Wajah Tampak Lebih Tirus, Ini Tips Tantouring Pakai Self-Tanning

Ilustrasi: wanita dengan make up tantouringIlustrasi: wanita dengan make up tantouring

Bagi Anda yang doyan make up, pastinya sudah tidak asing dengan contour wajah. Ini adalah teknik 3D make up yang dipakai untuk mengubah bentuk wajah agar terlihat lebih tirus. Sementara itu, ada teknik yang jauh lebih baik dibanding contour, yaitu tantouring, dengan menggunakan produk self-tanning.

Self-tanning sendiri merupakan jenis produk make up dekorasi untuk mengubah bentuk wajah. Seperti yang kita ketahui, setiap individu memang memiliki daya tariknya sendiri, apalagi jika menyangkut soal wajah.[1] Fungsi make up dekorasi, seperti self-tanning, adalah menonjolkan daya tarik tersebut.

Dilansir dari allure, produk self-tanning lebih tepat dipakai untuk teknik tantouring. Tantouring adalah bagian dari teknik contour, bedanya hanya terdapat pada alat dan produk make up yang dipakai. Selain itu, dibanding contour, tantouring dinilai memiliki ketahanan lebih lama dengan hasil yang lebih natural. Agar tantouring Anda tidak berantakan, Anda bisa mencoba tips berikut.

Buat Tekstur Kulit Lebih Lembut dan Lembap

Salah satu tips agar tantouring dapat melekat di kulit lebih lama dan membuat bentuk wajah Anda tirus alami, Anda harus mempersiapkan kulit wajah Anda. Lakukan beberapa treatment agar kulit wajah menjadi lebih lembut dan lembap, sehingga make up self-tanning yang Anda pakai mudah di-blend di kulit.

Baca juga:  Tips Tetap Tampil Menarik Dengan Riasan Minimal
Makeup tekstur kulit lembut (sumber: allure.com)

Makeup tekstur kulit lembut (sumber: allure.com)

Sebaiknya, Anda menggunakan serum atau moisturizer dulu sebelum mengaplikasikan make up. Selain itu, Anda juga bisa memakai sheet mask yang berbahan dasar air. Meskipun Anda memiliki kondisi kulit kering, sebaiknya hindari penggunaan produk oil based, ini akan membuat tantouring Anda kurang tahan lama dan mudah bergeser.

Pilih Produk Self-Tanning Sesuai Warna Kulit

Sebelum memilih produk self-tanning sendiri, pastikan Anda melihat warna kulit Anda dengan saksama. Ingatlah, bahwa tujuan tantouring adalah memberikan kesan bentuk wajah tirus yang natural. Sehingga, Anda perlu memilih produk dengan warna yang lebih gelap daripada kulit Anda.

Sebaiknya, Anda memilih warna yang dua kali lebih gelap dibanding kulit Anda. Selain itu, pilihlah produk dengan kandungan yang aman bagi kulit Anda. Sama seperti ketika Anda memilih produk concealer atau foundation untuk teknik contour, pilihlah berdasarkan kondisi kulit Anda. Untuk itu, penting melihat label komposisi pada kemasan setiap produk.

Baca juga:  Merek Masker Pemutih Wajah yang Diklaim Berkualitas Bagus

Pilih Aplikator yang Sesuai

Bagi Anda pencinta make up, pastinya alat-alat rias, seperti kuas dan beauty blender, tidak perlu dipelajari kegunaannya. Meskipun begitu, jika Anda masih bingung, untuk teknik tantouring, Anda bisa memakai kuas khusus contour. Bisa dibilang, karena tekniknya hampir sama, maka alatnya bisa disamakan.

Ilustrasi: wanita menggunakan kuas make up (sumber: thesun.co.uk)

Ilustrasi: wanita menggunakan kuas make up (sumber: thesun.co.uk)

Selain itu, beberapa produk self-tanning biasanya juga menyediakan aplikator khusus dalam kemasan sebagai pelengkap produk. Ini tentunya mempermudah Anda yang kebingungan mencari aplikator. Aplikator biasanya berbentuk kuas dan hanya dipakai untuk membuat garis, tidak untuk meratakan. Sementara itu, teknik blending bisa Anda lakukan menggunakan jari tangan atau beauty blender.

Tak Perlu Ragu Jika Salah

Kebanyakan orang memang memiliki rasa ingin berhasil yang tinggi, apalagi saat make up. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan kesalahan yang Anda buat saat pertama kali mencoba. Kesalahan seperti terlalu tebal mengaplikasikan self-tanning atau kurang tepat dalam blending, memang menjengkelkan. Namun, semua itu bisa diatasi dengan mudah.

Baca juga:  Apa Saja Bahan Pengawet Makanan yang Diperbolehkan?

Jika Anda melihat hasil tantouring Anda kurang maksimal dan ada kesalahan dalam pola garisnya, Anda bisa menggosok atau menghapusnya menggunakan kain kering yang lembut. Cara lain adalah menutupinya menggunakan bedak powder atau CC cream yang berwarna lebih terang dan masih senada dengan kulit. Sementara, untuk masalah blending, Anda hanya perlu mengulanginya hingga bentuknya sempurna.

Itulah beberapa tips agar tantouring Anda bisa membuat wajah tirus alami. Teknik tantouring tersebut memiliki daya tahan sekitar 1 hingga 2 hari jika make up tidak terkena bahan-bahan khusus, seperti minyak atau micellar water. Self-tanning sendiri sebenarnya tidak hanya bisa diaplikasikan di kulit wajah, tetapi di bagian tubuh lainnya yang ingin diubah bentuknya. Bahkan, banyak beauty vlogger yang mencoba mengoleskan produk self-tanning di bagian perut dan pahanya, agar mereka terlihat lebih kurus.

[1] Hera Safitri, Rr. Dea Febrinda, dkk. 2016. Wake Up dan Make Up: Efek Kosmetik Wajah dan Waktu Pemaparan terhadap Attractiveness. Mediapsi, Vol. 2(2): 30-37.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: