Benarkah Zwitsal Baby Cream Mampu untuk Atasi Jerawat?

Ilustrasi: aplikasi krim wajah (sumber: nivea) Ilustrasi: aplikasi krim wajah (sumber: nivea)

Zwitsal merupakan brand produk perawatan bayi yang memiliki range produk cukup luas, termasuk baby cream. Krim bayi dari Zwitsal ini pada dasarnya diperuntukkan mengatasi ruam popok hingga masalah biang keringat pada bayi. Namun, beberapa waktu lalu sempat booming tren penggunaan Zwitsal Baby Extra Care Cream with Zinc untuk mengatasi jerawat pada kulit orang dewasa. Apakah benar-benar efektif?

Baby lotion atau baby cream berfungsi untuk memberi kelembapan pada kulit. Perbedaannya adalah dilihat dari teksturnya baby cream lebih kental dibandingkan dengan baby lotion. Baby cream pun memiliki kandungan lemak yang lebih banyak sehingga cocok untuk kulit yang sangat kering. Jika tidak terlalu kering, Anda dapat menggunakan baby lotion saja.

Pemberian produk ini biasanya diterapkan pada kulit yang kering, seperti daerah lipatan lutut dan siku. Pemberian baby lotion yang terlalu sering malah dapat memicu timbulnya biang keringat. Gunakan dengan wajar pada tangan dan kaki setelah bayi selesai mandi. Kandungan yang terdapat pada baby lotion terdiri dari air dan minyak yang dirancang aman untuk bayi. Namun, jika tidak cocok, sebaiknya segera hentikan pemakaiannya.[1]

Baca juga:  Perbedaan Afolat dan Folavit, Mana yang Terbaik untuk Ibu Hamil?

TentangZwitsal Baby Cream

Zwitsal Baby Extra Care Cream with Zinc merupakan krim yang diperkaya dengan Zinc yang diklaim berkhasiat untuk meredakan ruam kemerahan akibat iritasi atau pemakaian popok yang terlalu lama dan terlalu ketat. Si Kecil akan merasa nyaman karena kulitnya dapat kembali halus dan lembut setelah pemakaian. Produk ini disebut telah teruji hypo-allergenic, sehingga baik untuk digunakan kulit bayi yang sensitif sekalipun.

Dalam produk Zwitsal Baby Extra Care Cream with Zinc juga memiliki kandungan allantoin yang diklaim dapat membantu mencegah bekas gigitan serangga berubah menjadi kehitaman serta mengatasi masalah biang keringat. Selain itu, krim bayi ini juga memiliki kandungan Zinc Oxide di dalamnya yang dapat membantu meredakan rasa gatal, sehingga aman dioleskan pada kulit si kecil yang terkena gigitan serangga. Zwitsal Baby Extra Care Cream with Zinc tersedia dalam kemasan 100 ml yang dibanderol dengan harga Rp29.200.

Zwitsal Baby Cream (sumber: carousell)

Zwitsal Baby Cream (sumber: carousell)

Cara Menggunakan Zwitsal Baby Cream

Cara pemakaian Zwitsal Baby Cream yang benar cukup mudah. Krim bayi sebaiknya dipakai setelah buah hati Anda dimandikan. Oleskan Zwitsal Baby Cream secukupnya dan secara merata pada bagian tubuh Si Kecil yang membutuhkan, seperti pantat atau selangkangan. Setelah diolesi dengan Zwitsal Baby Cream, biarkan kulit bayi Anda bernapas selama beberapa saat sebelum pakaiannya dikenakan kembali. Sebaiknya jangan menggunakan krim bayi secara terus-menerus, gunakan krim bayi sesuai kebutuhan saja.

Baca juga:  Sebaiknya Pilih Mana? Melahirkan Dibantu Bidan Atau Obstetrician?

Zwitsal Baby Cream untuk Jerawat

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, produk Zwitsal Baby Extra Care Cream with Zinc mengandung zinc yang selama ini erat kaitannya dengan pengobatan jerawat. Hal ini pula yang mendorong beberapa orang dewasa tertarik menggunakan produk krim bayi ini untuk mengobati jerawat di wajah mereka.

Zinc berperan sangat penting dalam berbagai aspek kecantikan, berkontribusi pada hampir setiap enzim di dalam kulit, termasuk yang membantu menciptakan kolagen dan memproduksi sel-sel baru. Zinc juga membantu penyembuhan luka. Ketika bagian kulit tertentu terluka, kadar zinc di bagian itu meningkat akibat lonjakan enzim untuk memulai menutup luka. Beberapa bukti menunjukkan, senyawa-senyawa anti-inflammatory di dalam suplemen zinc berperan dalam menenangkan kondisi kulit seperti jerawat dengan mengurangi jumlah jerawat dan lesi lain yang terbentuk.[2]

Baca juga:  Hiperemesis Gravidarum: Kondisi Mual dan Muntah yang Parah Pada Ibu Hamil, Berbeda Dengan Morning Sickness

Beberapa orang meyakini dengan mengaplikasikan krim bayi yang mengandung zinc seperti Zwitsal sebagai spot treatment bisa membantu meredakan jerawat. Namun, sejumlah dokter kulit rupanya melarang cara tersebut karena dinilai kurang aman.

“Meskipun zinc oxide dapat mengeringkan jerawat dan calendula dapat menenangkan inflamasi, aku tetap tidak merekomendasikan menggunakan krim diaper. Hal tersebut memicu lebih banyak lagi infeksi kulit,” ujar profesor Elizabeth Hale dari asosiasi kesehatan di New York University, seperti dilansir dari Allure melalui Detik.

Tak jauh berbeda, Dr. Rebecca Tung dari dari La Grande mengungkapkan bahwa baby cream mengandung banyak formula moisturizer. “Ketika digunakan di seluruh wajah dengan tipe kulit berminyak, maka akan memicu tersumbatnya pori-pori yang memicu jerawat lebih banyak lagi,” paparnya.

[1]Tim Galenia MCC. 2014. Home Baby Spa. Jakarta: Penerbit Plus, hlm 44.

[2] Olivia, F. 2011. Tingkatkan Sensual Intelligence Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 126.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: