5 Vitamin dan Nutrisi yang Dapat Membantu Masalah Jerawat Anda

Ilustrasi: wanita mengalami masalah jerawat (sumber: flo.health.com)

Memiliki kulit bebas jerawat dan bersih merupakan salah satu dambaan setiap wanita, ada banyak sekali perawatan kulit disarankan oleh pakar dermatologis atau ahli kulit untuk mengatasi masalah jerawat. Dari berbagai jenis perawatan, salah satu perawatan kulit paling sederhana dan paling mudah untuk membantu mengatasi masalah jerawat yaitu dengan menggunakan berbagai macam vitamin. Vitamin untuk merawat ataupun mengatasi jerawat sendiri tidak harus didapatkan dengan cara sulit seperti dari apotek ataupun klinik kecantikan.

Ada banyak sekali makanan maupun minuman yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan vitamin yang Anda butuhkan. Seperti sebuah slogan “you are what you eat” merupakan sebuah slogan dengan artian, Anda adalah apa yang Anda makan. Adapun makna dari slogan ini yang berhubungan dengan keindahan dan kesehatan kulit Anda. Jika Anda ingin memiliki kulit sehat dan bebas dari jerawat maka Anda sebaiknya memperhatikan jenis dan bahan makanan Anda setiap harinya.

Para ilmuwan dan dokter juga menyimpulkan bahwa nutrisi sangat berperan penting terutama vitamin dalam kesehatan kulit. Dan ada beberapa jenis vitamin yang perlu Anda konsumsi jika saat ini Anda sedang menghadapi masalah jerawat dan ingin mengatasinya. Beberapa jenis vitamin tersebut tentunya tidak boleh diabaikan karena sangat berpengaruh juga terhadap kesehatan kulit Anda. Seorang dermatologis juga berpendapat bahwa jerawat bisa diakibatkan oleh kurangnya kadar vitamin dalam kulit dan menurunnya kesehatan kulit Anda.

Walaupun pada dasarnya sudah banyak sekali tersedia perawatan dermatologis khusus untuk jerawat, tetapi mengonsumsi vitamin jenis tertentu bagi sebagian besar orang dengan permasalahan jerawat akan lebih baik. Hal ini karena selain vitamin juga sebagai nutrisi penting bagi tubuh juga dapat menutrisi kulit secara alami dan membantu kulit Anda melawan gejala penuaan dini.  

Apa Saja Jenis Vitamin dan Nutrisi yang Dapat Mengatasi Jerawat?

Vitamin E

Bahan makanan mengandung vitamin E (sumber: vitagene.com)

Bahan makanan mengandung vitamin E (sumber: vitagene.com)

Pada dasarnya, vitamin E merupakan salah satu komponen terpenting bagi perawatan kulit. Tidak hanya dapat menutrisi kulit tetapi vitamin E juga sangat berperan untuk membuat kondisi kulit menjadi lebih baik dan bisa dibilang bahwa vitamin E merupakan pahlawan bagi kulit yang mengalami kerusakan. Selain dapat mengatasi masalah jerawat Anda, dengan mengonsumsi vitamin E secara rutin juga dapat mengatasi flek, peradangan kulit, dan melembabkan kulit.

Menurut dermatologis, vitamin E mengandung antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam kulit. Dan menurut hasil penelitian, orang dengan kadar antioksidan rendah dalam kulit akan lebih sering berjerawat. Vitamin E sendiri untuk saat ini tidak hanya bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi makanan tetapi juga bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi suplemen vitamin E secara langsung.

Vitamin A

Kolagen, alami, untuk, wajah, awet, muda, keriput, jerawat, collagen, produk, kosmetik, usia, cara, meningkatkan, makanan, perangsang, produksi, kulit, mengembalikan, merangsang, buah, mengandung, masker, vitamin, konsumsi, sayuran,

Bahan makanan mengandung vitamin A

Selain mengonsumsi vitamin E, Anda juga perlu mengonsumsi vitamin A untuk mengatasi jerawat Anda. Tidak hanya dapat merawat kulit berjerawat, vitamin A juga dapat menyembuhkan dan menghilangkan bekas-bekas jerawat. Sebagai salah satu obat jerawat, vitamin A sendiri tidak harus berbentuk makanan ataupun suplemen. Di apotik ataupun klinik pengobatan kulit biasanya vitamin A diolah menjadi retinol.

Retinol sendiri merupakan salah satu zat turunan dari vitamin A dan memiliki fungsi sebagai obat jerawat. Retinol ini juga memiliki fungsi lain sebagai obat untuk mengurangi peradangan pada kulit dan mencegah sel-sel kulit saling menempel, sehingga tidak menyumbat pori-pori Anda. Namun berdasarkan pendapat seorang dokter kulit bernama Dr. Zeichner, Anda tidak dianjurkan terlalu banyak mengonsumsi vitamin A karena dapat membuat kulit kering dan peka terhadap sinar matahari. 

Zinc

Bahan makanan tinggi zinc (sumber: theliftglobal.com)

Bahan makanan tinggi zinc (sumber: theliftglobal.com)

Selain mengonsumsi beberapa jenis vitamin di atas, Anda juga perlu mengonsumsi nutrisi berupa zinc. Nutrisi ini sangat mudah ditemukan dalam berbagai jenis makanan seperti sayur dan buah, ada baiknya jika Anda menghindari makanan berlemak walaupun mengandung zinc seperti susu dan telur. Makanan berlemak dengan kandungan zinc tampaknya tidak terlalu baik untuk kulit Anda yang berjerawat. Karena kandungan lemak pada makanan bisa jadi salah satu penyebab Anda berjerawat. 

Zinc sendiri merupakan salah satu nutrisi dengan sifat anti-inflamasi yang membantu kulit menyembuhkan diri dari peradangan penyebab jerawat. Dari sebuah penelitian, zinc juga disebut sebagai zat yang mampu merawat kulit berjerawat dan sebagai salah satu terapi alternatif untuk kulit berjerawat. 

Vitamin C

Makanan sumber vitamin c (sumber: healthination.com)

Makanan sumber vitamin c (sumber: healthination.com)

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang paling banyak ditemui hampir di setiap jenis makanan seperti buah, sayur, bahkan daging. Vitamin C sendiri selain mampu membantu meregenerasi sel-sel kulit dengan cepat juga sangat baik untuk merawat kulit berjerawat dan menyembuhkannya. Bahkan untuk saat ini, sudah banyak sekali kosmetik maupun obat jerawat dengan kandungan vitamin C tinggi.

Dalam proses penyembuhan jerawat, vitamin C membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan bakteri penyebab jerawat. Selain menyembuhkan jerawat ada beberapa fungsi dari vitamin C yang sangat penting bagi kulit seperti mencerahkan kulit, menghilangkan flek, mencegah gejala penuaan dini, dan mencegah jerawat pada kulit.

Vitamin D

Varian makanan mengandung vitamin D (sumber: biocare.co.uk)

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa orang dewasa yang mengalami kekurangan vitamin D pada tubuhnya akan mudah berjerawat. Ada banyak sekali suplemen vitamin D yang bisa Anda konsumsi secara langsung. Atau Anda juga bisa berjemur di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D secara alami.

Itulah beberapa jenis vitamin dan nutrisi yang dapat membantu permasalahan jerawat, selain itu beberapa vitamin di atas juga mampu mencegah jerawat. Untuk hasil setiap orang akan berbeda tergantung dari jenis kulit masing-masing.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: