Yuk, Lakukan Yoga Wajah Supaya Terlihat Awet Muda!

Yoga wajah (sumber: yogapractice.com)Yoga wajah (sumber: yogapractice.com)

Saat ini, yoga telah berkembang menjadi salah satu sistem kesehatan yang komprehensif dan menyeluruh.[1] Selain digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, ada beberapa gerakan yoga yang bisa membuat wajah awet muda. Juga disebut face yoga, banyak orang yang sudah membuktikan manfaatnya.

Manfaat Yoga Wajah

Ada lebih dari 24 otot yang menyusun wajah bagian kanan dan kiri, tetapi Anda tidak akan menemukan peralatan apapun untuk merawatnya. Nah, untuk memperkuat sekaligus mengencangkan otot wajah, Anda bisa melakukan spa dan perawatan khusus di salon.

Namun, pergi ke tempat spa dan salon untuk totok wajah dan treatment lainnya tidak murah dan terbilang ribet, sehingga Anda perlu menemukan cara yang lebih sederhana dan ekonomis. Para ahli yang berkontribusi dalam konten HuffPost menyarankan Anda untuk melakukan face yoga.

“Banyak orang memiliki otot wajah yang tegang dan yoga wajah bisa membantu meredakan ketegangan itu, tetapi tidak membuatnya kendur,” kata terapis fisik Sandra Gail Frayna kepada jurnalis HuffPost. “Face yoga dapat membantu Anda memiliki tampilan wajah lebih ramping dengan otot yang rileks, sehingga terlihat awet muda.”

“Ada beberapa bukti bahwa latihan wajah dapat memperbaiki penampilan wajah dan mengurangi beberapa tanda penuaan yang terlihat,” kata Dr. Murad Alam, profesor di Northwestern University Feinberg School of Medicine. “Face yoga memperbesar dan memperkuat otot-otot wajah, sehingga wajah menjadi lebih kencang dan lebih muda.”

Baca juga:  Waspada, Fad Diet Berisiko Tinggi untuk Penyakit Hati

Ada beberapa bukti ilmiah bahwa yoga wajah memiliki manfaat yang sangat baik untuk wajah. Salah satu penelitian yang dilakukan selama lima bulan di Northwestern Medicine, program face yoga 30 menit dilakukan setiap hari oleh wanita paruh baya. Itu menghasilkan penampilan yang lebih muda, dengan pipi atas dan bawah yang lebih penuh.

Bagaimana Yoga Wajah Bekerja?

“Yoga wajah akan membuat otot wajah menjadi lebih kuat untuk menopang bantalan lemak yang membuat wajah kendur seiring bertambahnya usia,” kata Emily Pon, asisten profesor di Feinberg. “Ini juga akan meningkatkan volume wajah dan melawan efek penipisan lemak terkait usia.”

Yoga wajah (sumber: thetimes.co.uk)

Yoga wajah (sumber: thetimes.co.uk)

Sebelumnya, face yoga merupakan salah satu treatment yang dikembangkan oleh Gary Sikorski dari Happy Face Yoga. Dia juga sebagai seorang instruktur yoga khusus wajah yang sudah bersertifikat.

Baca juga:  Varian Produk Bedak Inez Untuk Jenis Kulit Kering

“Face yoga adalah alternatif alami untuk operasi plastik,” jelas Sikorski. “Kerja isometrik dan resistensi pada yoga wajah sama seperti menggunakan beban untuk melatih kekuatan tubuh.”

Sikorski menambahkan bahwa yoga wajah dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Hasil dari treatment ini biasanya akan terlihat dalam 2 hingga 3 minggu jika dilakukan secara rutin. Selain itu, face yoga akan membuat kulit menjadi lebih elastis dan lembut.

“Kulit akan menjadi lebih elastis dan lebih lembut saat disentuh,” kata Sikorski. “Melakukan face yoga dengan konsisten juga dapat memperlebar mata, mengangkat pipi, mengangkat sudut mulut, dan mengencangkan garis rahang. Lalu, saat otot-otot wajah menjadi semakin kencang, kulit akan menjadi halus dan kerutan di wajah menjadi pudar.”

Untuk hasil yang lebih baik, Sikorski dan ahli yoga wajah telah membagikan gerakan face yoga yang paling sederhana dan mudah dipelajari. Berikut rinciannya.

Gerakan Yoga Wajah

  • Mengangkat pipi. Buka mulut Anda dengan bibir membentuk O, posisikan bibir atas di atas gigi Anda, lalu tersenyum untuk mengangkat otot pipi ke atas dan letakkan jari Anda dengan ringan di bagian atas pipi. Setelah itu, lemaskan otot pipi untuk menurunkan senyuman, dan angkat kembali . Ulangi dengan menurunkan dan mengangkat pipi.
  • Memahat pipi garis senyum. Tersenyumlah tanpa memperlihatkan gigi dan rapatkan bibir. Setelah itu, senyum lagi hingga otot pipi naik, letakkan jari Anda di sudut mulut dan geser ke atas pipi, dan tahan selama 20 detik.
  • Pose singa. Dermatologis Jeannette Graf merekomendasikan pose ini supaya wajah awet muda. Pertama, duduk dalam posisi yang nyaman. Condongkan tangan ke depan, dengan tangan terentang di lantai. Tarik napas dalam-dalam dan saat menghembuskan napas, buka mulut Anda untuk membuat suara ‘haaa’ yang keras, seperti auman singa. Buang napas sepenuhnya, arahkan lidah ke dagu. Seiring waktu, Anda akan merasakan manfaatnya dalam pernapasan, mengencangkan leher, mata, dan menghaluskan kulit.
Baca juga:  Muncul Bercak Darah Pasca Menopause? Segera Periksa ke Dokter!

Meskipun mempunyai manfaat yang baik untuk wajah Anda, face yoga juga harus diimbangi dengan menggunakan skincare yang tepat. Gunakan pelembap dan sunscreen untuk melindungi kulit dari kerusakan.

[1] Kinasih, Arum Sukma. 2010. Pengaruh Latihan Yoga terhadap Peningkatan Kualitas Hidup. Buletin Psikologi UGM, Vol. 18(1): 1-12.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: