Ingin Tahu Kesehatan Usus? Ubah Warna Feses Menjadi Biru

Kesehatan Usus yang Perlu di Waspadai - freepik: @benzoix Kesehatan Usus yang Perlu di Waspadai - freepik: @benzoix

Rasa nyeri dan tidak enak di perut bagian bawah bisa jadi adalah gejala gangguan usus besar. Untuk mengetahui apakah usus Anda baik-baik saja, mungkin Anda bisa melakukan sebuah percobaan. Praktik biologi ini cukup sederhana, yakni dengan cara mengubah warna feses menjadi biru dan memperhatikan waktu transit usus.

Tanda Usus Sehat

Dilansir dari HuffPost, tidak sulit untuk mengetahui kesehatan usus Anda, karena Anda hanya perlu memperhatikan transit usus. Untuk mempermudahnya, Anda perlu melakukan sebuah percobaan yang pernah dilakukan oleh seorang profesor epidemiologi genetik di King’s College London bernama Tim Spector.

Percobaan dilakukan secara sederhana dengan cara makan muffin berwarna biru. Untuk jenis muffinnya, Anda bisa memilih muffin kesukaan Anda, yang penting mengandung pewarna biru makanan. Jika Anda tidak memiliki muffin berwarna biru, Anda bisa menambahkan pewarna makanan berbentuk gel atau cair ke bagian atas muffin dengan warna terang.

Makan muffin biru Anda sebanyak dua buah untuk sarapan dan perhatikan waktu transit usus Anda, yakni kapan Anda mulai merasa ingin buang air besar. Catat jeda waktu antara Anda makan dan ingin ke toilet. Setelah itu, perhatikan warna biru yang muncul pada feses yang Anda keluarkan, apakah terlihat sangat jelas atau justru tidak muncul sama sekali.

Baca juga:  Nyeri Hebat di Bagian Jempol? Bisa Jadi Itu Gejala Awal Osteoarthritis Primer CMC

Sebelum menganalisis hasilnya, diketahui waktu transit usus atau jeda BAB yang lama setelah makan umumnya dikaitkan dengan lebih banyak bakteri negatif pada usus. Sementara, waktu transit usus yang lebih cepat atau pendek menunjukkan usus Anda sedang dalam keadaan sehat, karena bakteri baik dan buruk dalam jumlah yang seimbang atau lebih banyak bakteri baiknya.

Organ Usus Manusia - www.newscientist.com

Organ Usus Manusia – www.newscientist.com

Bakteri usus atau biasa disebut dengan mikrobioma sangat penting untuk kesehatan, terutama usus. Jumlah mikrobioma pada manusia sekitar 10-100 triliun dan memiliki peran penting terhadap imunitas, nutrisi, serta perkembangan sel manusia.[1] Dapat dikatakan, mikrobioma adalah makhluk hidup bagian dari tubuh manusia. Selain itu, menurut Spector, mikrobioma juga berperan dalam hal pengendalian mental, proses penyimpanan lemak pada tubuh, dan sinyal apakah perut Anda sedang lapar atau tidak.

Menurut sebuah studi, transit usus yang menandakan usus sehat adalah sekitar 20 jam. Sementara, waktu transit usus yang lama dan menunjukkan mikrobioma pada usus Anda berantakan adalah sekitar 30 jam hingga lebih. Dalam hal ini, dapat dikatakan pula orang yang mengalami sembelit dan memiliki waktu transit usus yang lambat, umumnya memiliki kondisi kesehatan usus dan mikrobioma buruk.

Baca juga:  Bahan dan Obat Terbaik untuk Setiap Jenis Jerawat

Sementara itu, warna biru pada makanan digunakan sebagai penanda seberapa baik kondisi pencernaan Anda. Diketahui, warna feses yang normal adalah kuning kecokelatan dan jika Anda mengonsumsi makanan berwarna biru, maka menghasilkan tinja berwarna biru kehijauan. Jika Anda dalam kondisi sakit atau mengalami gangguan pencernaan, warna feses Anda setelah makan muffin berwarna biru akan menjadi biru gelap atau biru kehitaman.

Kotoran yang berwarna gelap juga bisa terjadi akibat gangguan pencernaan yang fatal seperti sembelit atau susah BAB. Selain itu, bisa disebabkan lamanya waktu transit, jumlah air yang kurang, jarang mengonsumsi serat dan vitamin, dan gaya hidup tidak sehat. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti ini tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu mengganti pola hidup menjadi lebih sehat. Olahraga secara teratur di pagi hari mampu membantu mempercepat transit usus dan mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan warna kotoran yang tidak normal. Selain itu, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut.

Atasi Usus yang Tidak Sehat - freepik: @jcomp

Atasi Usus yang Tidak Sehat – freepik: @jcomp

Cara Atasi Usus yang Tidak Sehat

Makan serat nabati dengan jenis berbeda dalam jumlah banyak. Idealnya, Anda harus mengonsumsi serat nabati dengan total 30 jenis dalam seminggu. Ini meliputi sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan herbal atau rempah-rempah. Ini mampu membantu meningkatkan keragaman bioma dalam usus sekaligus membantu mempercepat proses pencernaan dan transit usus.

Baca juga:  Perimenopause: Fase Transisi ‘Menyakitkan’ Menjelang Menopause

Konsumsi juga makanan berwarna cerah yang mengandung polifenol tinggi, seperti buah beri, apel, selada hijau, aprikot, kentang, dan gandum. Jika Anda kurang suka dengan hidangan dari bahan tersebut, Anda bisa menggantinya dengan produk fermentasi, seperti yogurt.

Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan yang diproses secara berlebihan atau dimodifikasi, seperti produk makanan beku atau kaleng. Makanan seperti ini kurang baik untuk kesehatan usus Anda, terutama frozen food yang sudah matang dalam kemasan, tetapi harus digoreng atau dibakar lagi.

[1] Sudarmono, Pratiwi P. 2016. Mikrobioma: Pemahaman Baru tentang Peran

Mikroorganisme dalam Kehidupan Manusia. Jurnal FK Universitas Indonesia, Vol. 4(2): 71-75.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*