Urutan & Cara Layering Skincare Yang Benar

Keywords: layering, skincare, produk, pembersih, based, water, oil, balm, sunscreen, reaktif, cara, urutan, kulit, wajah, perawatan, masalah, remaja, dewasa, banyak, korea, wanita, selatan, step, 10 Ilustrasi: menggunakan produk skincare sesuai urutan yang benar (sumber: businesinsider.co.uk)

Mengaplikasikan skincare ke merupakan cara menjaga kulit dari kekeringan, kusam, jerawat, agar awet muda, dan lainnya. Intinya, Anda perlu menjaga kulit dengan melakukan berbagai .

Bagi remaja, produk perawatan yang dipakai mungkin tidak begitu banyak, hanya beberapa. Contoh saja, pembersih muka, pelembap, dan sunscreen. Namun, ketika beranjak dewasa, produk perawatan kulit atau skincare makin bertambah, seiring dengan mulai munculnya masalah .

Namun, mungkin saja bagi sebagian orang dewasa, produk perawatan kulit itu tidak perlu banyak. Tetapi, ada juga yang bahkan menumpuk (layering) pemakaian produk hingga 10 produk atau 10 langkah. Hal itu mencontoh dari cara wanita Korea Selatan merawat kulitnya, hingga ada sebutan 10 step skincare ala Korea.

Urutan & Cara Layering Skincare

Pembersih

Baik Anda yang ber-makeup atau tidak, tahap membersihkan wajah adalah hal yang penting. Skincare ala Korea juga menekankan pada tahap ini. Bahkan, tahap membersihkan wajahnya tidak hanya sekali saja, tapi bisa dua hingga tiga kali, dan dikenal dengan nama double cleansing.

Produk cleanser pertama yang bisa dipakai yaitu berbahan dasar oil atau balm. Contohnya dari brand Heimish All Clean Balm. Cara aplikasinya, tinggal ambil produk menggunakan spatula atau tangan yang sudah . Aplikasikan ke seluruh wajah sambil dipijat-pijat ringan. Lakukan terus hingga Anda merasa kulit sudah . Kemudian, bilas dengan air. Setelah itu, lanjutkan dengan memakai produk berbahan dasar air (water based). Caranya sama dengan memakai produk pembersih seperti biasanya.

Eksfoliasi

Ilustrasi: untuk eksfoliasi

Tahap ini dimaksudkan untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa membuat kulit wajah tampak kusam. Anda bisa menggunakan produk eksfoliasi. Tahap ini mungkin tidak perlu dilakukan setiap hari, bisa 2-3 kali seminggu. Produknya sudah beredar di pasaran, baik chemical atau physical exfoliating.

Jika Anda memilih chemical, bisa menggunakan produk seperti toner eksfoliasi. Caranya dengan menuangkan produk secukupnya ke kapas, kemudian usapkan ke seluruh kulit wajah hingga leher. Produk yang bisa digunakan seperti Benton AHA/BHA.

Toner

Produk ini bisa dianggap sebagai tahap memberikan hidrasi ke kulit. Toner yang bisa dipakai seperti dari brand Klairs. Cara aplikasi bisa dituangkan ke kapas, kemudian ditepuk tepuk lembut ke kulit, atau tuang produk ke telapak tangan (secukupnya), lalu, tepuk-tepuk ke seluruh kulit wajah hingga produk terserap.

Essence

Tahap ini antara serum dan toner. Fungsinya melembapkan, sekaligus membuat kulit siap menerima produk skincare selanjutnya. Teksturnya bisa agak lebih cair dibanding serum. Produk yang bisa dipakai dari brand Laneige. Teteskan 2-3 produk ke telapak tangan, lalu aplikasikan ke wajah. Kemudian ditepuk-tepuk secara perlahan.

Serum/Booster/Ampule

Tahap ini menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan aktif seperti vitamin, mineral, dan juga antioksidan. Pilih produk sesuai dengan masalah kulit Anda. Produk yang bisa dipakai dari brand Cosrx.

Tekstur serum biasanya lebih kental dari produk cair sebelumnya. Cara pemakaian bisa menuangkan produk ke telapak tangan, lalu aplikasikan ke seluruh wajah sambil ditepuk-tepuk perlahan.

Sheet Mask

face, mask, skin, clay, jenis, masker, kulit, peel, off, mati, kotoran, minyak, di wajah, jerawat, berminyak, sensitif, kandungan, arang, perawatan, kering, nutrisi, sheet, pori-pori, tepat, kebutuhan, mitos

Penggunaan sheet mask untuk perawatan wajah

Dikarenakan sudah banyak produk sheet mask yang dijual di pasaran, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kulit. Cara menggunakannya sepertinya cukup mudah. Anda tinggal membuka kemasan produk, tempelkan sheet mask ke wajah. Tunggu hingga beberapa saat sekitar 10-15 menit, lalu lepas . Setelah itu, Anda bisa menepuk-nepuk perlahan supaya produk meresap ke kulit.

Apabila sheet mask yang Anda gunakan cukup kaya kandungannya, bisa berhenti hingga tahap ini. Namun, jika Anda merasa kulit masih membutuhkan perawatan lagi, bisa dilanjutkan dengan tahapan berikutnya.

Eye

Dikarenakan khusus untuk mata, maka produk ini digunakan di sekitar mata. Biasanya orang mengaplikasikan eye cream dengan menggunakan jari manis. Ketika produk sudah diaplikasikan di area sekitar mata, tepuk-tepuk perlahan, tidak perlu terlalu ditekan.

Moisturizer/Pelembap

Produk pelembap sudah banyak sekali beredar di pasaran, Anda tinggal menyesuaikan dengan kondisi kulit. Cara pemakaian sama seperti produk sebelumnya, tuangkan atau keluarkan produk secukupnya ke telapak tangan. Aplikasikan ke seluruh wajah hingga leher. Anda bisa konsentrasikan ke area wajah yang sering terasa kering.

Sunscreen

Produk ini digunakan untuk tahapan perawatan kulit pada pagi hari, di malam hari, Anda tidak perlu menggunakan produk ini. Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kandungan sunscreen.

Bedak, Amos, asli, krim, cream, siang, malam, day, night, sabun, wajah, kulit, pemutih, kandungan, distributor, bpom, testimoni, facial foam, alami, scrub, produk, 7, days, whitening, palsu, bahaya, paket, perawatan, manfaat, khasiat, merawat, melindungi, wajah, kecantikan, wanita, iritasi, konsumen, BPOM,

Ilustrasi: cara pemakaian krim pemutih Amos (sumber: Pinterest)

Untuk malam hari, tahapan sunscreen bisa digantikan dengan sleeping mask. Tahapan layering skincare memang berasal dari Korea Selatan. Hal itu dikarenakan di negara tersebut, kondisi udaranya kering, sehingga perlu memakai produk yang berlapis. Apabila merasa kulit Anda tidak bisa menerima berbagai produk skincare, maka tidak perlu memakai produk terlalu banyak.

Jika Anda adalah pemakai skincare berlapis-lapis, pasti pernah bertanya ‘apakah sebaiknya antara pemakaian produk itu harus menunggu sampai produk sudah terserap, atau bisa langsung dilanjut dengan skincare selanjutnya?’.

Walaupun tidak tertulis di kemasan dan Anda tidak mencampur skincare yang kontradiktif dengan satu sama lain, jawaban singkatnya adalah Anda tidak perlu menunggu. Menurut skincare expert Paula Begoun, kulit bisa menyerap produk dengan cepat. Dikarenakan layering skincare sudah menjadi cukup mainstream, produk skincare zaman sekarang juga sudah diformulasikan agar bisa dicampur-campur dengan produk lain.

Tapi, ada beberapa produk skincare yang menjadi pengecualian, yaitu sunscreen, produk khusus jerawat, dan vitamin C. Kalau sunscreen dicampur dengan krim atau lotion lain, ditakutkan akan bisa mengurangi efektivitasnya. Sebagian besar produk acne treatments seperti benzoyl peroxide juga harus didiamkan beberapa saat biar bisa bekerja lebih efektif. Terlebih, vitamin C yang kuat dan sangat reaktif, harus lebih hati-hati saat dipakai.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: