Ini Sederet Wewangian yang Tidak Disukai & Mampu Mengusir Tikus

Cara Mengusir Tikus Rumah - australianmuseum.net.auCara Mengusir Tikus Rumah - australianmuseum.net.au

Tikus merupakan hewan pengerat sekaligus hama yang bagi sebagian besar orang cukup mengganggu. Tak hanya muncul di got saja, tikus pun bisa menghampiri rumah-rumah yang kotor dan ia anggap tempat ideal untuk mencari makan. Hewan ini memiliki ciri-ciri ekor yang panjang dan berwarna hitam, abu-abu, atau cokelat terang. Umumnya tikus jenis ini pandai memanjat dan melompat, sehingga untuk menangkapnya pun relatif sulit.

Tikus rumah biasanya muncul dari lubang-lubang pembuangan, saluran air, atau bahkan berdiam di plafon rumah. Keberadaannya memang cukup mengganggu. Sifatnya yang suka mengerat kadang menyebabkan jaringan kabel, kain, atau bahan-bahan lainnya rusak karena digigiti oleh tikus. 

Menurut Pramono (2008), kadang-kadang sudut tertentu di rumah sering didatangi tikus. Kedatangannya tentu sangat mengganggu. Penggunaan racun tikus belum tentu efektif, bahkan bisa membahayakan bagi binatang peliharaan lain.

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus di tempat tinggal Anda. Beberapa orang biasanya menggunakan jebakan tikus, lem tikus, atau bahkan racun tikus yang tersedia di pasaran untuk menghilangkan hama ini. Tetapi rupanya ada cara lain yang lebih mudah dan juga tak kalah efektif, yakni menggunakan benda-benda atau aroma wewangian yang tidak disukai tikus. Apa saja? Berikut ulasannya.

Kopi Bubuk Wewangian yang Tidak Disukai Tikus - locomote.org

Kopi Bubuk Wewangian yang Tidak Disukai Tikus – locomote.org

Wewangian & Benda yang Dibenci Tikus

  1. Kopi bubuk. Salah satu aroma yang tidak disukai oleh tikus adalah kopi. Anda bisa membungkus segenggam kopi dengan kain kasa. Kemudian letakkan bubuk kopi itu di sudut-sudut yang kerap didatangi oleh tikus. Aroma kopi bubuk dipercaya bisa mengusir tikus.
  2. Minyak peppermint. Bau peppermint rupanya juga sangat dibenci oleh tikus. Anda bisa meneteskan 20-30 tetes minyak peppermint ke bola kapas dan letakkan di sudut-sudut ruangan dekat lubang pembuangan. Selain minyak peppermint, Anda juga bisa menggunakan daun mint atau pasta gigi mint. Ganti bola kapas jika aroma mint-nya sudah hilang.
  3. Cengkih. Aroma cengkeh yang cukup menyengat pun bisa Anda manfaatkan untuk mengusir tikus. Anda bisa meletakkan cengkeh di lokasi-lokasi yang kerap dilewati oleh tikus.
  4. Kapur barus. Wewangian berikutnya yang dikenal ampuh mengusir tikus adalah bau kapur barus. Anda dapat menghancurkan beberapa butir kapur barus, kemudian menyebarkannya di tempat-tempat yang biasanya dihampiri oleh tikus. Namun Anda harus berhati-hati, karena kapur barus mengandung racun dan akan sangat berbahaya bila terjangkau oleh anak-anak atau hewan peliharaan.
  5. Cuka. Bahan yang termasuk murah dan mudah didapat untuk menghalau tikus adalah cuka. Anda bisa memanfaatkan aroma menyengat dari cuka ini dengan menyiapkan bola kapas yang telah dibasahi dengan cuka, lalu letakkan bola-bola kapas tersebut di jalan keluar-masuk tikus yang ada di rumah Anda.
  6. Minyak Serimpi. Minyak wangi cap Serimpi atau yang juga kerap dijuluki “minyak wangi mayat” ini ternyata banyak dimanfaatkan oleh petani untuk mengusir hama tikus. Baunya yang sangat menyengat ini rupanya dibenci tikus. Biasanya petani mencampurkan minyak Serimpi dengan softener (pewangi/pelembut pakaian), kemudian disemprotkan ke batang padi. Nah, bagi Anda yang terganggu dengan tikus di rumah bisa menyemprotkannya ke area-area yang dilalui tikus. Harga minyak Serimpi cukup murah, hanya Rp10 ribuan saja per botol.
  7. Daun salam. Aroma berikutnya adalah aroma daun salam. Selain bisa dijadikan bumbu memasak, aroma daun salam yang segar ini bisa dipakai untuk mengusir tikus. Anda cukup meletakkan beberapa lembar daun salam di area yang dilewati oleh tikus. Kemudian ganti daunnya setiap 2 atau 3 hari sekali.
  8. Durian. Jika Anda merupakan penggemar buah durian, Anda bisa menyisihkan bagian biji durian untuk mengusir tikus. Letakkan biji durian di lubang-lubang atau jalur yang dilewati oleh tikus.

Selain menggunakan aroma wewangian, Anda juga bisa menanam tanaman-tanaman yang berduri di pekarangan atau halaman rumah supaya mencegah tikus masuk. Yang lebih penting lagi, pastikan kondisi di dalam dan luar rumah senantiasa bersih agar tidak ada tikus yang berusaha masuk ke dalam rumah dan mengusik ketenangan Anda bersama keluarga.

Minyak Peppermint Wewangian yang Tidak Disukai Tikus - www.bathmarket.co.id

Minyak Peppermint Wewangian yang Tidak Disukai Tikus – www.bathmarket.co.id

Referensi:

Baca juga:  Hati-hati, 4 Kandungan Pada Makanan Ini Diklaim Berbahaya Untuk Tubuh

Pramono, Djoko. 2008. 143 Tip Cerdas Seputar Kesehatan, Rumah, dan Masakan. Wahyu H.K, editor. Tangerang (ID): DeMedia Pustaka.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: