Yuk, Coba Bikin Resep Puding Susu Enak & Mudah dengan Susu Evaporasi!

Puding Susu Puding Susu

Membuat pudding terkadang memang bisa begitu merepotkan, apalagi jika Anda termasuk pemula yang baru saja mencoba-coba memasak di dapur. Namun tenang saja, kini sudah ada beragam puding-puding instan yang bisa memudahkan Anda untuk membuat pudding layaknya puding buatan cafe di rumah. Selain menggunakan serbuk puding instan, Anda juga bisa menambahkan -bahan lain sebagai pelengkap seperti susu evaporasi (evaporated milk). Wah, penasaran kan seperti apa jadinya?

Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mencoba silky puding yang dijual di mall-mall bukan? Silky pudding atau puding puyo memiliki tekstur yang lebih lembut dari pudding biasanya, dan sayangnya silky pudding yang dijual di mall-mall memang relatif mahal. Daripada buang-buang uang untuk membeli silky pudding yang mahal, mengapa Anda tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah?

Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup sederhana, yaitu:

  • 1 bungkus puding susu Nutrijell (Anda bisa bebas tentukan sendiri rasa yang diinginkan)
  • Susu evaporasi F&N (bisa juga menggunakan merk yang lain)
  • 4-5 sendok gula pasir
  • 1.000 ml (1 liter) air mineral

Langkah membuat pudding silky dengan susu evaporasi:

  1. Masukkan air dan bubuk puding ke dalam panci. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.
  2. Setelah tidak menggumpal, Anda bisa menambahkan 4-5 sendok makan gula pasir atau sesuai selera. Namun sebaiknya jangan menambahkan gula terlalu banyak, sebab serbuk pudding susu yang Anda gunakan sudah memiliki rasa yang manis.
  3. Jika gula sudah larut dan adonan pudding yang dimasak sudah hampir mendidih, masukkan susu evaporasi sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  4. Anda tak perlu menunggu adonan hingga mendidih lagi. Apabila susu evaporasi sudah tercampur rata, Anda bisa mematikan kompor.
  5. Tuangkan adonan puding yang sudah matang tersebut ke dalam cetakan atau wadah kecil-kecil siap saji. Kemudian angin-anginkan sebelum disajikan.
  6. Anda bisa menambahkan fla atau topping lain sesuai selera.

Sebagai tambahan, susu evaporasi yang beredar di pasaran ada 2 macam, yakni susu evaporasi sweetened atau yang lebih dikenal dengan sebutan susu kental manis (SKM) dan susu evaporasi unsweetened. Sesuai namanya, susu evaporasi sweetened sudah memiliki cita rasa manis dan teksturnya lebih kental dibandingkan susu evaporasi biasa. Sedangkan susu evaporasi unsweetened tak mengandung bahan campuran seperti gula, sehingga rasanya pun cenderung lebih tawar.

Susu Evaporasi Sebagai Bahan Membuat Puding

Susu Evaporasi Sebagai Bahan Membuat Puding

Ada banyak pilihan susu evaporasi yang dijual di swalayan maupun mini market. Untuk varian susu evaporasi sweetened atau susu kental manis, Anda bisa memilih merek-merek seperti Frisian Flag, Carnation, Cap Enaak, maupun Indomilk. Sedangkan yang versi unsweetened ada merek seperti Marigold, F&N (FN), dan juga Carnation.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: