Cara Membuat Yogurt untuk Masker Wajah dan Rambut

Ilustrasi: wanita memaki masker yogurt (sumber: capitalblonde.com)Ilustrasi: wanita memaki masker yogurt (sumber: capitalblonde.com)

Sudah banyak produk masker yang beredar di pasaran. Sayangnya, masker yang berkualitas biasanya memiliki harga yang mahal. Sebagai solusi berhemat, Anda bisa menggunakan yogurt sebagai bahan membuat masker. Yogurt sendiri tidak hanya bisa digunakan sebagai masker wajah, tetapi juga masker rambut.

Masalah pada kulit dan rambut memang menjadi sesuatu yang wajar. Namun, jika dibiarkan, dapat menyebabkan kerusakan hingga menurunkan kondisi kesehatan. Untuk mengatasi permasalahan kulit wajah, Anda bisa membuat masker dengan beberapa campuran bahan alami, begitupun dengan masker rambut.

Cara Membuat Masker Yogurt

Untuk membuat masker wajah atau masker rambut, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Siapkan yogurt plain rendah lemak dan bahan tambahan yang bisa Anda dapatkan di rumah, bisa menggunakan air perasan jeruk lemon, madu, buah pepaya, putih telur, minyak kemiri, dan lidah buaya. Siapkan juga peralatan, seperti kuas masker, sarung tangan, handuk, sendok, dan wadah berupa mangkuk plastik atau baskom kecil.

Untuk membuat masker wajah, Anda tidak memerlukan lidah buaya, minyak kemiri, dan buah pepaya sebagai tambahan. Langkah pertama, masukkan satu sendok makan yogurt plain ke dalam wadah yang telah Anda siapkan. Setelah itu, masukkan bahan tambahan, seperti air perasan jeruk lemon sebanyak setengah sendok teh, atau madu sebanyak satu sendok makan, atau putih telur setengah sendok makan. Aduk yogurt dan bahan campuran tersebut hingga merata.

Baca juga:  Waspada, Fad Diet Berisiko Tinggi untuk Penyakit Hati

Setelah semua tercampur merata, Anda bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan masker secara merata ke kulit wajah. Aplikasikan masker dengan bantuan kuas agar merata dengan baik dan cepat. Biarkan masker menempel pada kulit wajah Anda selama kurang lebih 10 menit hingga 30 menit, lalu bilas menggunakan air biasa hingga bersih.

Ilustrasi: yogurt untuk masker wajah (sumber: missambivert.com)

Ilustrasi: yogurt untuk masker wajah (sumber: missambivert.com)

Hampir sama dengan cara membuat masker wajah, untuk membuat masker rambut, Anda akan membutuhkan yogurt plain rendah lemak dan bahan tambahan. Untuk masker rambut, Anda bisa memilih bahan tambahan, seperti madu, minyak kemiri, buah pepaya yang telah dihaluskan, lidah buaya, dan putih telur.

Masukkan yogurt plain rendah lemak sekitar 5 hingga 10 sendok makan ke dalam wadah, Anda bisa menyesuaikan banyaknya yogurt dengan ketebalan dan panjang rambut Anda. Campurkan bahan tambahan yang Anda pilih, dengan perbandingan 2:1. Setelah itu, aduk hingga rata dan gunakan sarung tangan plastik.

Aplikasikan masker rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Anda bisa menggunakan sisir semir untuk mempermudah prosesnya. Biarkan masker menempel pada rambut selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air biasa hingga bersih. Anda juga bisa menggunakan shampo dan conditioner setelahnya.

Hindari penggunaan air hangat atau air panas untuk membilas masker pada wajah maupun rambut. Penggunaan air bersuhu tinggi pada wajah dapat menyebabkan dehidrasi kulit, pori-pori terbuka dan melebar, dan kulit kusam. Sementara, pada rambut, bisa menyebabkan rambut rontok, kering, bercabang, kusam, dan mudah patah.

Baca juga:  Wajib Tahu: Ternyata Begini Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

Menurut beberapa orang, sebaiknya Anda menghindari penggunaan masker jika kulit Anda dalam kondisi berminyak. Pasalnya, beberapa orang dengan kulit berminyak tidak cocok menggunakan masker yogurt, karena yogurt mengandung minyak hewani berupa lemak yogurt. Ini dapat membuat kadar minyak menjadi lebih banyak dan wajah bisa berjerawat.

Manfaat Masker Yogurt

Yogurt sendiri memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti kalsium, zat besi, lemak, zinc, asam laktat, probiotik, vitamin A, E, C, dan masih banyak lagi. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan masker yogurt.

Setelah Anda menggunakan masker yogurt pada kulit wajah secara teratur, kulit wajah akan lebih cerah. Hal ini karena kandungan asam laktat dan vitamin C, kedua kandungan tersebut akan membantu menghambat peningkatan melanin dalam kulit dan meregenerasi sel kulit wajah dengan cepat.

Ilustrasi: wanita memakai masker yogurt (sumber: businessinsider.sg)

Ilustrasi: wanita memakai masker yogurt (sumber: businessinsider.sg)

Sementara, kandungan vitamin E pada yogurt berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi dan sinar matahari. Selain itu, banyaknya kandungan nutrisi pada yogurt akan menutrisi kulit wajah Anda dan menjaga kelembapannya, sehingga kulit wajah menjadi lebih sehat dan berseri.

Baca juga:  Tak Cuma Enak, Ini Manfaat Lain Tape Singkong untuk Kecantikan & Kesehatan

Manfaat yogurt untuk masker rambut tentunya berbeda. Jika Anda mengaplikasikan masker yogurt di rambut Anda, Anda bisa mengurangi rasa gatal akibat ketombe dan menghilangkan ketombe. Masker yogurt diklaim ampuh dalam mengatasi permasalahan gatal akibat ketombe, karena kandungan vitamin dan mineralnya.

Bagi Anda yang sering menggunakan alat catokan, hair dryer, atau sering menggunakan cat rambut, pasti pernah mengalami rambut rusak. Untuk mengatasi rambut rusak dan bercabang, Anda bisa menggunakan masker yogurt. Kandungan vitamin E serta lemak pada yogurt diklaim mampu memperbaiki rambut yang rusak.

Selain itu, bagi Anda yang ingin memiliki rambut indah dan panjang, Anda bisa mengaplikasikan yogurt pada rambut setiap 3 hingga 5 hari sekali. Mengoleskan yogurt pada rambut dapat menutrisi rambut, apalagi yogurt memiliki vitamin E dan C yang baik untuk pertumbuhan rambut Anda. Rambut dikatakan bisa tumbuh lebih cepat.

Masker yogurt juga baik untuk kondisi rambut yang kering dan kusam, apalagi untuk rambut yang sulit diatur. Kandungan nutrisi pada yogurt akan membantu membuat rambut Anda menjadi lebih mudah ditata. Rambut diklaim menjadi lebih halus, lembut, dan lembap setelah Anda mengaplikasikan masker tersebut. Perlu Anda ketahui pula bahwa hasil pemakaian masker yogurt pada setiap orang berbeda-beda. Ini tergantung dari kondisi kulit atau rambut masing-masing individu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: