Amankah Konsumsi You C 1000 untuk Ibu Hamil Muda?

Minuman untuk Ibu Hamil Muda - parenting.firstcry.comMinuman untuk Ibu Hamil Muda - parenting.firstcry.com

Asupan vitamin C saat ini bisa diperoleh dari mana saja, baik dari sumber alami maupun sumber buatan. Ada banyak sumber makanan alami yang dikenal kaya akan kandungan vitamin C, misalnya saja buah jeruk, pepaya, brokoli, lobak, kembang kol, selada air, dan masih banyak lagi. Selain itu juga sudah banyak produsen yang membuat suplemen vitamin C, baik dalam bentuk tablet maupun minuman siap konsumsi seperti You C 1000.

Kecukupan konsumsi vitamin C untuk ibu hamil adalah paling penting. Ibu dan bayi membutuhkan vitamin C untuk memperbaiki jaringan, dan membantu berbagai proses metabolisme unsur gizi lain. Kekurangan vitamin C pada saat hamil akan dapat menyebabkan timbulnya keracunan. Akibat terparah yang dapat terjadi, yaitu pecahnya air ketuban secara dini (Muaris, 2002).

Masih menurut sumber yang sama, vitamin C adalah bahan nutrisi yang tidak dapat disimpan oleh tubuh, sehingga setiap hari diperlukan masukan baru. Makanan yang kaya vitamin C, paling baik dimakan segar dan tidak dimasak, karena kontaknya dengan cahaya dan panas serta udara akan menghancurkan vitamin tersebut.

Ibu yang sedang hamil pun sangat disarankan untuk mencukup kebutuhan vitamin atau nutrisi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Tak hanya dapat menunjang kesehatan ibu hamil, tetapi asupan nutrisi yang seimbang juga sangat bermanfaat bagi janin yang ada dalam kandungan. Seperti yang Anda ketahui, vitamin C menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini sederet manfaat vitamin C seperti dilansir Alodokter.

Minuman You C 1000 - www.tokopedia.com

Minuman You C 1000 – www.tokopedia.com

Manfaat Vitamin C

  • Menjaga kesehatan sel dan jaringan, terutama kolagen yang dibutuhkan oleh tulang, tulang rawan, otot, pembuluh darah, dan kulit
  • Perbaikan jaringan khususnya untuk penyembuhan luka
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi infeksi
  • Meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi yang berasal dari sayuran

Menurut dr. Lili Dwiyani, kebutuhan vitamin C bagi ibu hamil per hari tidak terlalu besar, hanya sekitar 80-85 miligram (mg). Kebutuhan tersebut pada dasarnya dapat dipenuhi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sementara itu, suplemen sifatnya hanyalah melengkapi, bukan sebagai pengganti makanan harian. Jika dikonsumsi dalam dosis besar, vitamin C justru berpotensi menyebabkan sejumlah keluhan atau efek samping.

Efek Samping Konsumsi Vitamin C Dosis Tinggi

  • Peningkatan frekuensi berkemih
  • Urine berwarna kekuningan hingga keruh
  • Penurunan nafsu makan
  • Sakit kepala
  • Gangguan pencernaan, seperti diare, konstipasi, sakit perut mual
  • Ruam atau gatal
  • Peningkatan denyut jantung
  • Kelahiran prematur
  • Sakit perut karena peningkatan asam lambung

Selain itu, bila mengonsumsi vitamin C dosis tinggi dalam jangka panjang juga berisiko menyebabkan penyakit batu ginjal, insomnia (sulit tidur), penggumpalan darah, sampai kerusakan sel darah merah.

Konsumsi UC1000 untuk Ibu Hamil Muda

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, ibu hamil setidaknya hanya membutuhkan sekitar 80-85 miligram (mg) asupan vitamin C per harinya. Oleh sebab itu, konsumsi suplemen seperti You C1000 yang mengandung hingga 1.000 mg vitamin C justru kurang direkomendasikan.

Albert Tony Lopolisa dari Alodokter menjelaskan, “Saya sangat tidak menyarankan Anda untuk mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak. Pada umumnya kebutuhan nutrisi ibu hamil trimester pertama tidak jauh berbeda dengan kebutuhan vitamin C pada individu normal.” Jika terlalu banyak vitamin C yang diserap, maka ginjal akan dipaksa untuk bekerja lebih berat, dan vitamin C yang terlalu tinggi juga dapat mengganggu kehamilan Anda.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association (JAMA), tubuh manusia pada dasarnya hanya dapat mencerna sekitar 200 mg vitamin C setiap harinya. Jika mengonsumsi lebih dari itu, vitamin C justru tak akan diserap dan tak berguna untuk sel-sel Anda. Karena itu, mengonsumsi vitamin C dengan dosis berlebih setiap hari sebenarnya tidak begitu perlu.

Konsumsi Vitamin C untuk Ibu Hamil Muda - www.shutterstock.com

Konsumsi Vitamin C untuk Ibu Hamil Muda – www.shutterstock.com

Jika pola makan Anda sehari-hari memang tidak dapat memenuhi kebutuhan vitamin C, suplemen dengan dosis vitamin C yang lebih rendah seharusnya sudah cukup memenuhi. Akan tetapi, jika Anda sedang hamil muda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan jika hendak mengonsumsi produk suplemen apapun agar terhindar dari efek negatif yang mungkin bisa Anda alami.

Referensi:

Baca juga:  Ternyata Khasiat Ubi Ungu Lebih Banyak Dari Yang Anda Duga!

Muaris, Hindah. 2002. Hidangan Sehat Favorit Ibu Hamil Kehamilan Triwulan Kedua Cita Rasa Indonesia. Hardiman I, editor. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: