Bagaimana Cara Membuat Soap Base Sendiri di Rumah?

Ilustrasi: membuat sabun sendiri (sumber: rtl.de)Ilustrasi: membuat sabun sendiri (sumber: rtl.de)

Industri kerajinan tangan dan souvenir saat ini semakin berkembang pesat dengan produk yang beraneka ragam, mulai dari lilin hias hingga sabun. Bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis di bidang kerajinan tangan atau souvenir, Anda bisa mencoba membuat artificial soap dengan cara membuat soap base sendiri, sehingga lebih ekonomis dan menguntungkan.

Metode Pembuatan Soap Base

Sebelumnya, sabun atau soap merupakan agen pembersih yang dibuat melalui proses saponifikasi antara basa natrium atau kalium dengan asam lemak dari minyak nabati atau lemak hewani. Ada dua jenis bahan yang digunakan dalam membuat sabun, yaitu bahan utama dan bahan pendukung.

Bahan utama terdiri dari berbagai macam minyak nabati dalam bentuk cair atau lemak hewani berbentuk padat. Sementara itu, bahan pendukung yang biasa dipakai dalam proses pembuatan sabun, antara lain pewangi, pewarna, natrium klorida, natrium karbonat, dan natrium fosfat. Bahan-bahan pendukung yang ditambahkan ke dalam adonan sabun juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas produk sabun, sehingga dapat menarik konsumen.

Selain memperhatikan bahan pembuatan sabun, untuk membuat soap base sendiri di rumah, Anda juga perlu mengetahui metode pembuatan sabun. Ada dua metode yang digunakan untuk membuat sabun, yakni metode cold process dan hot process. Perbedaan dua metode tersebut terletak pada suhu yang digunakan ketika membuat sabun.

Untuk metode cold process, adalah proses pendinginan setelah adonan sabun jadi. Nah, untuk membuat adonan sabun, Anda harus melakukan metode hot process. Metode hot process sendiri merupakan metode yang dilakukan untuk mencampur semua bahan dengan cara melelehkannya di suhu yang tinggi.[1]

Setelah Anda mengerti dan paham tentang metode yang akan dilakukan dalam pembuatan sabun, Anda sudah bisa mulai mempelajari langkah-langkah membuat sabun. Paling utama, Anda harus membuat soap base terlebih dahulu.

Baca juga:  Sulit Cari Alkohol? Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol

Cara Membuat Soap Base

Kerajinan suvenir dari soap base (sumber: melscience.com)

Kerajinan suvenir dari soap base (sumber: melscience.com)

  • Sebelum membuat soap base, Anda harus menyiapkan alat yang dibutuhkan. Anda bisa menggunakan peralatan dapur, seperti sendok atau sutil kayu, timbangan digital, panci double boiler, saringan, dan cetakan.
  • Untuk cetakan sabun, Anda bisa menggunakan jenis cetakan silikon atau cetakan jeli. Beberapa orang juga biasa menggunakan nampan sebagai pencetak soap base, karena terbilang lebih praktis.
  • Siapkan bahan untuk membuat soap base dengan metode dingin atau cold process, seperti minyak kelapa 100 gr, minyak sawit 150 gr, minyak jarak 100 gr, NaOH 53 gr, dan aquades atau air biasa 127 gr.
  • Siapkan bahan untuk membuat soap base dengan metode panas atau hot process, berupa minyak kelapa 60 gr, asam stearat 20 gr, NaoH 13 gr, etanol 20 gr, gliserin 6 gr, sukrosa 30 gr, dan aquades atau air biasa 57 gr.
  • Gunakan perlengkapan keselamatan atau perlengkapan praktik lab, seperti safety google dan sarung tangan yang terbuat dari karet.
  • Panaskan panci double boiler dan isi dengan minyak untuk hot process. Biarkan minyak memanas hingga suhunya kurang lebih 70 derajat Celcius.
  • Masukkan bahan pada metode panas ke dalam panci berisi minyak secara perlahan dan satu per satu. Aduklah adonan sambil Anda menuangkan berbagai macam bahan yang lain, dan matikan kompor atau pemanas panci.
  • Gunakan pengaduk kayu atau sendok, jika perlu kocokan telur untuk membuat adonan bertekstur cair namun agak padat. Aduk dengan kecepatan konstan selama 15 menit hingga 1 jam.
  • Aduk terus dengan kecepatan menurun sambil menambahkan bahan atau sediaan untuk metode dingin ke dalam panci. Aduk hingga adonan mulai membeku dengan kecepatan konstan.
  • Sebelum adonan benar-benar beku, saring adonan menggunakan saringan dan masukkan ke dalam cetakan. Padatkan adonan dalam cetakan untuk menghilangkan gelembung di bagian atas adonan.
  • Angin-anginkan adonan agar beku, biasanya membutuhkan waktu hingga 1 atau 2 hari. Setelah beku, keluarkan dari cetakan, dan soap base Anda siap digunakan untuk membuat artificial soap.
  • Jika Anda mencetaknya di nampan, Anda tinggal memotong kotak-kotak atau sesuai selera sabun dasar buatan Anda. Karena tidak mengandung pewarna atau pewangi, maka soap base tidak memiliki aroma dan warnanya lebih cenderung bening.
Baca juga:  Jangan Tertipu Harga Mahal, Begini Cara Mengetahui Peringkat Susu Formula Terbaik

Setelah Anda bisa membuat soap base sendiri, saatnya Anda mencoba membuat artificial soap. Cara membuat artificial soap sangatlah mudah, Anda hanya perlu berpikir kreatif untuk menciptakan aneka sabun dengan aroma dan bentuk yang unik.

Cara Membuat Artificial Soap

Siapkan peralatan dan bahan yang akan Anda gunakan untuk membuat artificial soap. Anda hanya perlu menyiapkan soap base, minyak kelapa atau minyak zaitun, pewarna makanan, essential oil atau bibit parfum, dan berbagai macam pernak-pernik sebagai dekorasi sabun. Biasanya, orang menggunakan aneka buah-buahan kering atau bagian tumbuhan kering, seperti daun, akar, batang, dan bunga, untuk membuat artificial soap sederhana.

Ilustrasi: proses membuat soap base (sumber: fragrancex.com)

Ilustrasi: proses membuat soap base (sumber: fragrancex.com)

Selain itu, siapkan juga peralatan, seperti sendok kayu, panci, saringan, dan cetakan. Anda bisa menggunakan cetakan silikon berbentuk kubus atau cetakan jeli dengan aneka bentuk yang lucu. Selain itu, siapkan juga alat keselamatan Anda, seperti sarung tangan dan kacamata pelindung.

Langkah pertama, panaskan panci dan tuang 3 sendok minyak kelapa murni atau minyak zaitun. Setelah minyak mulai panas, masukkan soap base ke dalam panci dan aduk secara perlahan. Pastikan Anda mengaduk dalam kecepatan stabil secara perlahan, agar tidak menghasilkan busa.

Baca juga:  Rasa Manis dan Bertekstur Lembut, Jenis Kurma Madinah Jadi Juara di Hati Pembeli

Lakukan pengadukan hingga soap base benar-benar cair dengan tingkat kekentalan hingga mendekati minyak. Setelah itu, matikan kompor Anda dan biarkan hingga suhunya agak turun. Ciri soap base yang siap dicetak adalah tidak ada banyak uap yang keluar dari panci.

Tambahkan pewarna makanan dan essential oil atau bibit parfum ke dalam panci sambil diaduk. Setelah itu, masukkan aneka pernak-pernik dan dekorasi cetakan Anda semenarik mungkin. Perlu Anda ketahui, Anda hanya memiliki waktu 3 menit untuk mendekorasi cetakan menggunakan bahan tambahan.

Bagi Anda yang tidak ingin terburu-buru, Anda bisa menghias cetakan sebelum membuat adonan sabun. Tuangkan adonan sabun ke dalam cetakan secara perlahan. Sebelum dituang, pastikan juga Anda sudah menyaringnya untuk menghilangkan lemak atau adonan yang menggumpal.

Setelah dituang, angin-anginkan sabun selama 3 hari agar bentuknya tidak mudah berubah dengan tekstur yang memadat. Keluarkan sabun dari cetakannya secara perlahan. Jika sabun sulit dikeluarkan, balik cetakan dan panaskan sedikit bagian ujung cetakan, maka sabun dapat dikeluarkan dengan mudah.

Sabun yang sudah jadi harus segera dikemas, sebaiknya Anda mengemasnya dengan plastik wrap atau aluminium foil. Selain terlihat lebih berkelas, plastik wrap dan aluminium foil akan mencegah proses oksidasi dan melindungi produk Anda, sehingga produk akan tetap aman sampai ke tangan konsumen.

Selain membuat sabun dengan satu warna dan motif, Anda juga bisa mengkreasikan produk sabun Anda dengan berbagai macam warna dan motif. Bahkan, Anda bisa membuat sabun dengan bentuk mirip rainbow cake atau kue lapis.

[1] Asnani, Ari, dkk. 2019. Transfer Produksi Natural Soap-Base untuk Kreasi Sabun Souvenir. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 4(2): 129-140.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: