Lingkar Mata Hitam Tanda Penyakit Apa?

Ilustrasi: lingkar mata hitam/mata panda (sumber: radiodms.com)Ilustrasi: lingkar mata hitam/mata panda (sumber: radiodms.com)

Banyak orang yang memiliki lingkar mata hitam di bawah mata atau biasa disebut dengan mata panda. Sayangnya, mata panda seperti ini biasanya diacuhkan begitu saja, padahal bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit kronis yang bersarang di tubuh Anda. Lalu, apa saja penyakit yang menyebabkan munculnya mata panda?

Kulit di sekitar mata memiliki tekstur yang lebih lembut, elastis, dan tipis dibanding kulit pada bagian tubuh lainnya. Selain itu, kulit area mata memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit, membuatnya lebih rentan dengan kekeringan, kerutan, sembab, dan warna gelap yang muncul di permukaan kulit. Lingkaran hitam yang muncul di bawah mata, secara umum disebabkan kurang tidur, kelelahan, stres, sering menangis, kurang perawatan, dan pemakaian riasan yang berlebihan.[1]

Dilansir dari SehatQ, mata pada juga menjadi salah satu diagnosis beberapa macam penyakit. Hal ini karena ada beberapa penyakit yang menyebabkan tubuh menjadi lemah, letih, lesu, susah tidur atau insomnia, dan stres. Inilah yang membuat adanya warna gelap di daerah mata.

Gejala Flu

Pengidap penyakit flu

Pilek & bersin gejala flu

Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan adanya lingkar hitam di bawah mata adalah flu. Flu berat yang ditandai dengan gejala pilek dan demam, membuat warna pada kulit hidung dan mata menjadi berubah. Pada saat demam dan pilek, kulit di sekitar mata dan hidung akan menjadi kemerahan. Selain itu, ada garis kecokelatan hingga hitam kebiruan di bawah lingkaran mata.

Baca juga:  Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan Cara Mengatasinya

Garis gelap tersebut muncul karena tubuh tidak mampu menahan gejala flu yang Anda rasakan. Bisa dibilang, tubuh Anda sudah terlalu lelah untuk menahan gejala flu, mulai dari demam dan pilek. Selain itu, obat-obatan dengan dosis tinggi juga bisa memicu munculnya warna gelap di permukaan kulit di area mata.

Eksim

masalah, penyakit, kulit, orang, dewasa, muda, usia, tahun, 25, ke, bawah, perawatan, dokter, psoriasis, herpes, zoster, eksim, krim, losion, gel, rosacea, produk, peradangan, ruam, gatal, kering, jerawat

Gangguan kulit, eksim (twitter: @harrysahota1971)

Eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan gatal-gatal dan sensasi panas di kulit. Gejala tersebut bisa memicu stres dan rasa lelah akibat tidak kuat dengan rasa gatal. Inilah yang membuat Anda memiliki lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu, ada juga eksim dengan jenis tertentu yang memang memiliki gejala adanya mata panda.

Untuk menghilangkan mata panda akibat eksim, Ada perlu berkonsultasi dengan dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat untuk menyembuhkan eksim Anda. Seiring dengan proses penyembuhan kulit akibat eksim, warna gelap di bawah lingkaran mata akan memudar dan hilang.

Baca juga:  Rangkaian Perawatan Wajah Whitening Series & Complete Face Care Mustika Ratu

Dermatitis Kontak

Menggaruk gatal di kulit (sumber: brastop.com)

Menggaruk gatal di kulit (sumber: brastop.com)

Sebelum Anda menggunakan produk seperti kacamata, alat pelindung mata, hingga skincare untuk kulit mata, Anda perlu mengetahui apakah kulit Anda sensitif atau tidak. Periksa juga, apakah pada bahan yang Anda pakai di kulit sekitar mata Anda mengandung zat alergen atau tidak. Alergi bisa saja terjadi jika Anda kurang memperhatikan komposisi produk yang Anda pakai di daerah kulit mata.

Jika tidak segera diatasi, gejala alergi bisa memicu terjadinya dermatitis kontak. Dermatitis kontak pada kulit di sekitar mata, bisa menyebabkan gatal-gatal, benjolan, mata berair, rasa nyeri, sensasi panas, peradangan, kemerahan, dan lingkar hitam di bawah mata. Untuk mengatasinya, Anda bisa pergi ke dokter mata dan meminta resep obat topikal.

Rhinitis Allergic

Rhinitis Allergic (sumber: pinterest)

Rhinitis Allergic (sumber: pinterest)

Rhinitis allergic, atau biasa dikenal dengan alergi dengan serbuk bunga, tidak hanya menyebabkan Anda bersin-bersin. Gejala paling parah yang pernah ditemukan, yaitu mata berair, mata sembab, pilek tak berkesudahan, sesak napas, dan adanya lingkaran hitam di bawah mata.

Baca juga:  Harga Di Bawah Rp 20Ribuan, Lipstik Red-A Tersedia Dalam 54 Warna

Lingkaran hitam yang ada di bawah mata tersebut disebabkan oleh mata sembab dan berair yang tak kunjung hilang. Setelah semua gejalanya hilang, biasanya penderita akan merasa sedikit lemas dan kurang bertenaga. Alergi serbuk bunga ini memang jarang terjadi, namun sebaiknya Anda mengecek kondisi kesehatan Anda. Alergi tersebut juga terbilang musiman dan tidak bisa terdeteksi dengan mudah tanpa adanya pemicu.

Itulah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan lingkar hitam di bawah mata. Selain itu, lingkar hitam di bawah mata juga sering dialami oleh orang yang memiliki gangguan pernapasan seperti TBC atau asma akut. Ini karena mereka harus menjalani beberapa terapi berupa obat yang dapat membuat sel-sel kulit di beberapa bagian tubuh menjadi lebih gelap, termasuk area mata.

[1] Yuwati, Hernian. 2013. Perawatan Kulit di Sekitar Mata Secara Alami untuk Mendukung Kesehatan di Kelompok PKK Dusun Bendungan Wates Kulon Progo. Jurnal Socia Akademika AKK, Vol. 1(1): 4-16.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: