Pertimbangkan Warna Baju Renang Anak untuk Mencegah Kematian Akibat Tenggelam

Anak pakai baju renang (sumber: vogue.com)Anak pakai baju renang (sumber: vogue.com)

Bagi anak, berenang memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kecerdasan, memperkuat daya tahan tubuh, mencegah obesitas, dan meningkatkan rasa percaya diri.[1] Namun, sebelum Anda membawa si kecil ke kolam renang, pastikan sudah memilih warna baju renang yang tepat untuk mencegah kematian akibat tenggelam.

Sepenting Apa Warna Baju Renang Anak?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tenggelam adalah penyebab kematian kedua untuk anak-anak, terutama usia 1 hingga 4 tahun. Selain mendidik buah hati mengenai pencegahan tenggelam, faktor yang kurang diketahui untuk dipertimbangkan saat anak masuk ke kolam renang adalah warna pakaian renangnya.

Alive Solutions, sebuah perusahaan di bidang keamanan air, melakukan penelitian informal pada tahun 2020 untuk menguji seberapa terlihat perbedaan warna pakaian renang di kolam dengan dasar terang, kolam dengan dasar gelap, dan danau. Untuk kolam renang, mereka menguji seperti apa pakaian itu di bawah air dari perspektif seseorang yang berdiri di dek kolam renang.

Untuk danau, perusahaan menguji warna pakaian renang yang berbeda di permukaan air, untuk mensimulasikan apa yang akan terlihat jika ibunya berdiri di atas kapal atau dermaga. Kedalaman air untuk uji cob aini hanya 18 inci.

Baca juga:  Bayi Alergi Susu Sapi, Apa yang Harus Dilakukan?

“Kami melakukan investigasi tenggelam dan tahu bahwa visibilitas penting dalam pengenalan tenggelam,” kata Natalie Livingston, salah satu pendiri Alive Solutions, kepada jurnalis HuffPost. “Sebagai penjaga pantai dan profesional akuatik, kami tahu bahwa ada faktor-faktor tertentu yang dapat membuat seseorang lebih mudah atau lebih sulit untuk dilihat di dalam air. Kami mulai melihat pakaian renang untuk anak-anak dan menyadari bahwa banyak orang tua memilih pakaian renang yang super imut dan modis, tetapi akan menyebabkan anak-anak mereka berpotensi menghilang di bawah air,”

Ilustrasi: anak berenang (sumber: freepik)

Ilustrasi: anak berenang (sumber: freepik)

Jangan Sembarang Pilih Warna Baju Renang Anak

Warna neon yang memberikan kontras, terlihat paling baik di kolam dan danau. Untuk kolam dengan dasar yang terang, neon pink dan neon oranye paling menonjol, sedangkan setelan putih dan biru muda kurang menonjol. Warna gelap seperti ungu dan hitam dapat dilihat dengan baik tetapi tidak disarankan, karena dapat disalahartikan sebagai kotoran, daun, atau bayangan.

Baca juga:  Resep dan Cara Membuat Saus Topokki Dengan & Tanpa Gochujang

Untuk danau dan kolam dengan dasar gelap, oranye, hijau neon, dan kuning neon adalah yang paling terlihat. Putih terlihat di lingkungan itu tetapi dapat dengan mudah dikacaukan dengan pantulan cahaya di permukaan air, jadi tidak disarankan.

“Tujuan dari memakai baju renang dengan warna yang tepat untuk anak adalah supaya pengawasan terkait keselamatan si kecil menjadi mudah dari permukaan air,” kata Livingston. “Secara keseluruhan, neon adalah yang terbaik untuk warna baju renang anak.”

Perlu juga dicatat bahwa dalam pengaturan danau, pada kedalaman dua kaki, visibilitas turun ke nol untuk semua warna yang diuji. Ini adalah tanda, bahwa anak-anak yang belum bisa berenang sebaiknya menggunakan jaket pelampung di lingkungan perairan terbuka. Anak-anak berusia 5 tahun ke bawah juga harus mengenakan jaket pelampung di kolam renang jika mereka tidak memiliki pendamping atau teman berenang.

Anak pakai baju renang (sumber: posterchildmag.com)

Anak pakai baju renang (sumber: posterchildmag.com)

Tingkatkan Keamanan Selain Memilih Warna Baju Renang

Mario Vittone, mantan penjaga pantai, mengatakan bahwa mempertimbangkan visibilitas warna baju renang di kolam dengan menghindari putih dan biru adalah hal yang baik. Namun, perketat juga penjagaan di sekitarnya supaya mereka tidak tenggelam. Warna baju renang anak Anda tidak begitu penting jika tindakan keamanan lainnya tidak dilakukan.

Baca juga:  Daftar Kosmetik Berbahaya Tahun 2019 Menurut BPOM

“Pastikan juga anak sudah memiliki dasar teori atau pembelajaran sebelum berenang,” kata Vittone. “Seorang anak dengan pakaian biru muda yang sudah mengikuti pelajaran renang akan lebih aman daripada anak yang berpakaian kuning neon tanpa pelajaran berenang.”

Belajar berenang sejak dini untuk anak memang sangat penting untuk mencegah anak tenggelam. Namun, dikutip dari American Academy of Pediatrics, keterampilan berenang tingkat lanjut tidak akan selalu mencegah anak tenggelam.

Pengawasan orang dewasa sangat dibutuhkan untuk mencegah anak tenggelam. Apalagi tenggelam bisa terjadi dengan cepat dan tanpa suara. Anak yang tenggelam kadang cenderung takut untuk berteriak dan melambaikan tangan. Jangan terlalu berharap banyak kepada penjaga pantai atau penjaga kolam, karena mereka juga sibuk mengawasi semua pengunjung.

[1] Subiantoro, Sigit & Michelle Agustine. 2013. Perancang Baju Renang Pengapung untuk Pelatihan Berenang bagi Anak Berusia 4-6 Tahun. Jurnal Dimensi Seni Rupa, VOl. 10(2): 183-202.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: