Rekomendasi Produk Vitamin untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan

Ilustrasi: anak susah makan (sumber: crystalkarges.com)Ilustrasi: anak susah makan (sumber: crystalkarges.com)

Anak-anak yang sedang berada di masa pertumbuhan terkadang sering kesulitan untuk makan, alias menjadi picky eater. Mereka biasanya cenderung pemilih terhadap makanan yang dikonsumsi atau bahkan tidak nafsu makan. Jika dibiarkan terus-terusan, hal ini tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan mereka. Namun Anda tak perlu gelisah, sebab sudah banyak vitamin untuk anak 2 tahun yang susah makan.

Usia 1-3 tahun merupakan usia yang rentan mengalami gangguan nutrisi, pada usia ini sering anak mengalami defisiensi vitamin A ataupun malnutrisi energi protein. Hal ini disebabkan pada usia toddler, anak, anak mulai susah makan, nafsu makan selalu berubah dan cepat bosan. Padahal gizi yang baik dikombinasi dengan kebiasaan makan yang baik akan menjadi bekal kesehatan toddler di masa yang akan datang.

Makanan yang seimbang menjamin terpenuhinya kebutuhan gizi anak untuk energi dan pertumbuhan anak. Pengaturan makan yang baik dapat melindungi anak dari infeksi, penyakit, membantu perkembangan mental dan kemampuan belajar. Kebutuhan sehari-hari toddler akan energi (kalori) dan zat gizi sangat tinggi, terutama sewaktu anak mulai berjalan.

Baca juga:  Info Terbaru Harga Susu Bebelove, Benarkah Bebas Laktosa?

Pada masa toddler, anak menjadi lebih aktif dan berkembang pesat. Kebutuhan makan toddler sekitar 3 kali sehari dengan porsi 1/3 – 1/2 porsi orang dewasa dan pemberian makan selingan di antara waktu makan. Makanan yang diberikan hendaknya mudah dicerna dan bergizi tinggi, meminimalkan mengonsumsi makanan yang bersifat sebagai snack karena hanya membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan. Anak usia 2-3 tahun membutuhkan kalori sekitar 100/kg/bb dalam satu hari.[1]

Dilansir dari Alodokter, dokter biasanya akan menyarankan anak untuk mengonsumsi suplemen vitamin tambahan apabila buah hati Anda memiliki atau menderita kondisi khusus, seperti kelainan genetik atau cacat bawaan lahir yang membuat anak rentan mengalami kekurangan gizi. Selain itu, apabila anak memiliki penyakit tertentu (misalnya infeksi atau kanker), gangguan tumbuh kembang, dan memiliki pola makan khusus (misalnya pola makan vegetarian/vegan).

Nah, setidaknya ada beberapa pilihan vitamin yang diklaim bagus untuk anak 2 tahun yang susah makan. Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga:  Lebih Baik Mana, Menitipkan Anak ke Nenek atau Babysitter?

Vitamin untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan

Nature’s Way Kids Smart Vita Gummies for Fussy Eaters

Nature’s Way Kids Smart Vita Gummies for Fussy Eaters merupakan produk vitamin asal Australia yang dijual dengan harga mulai Rp155 ribuan. Produk ini diperkaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk mengurangi radikal bebas, serta zinc untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini diklaim bisa menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makan anak. Vitamin ini khusus dikonsumsi anak usia 2 tahun ke atas sebanyak 1 gummy sehari. Sedangkan untuk anak usia 4 tahun, dosisnya 2 gummies per hari.

Apialys Drops/Sirup

Apialys drops maupun syrup diklaim mengandung multivitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, Vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, nicotinamide, lysine HCI, D-pantothenol, dan I-glutamic acid. Suplemen Apialys seharga Rp40 ribuan sampai Rp50 ribuan ini disebut-sebut bisa membantu memenuhi kekurangan asupan vitamin harian, penambah nafsu makan, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mendukung pertumbuhan anak. Apialys dapat diberikan mulai dari usia bayi hingga anak-anak.

Baca juga:  Bagaimana Cara Tepat Memijat Bayi Kembung?

Vidoran Gummy

Nah, bagi Anda yang sedang mencari vitamin dengan harga murah untuk menambah nafsu makan anak, tak ada salahnya melirik produk Vidoran Gummy. Vitamin ini mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, dan lysine yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian sekaligus menambah nafsu makan anak. Harga Vidoran Gummy berkisar antara Rp12 ribuan sampai Rp19 ribuan.

Blackmores Superkids

Produk impor ini disebut-sebut bagus untuk pertumbuhan dan menambah nafsu makan anak. Suplemen BlackmoresSuperkids mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin C, B1, B2, B3, B5, B12, folat dan biotin.BlackmoresSuperkids dapat dikonsumsi anak-anak di atas umur 2 tahun. BlackmoresSuperkids disebut aman dikonsumsi anak karena tak mengandung pemanis dan bahan berbahaya. Harganya memang agak mahal, berkisar mulai Rp129 ribuan.

[1]Baroroh, I &Maslikhah. 2021. Buku Ajar Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. M Nasrudin, editor. Pekalongan: Penerbit NEM, hlm 31.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: