaan Sarapan Berhubungan dengan Konsentrasi Belajar pada Siswa SDN Sukoharjo 1 Malang. Media Gizi Indonesia, Vol. 12(1): 14-20.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: