Urutan dan Cara Tepat Menggunakan Face Primer, Anda Harus Tahu!

Ilustrasi: aplikasi face primerIlustrasi: aplikasi face primer

Hingga saat ini, banyak orang lupa atau menyepelekan fungsi face primer bagi wajah kita. Padahal, face primer bisa membuat makeup tahan lama, makeup tampak lebih menyatu ke kulit, dan melindungi kulit kita dari bahan kimia makeup. Tapi, walaupun kita sudah memakainya, masih banyak yang tidak tahu cara tepat untuk memakai face primer. Lantas bagaimana sebenarnya cara tepat untuk menggunakan primer?

Urutan Menggunakan Primer

Mungkin ada sebagian dari Anda yang menggunakan primer untuk alas bedak. Sebenarnya primer ini memiliki fungsi yang lebih penting, seperti menyamarkan pori dan kerutan di wajah. Tak hanya itu, primer juga bisa membuat foundation Anda lebih tahan lama. Nah, berikut urutan menggunakan primer dengan tepat.

Gunakan Setelah Pelembap

Sebelum menggunakan primer, gunakan pelembab terlebih dahulu agar kulit Anda tampak lebih halus. Tunggu beberapa menit sebelum memakai primer. Perlu diingat bahwa penggunaan primer adalah setelah pelembap dan sebelum foundation. Melalui cara ini, foundation akan lebih tahan lama.

Aplikasikan dengan Tepat

Anda bisa mengaplikasikan primer dari bagian tengah wajah di titik-titik wajah seperti di gambar ke arah luar agar warnanya tidak terlihat terlalu berat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan beauty blender dari Armando Caruso Mini Slanted Beauty Blender untuk meratakannya.

Saat mengeluarkan produk primer, pastikan kita hanya menggunakannya sangat sedikit. Dengan begitu, primer tidak akan terasa berat di kulit. Lagipula, sedikit primer sudah cukup untuk menutupi noda di wajah dan membuat makeup nantinya lebih tahan lama.

Saat memakai primer, ada baiknya kita menggunakan jari tangan atau sponge makeup. Penggunaannya juga dengan cara ditepuk-tepuk ke wajah kita dengan cepat, mulai dari tengah wajah hingga ke bagian luar wajah. Sebisa mungkin, hindari menggunakannya pada mata Anda karena face primer tidak dianjurkan dipakai untuk mata. Lebih baik, gunakan eye primer sebagai gantinya.

Sama seperti rias wajah, eye primer pun penting digunakan supaya rias mata Anda tidak ‘meleleh’ atau luntur di tengah hari. Setelah memakai eye primer, lanjutkan dengan eyeshadow. Setelah itu, Anda tinggal menunggu primer meresap sempurna ke kulit Anda. Dengan begitu, makeup akan menempel lebih sempurna. Selanjutnya, Anda bisa mulai memakai foundation.

Aplikasikan Foundation

Setelah menggunakan primer, Anda bisa menggunakan foundation. Tapi, Anda perlu menunggu beberapa menit sebelum menggunakan foundation. Primer dapat membuat foundation tahan lama terutama pada udara panas. Selain itu, primer juga menjaga agar kulit Anda tidak kering karena pengaruh zat dalam make up.

Cara Menggunakan Primer Agar Makeup Menjadi Tahan Lama

Ilustrasi: aplikasi face primer (sumber: allure.com)

Ilustrasi: aplikasi face primer (sumber: allure.com)

Primer adalah salah satu perawatan wajah sekaligus kosmetik yang digunakan sebelum memulaskan alas bedak. Fungsinya untuk membuat riasan lebih menempel pada wajah dan lebih tahan lama.

Namun sayangnya, banyak wanita yang melewatkan primer sebagai langkah awal memulai riasan karena belum memahami cara menggunakannya. Salah-salah, hasil riasan justru akan terlihat ‘berantakan’ dan tidak maksimal. Lalu, bagaimana cara memulaskan primer yang tepat?

Primer Berwarna

Primer umumnya memiliki warna transparan yang akan langsung meresap setelah dipulaskan. Namun seiring dengan kemajuan inovasi industri kecantikan, primer diciptakan dengan berbagai warna sesuai dengan jenis kulit.

Jika kulit Anda cenderung kusam, pilihlah primer berwarna pink atau ungu pastel yang akan memberikan efek mencerahkan wajah. Sedangkan untuk kulit wajah yang kemerahan akibat bekas jerawat, menggunakan primer berwarna hijau bisa membantu meminimalisir kemerahan dan menyamarkannya.

Cukup Sedikit

Makeup artist Sandy Linter mengatakan, menggunakan primer sebaiknya tidak perlu berlapis-lapis. “Ketika Anda menggunakannya berlebihan, alas bedak akan menggumpal. Sebaiknya gunakan primer hanya sebesar butiran kacang dan baurkan hingga merata,” ujar Sandy seperti dikutip dari Allure.

Untuk Wajah Berjerawat

Jika kulit Anda tengah berjerawat, sebaiknya gunakan primer yang dikhususkan untuk kulit berjerawat atau yang mengandung asam salisilat. Lewati penggunaan obat jerawat jika sudah memakai primer khusus ini karena terlalu banyak lapisan produk kosmetik pada jerawat justru semakin memperparah kulit dan menyebabkan jerawat meradang.

Perhatikan Tahapannya

Untuk menjaga riasan agar lebih tahan lama, tahapan yang benar dalam merias adalah menggunakan primer, alas bedak, dan bedak tabur. “Tanpa bedak tabur, kandungan air pada makeup dan silikon pada primer akan saling bertolak belakang. Jika Anda menyentuh wajah Anda, maka makeup akan luntur,” tutur ahli kosmetik Ni’Kita Wilson.

Kesalahan Dalam Menggunakan Primer

Ilustrasi: pemakaian foundation

Ilustrasi: pemakaian foundation

Pada dasarnya, primer memang digunakan sebagai dasar foundation. Primer berguna untuk melembapkan sekaligus menghaluskan kulit. Primer juga bisa menjadikan pemakaian foundation Anda tahan lebih lama dan terlihat mulus. Jika Anda telah mencoba primer dan tidak mendapatkan hasil yang dijanjikan, coba dipikir-pikir lagi. Apakah Anda melakukan kesalahan memakai primer berikut ini? Dilansir dari Beauty Journal, berikut kesalahan yang sering wanita lakukan dalam menggunakan primer.

Tidak Menyesuaikan Formula Primer Dengan Kulit

Primer memiliki formula dan tekstur yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan masalah kulit yang ingin diatasi. Ada primer khusus kulit berminyak, ada yang untuk kulit kering, ada juga yang untuk kulit berkeriput. Jika primer justru membuat makeup Anda tidak mulus, perhatikan kegunaan primer tersebut. Jangan-jangan, Anda salah pilih produk.

Untuk Anda pemilik kulit berminyak, coba pilih primer yang punya label mattifying, no sebum, atau oil control. Primer sejenis ini memiliki formula yang cenderung tahan lama dan juga tahan minyak. Primer untuk kulit berminyak biasanya disertai kemampuan menyamarkan pori-pori. Jika kulit Anda kering, sebaiknya pilih primer dengan label hydrating, soothing, moisturizing, water-based atau aqua. Primer jenis ini akan memberi kelembapan ekstra dan mencegah foundation retak karena kulit yang terlalu kering.

Tidak Menyesuaikan Formula Primer dengan Foundation

Selain melihat kesesuaian formula primer dengan kulit, Anda juga harus melihat kesesuaiannya dengan foundation yang akan dipakai. Formula yang digunakan pada foundation dan primer biasanya silikon, air, atau minyak. Untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang mulus, cari tahu dulu formula foundation Anda, setelah itu sesuaikan dengan primer. Pastikan formula foundation dan primer Anda sama dengan melihat labelnya.

Kalau Anda menggunakan foundation berbahan silikon (yang biasanya memiliki tekstur kental dan coverage tebal), hindari menggunakan primer yang berbahan dasar minyak. Foundation justru sulit menempel dan berisiko luntur. Sebaliknya, jika Anda menggunakan foundation berbahan dasar air (yang biasanya memiliki tekstur ringan dan coverage medium), hindari memilih primer yang mengandung silikon. Tekstur foundation yang lebih ringan cenderung akan mudah retak. Karena itu, pasangkan primer dan foundation yang berbahan dasar sama. Silikon dengan silikon, air dengan air, minyak dengan minyak.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: