Ingin Lebih Unik & Romantis? Ini Ungkapan Cinta dalam Bahasa Korea yang Bisa Anda Coba

Ilustrasi: gestur jari khas Korea untuk mengungkapkan cintaIlustrasi: gestur jari khas Korea untuk mengungkapkan cinta

Jika Anda termasuk penggemar hallyu wave, pastinya sudah sering mendengar seperti apa cara idol atau bintang-bintang Korea Selatan saat berbicara. Kadang sebagai penggemar tentunya kita ingin bisa sesekali ikut menirukan atau setidaknya melafalkan ungkapan-ungkapan yang umum diucapkan dalam Bahasa Korea. Saat mengungkapkan cinta misalnya, kadang ungkapan cinta dalam Bahasa Korea terdengar lebih unik untuk didengarkan dan terkesan lebih istimewa.

Sebagai informasi, Bahasa Korea merupakan bahasa resmi yang digunakan di Korea Utara maupun Korea Selatan. Namun, Bahasa Korea juga populer digunakan di negara-negara lain. Diperkirakan ada sekitar 80 juta orang yang menggunakan Bahasa Korea (Yulius, 2012).

Masih menurut sumber yang sama, Bahasa Korea biasanya disebut dengan hangukeo/Joseonmal (한국어/조선말). Bahasa Korea juga memiliki berbagai dialek, tergantung dari daerah mana para penggunanya. Dialek yang umum digunakan di Korea Selatan adalah dialek Seoul, sedangkan untuk Korea Utara, yang umum digunakan adalah dialek Pyongyang.

Nah, bagi Anda yang kerap menonton drama atau acara TV Korea Selatan, mungkin kerap sesekali mendengar betapa mudah mereka mengungkapkan rasa cinta. Ya, biasanya cara paling sederhana untuk mengungkapkan “Aku mencintaimu” dalam Bahasa Korea adalah dengan melafalkan “Saranghae,” tapi rupanya selain itu masih banyak ungkapan lain yang bisa Anda pakai untuk menunjukkan rasa cinta Anda dalam Bahasa Korea. Beberapa kata juga terkesan sangat romantis dan menyentuh. Berikut ini beberapa contoh ungkapan cinta dalam Bahasa Korea.

“Saranghae” atau “saranghaeyo” atau “saranghamnida”

Dalam huruf Hangul, “saranghae” ditulis dengan, 사랑해 dan “saranghaeyo” ditulis sebagai 사랑해요. “Saranghae” merupakan cara yang cukup kasual untuk mengucapkan “Aku mencintaimu,” sedangkan “saranghaeyo” adalah cara yang lebih formal untuk ungkapan yang sama, dan “saranghamnida” adalah ungkapan cinta paling formal.

Ilustrasi: belajar bahasa Korea

Ilustrasi: belajar bahasa Korea

“Nee-ga jo-ah”

“Nee-ga jo-ah” (네가 좋아) dilafalkan dengan “nae-ga jo-ha.” Maksud ungkapan ini secara harfiah adalah “aku menyukaimu.” Ungkapan ini pada dasarnya digunakan saat suasana santai dan dalam konteks yang romantis.

“Dang-shin-ee jo-ah-yo”

“Dang-shin-ee jo-ah-yo” atau yang ditulis dalam Hangul sebagai 당신이 좋아요, memiliki arti yang mirip dengan “Aku menyukaimu,” namun ungkapan ini lebih menunjukkan rasa hormat dan tingkat formalitasnya lebih tinggi. Meski demikian, Anda juga bisa menggunakan kalimat ini untuk konteks hubungan yang romantis seperti terhadap kekasih.

“Na-rang sa-gweel-lae?”

“Na-rang sa-gweel-lae?” (나랑 사귈래?) adalah ungkapan yang biasa disampaikan untuk menyatakan cinta pada orang lain atau dalam bahasa kekinian lebih dikenal dengan istilah ‘menembak’ calon pacar. Jika diterjemahkan, artinya adalah “Maukah kamu menjadi kekasihku?” Nah, bila Anda ingin ‘nembak’ dengan bahasa yang lebih normal atau sopan, Anda bisa menggunakan kalimat “juh-rang sa-gweel-lae-yo?” atau 저랑 사귈래요?

“Na-rang gyul-hon-hae joo-lae?”

Jika ungkapan sebelumnya untuk mengajak seseorang berpacaran, maka ungkapan “na-rang gyul-hon-hae joo-lae?” digunakan saat hendak melamar seseorang. “Na-rang gyul-hon-hae joo-lae?” atau dalam tulisan Hangul 나랑 결혼해 줄래? Memiliki makna “Maukah kamu menikah denganku?” Kalimat yang lebih formal dengan maksud yang sama bisa diucapkan dengan “juh-rang gyul-hon-hae joo-lae-yo?” atau 저랑 결혼해 줄래요?

Selain ungkapan-ungkapan di atas, masih banyak ungkapan cinta lainnya dalam Bahasa Korea seperti “dang-shin-upsshi motsal-ah-yo” (당신없이 못살아요) yang artinya “Aku tak bisa hidup tanpamu,” atau “nuh-bak-eh upss-uh” (너밖에 없어) artinya “Tiada yang lain selain dirimu,” atau bisa juga “gatchi itgo shipuh” (같이 있고 싶어) yang bermakna “Aku ingin bersama denganmu.”

Umumnya untuk membuat suatu kalimat terkesan formal, maka orang Korea akan menambahkan akhiran –yo (). Sebaliknya, untuk ungkapan informal alias banmal (반말) biasanya tidak disertai dengan akhiran –yo. Anda bisa menyesuaikan ungkapan-ungkapan itu dengan melihat sang lawan bicara.

Referensi:

Baca juga:  Tips Memakai Bedak Wardah Exclusive Two Way Cake Shade No 3 Untuk Kulit Sawo Matang

Yulius, Hendri. 2012. Cepat & Praktis Belajar Bahasa Korea. Fajria N dkk, editor. Jakarta (ID): GagasMedia.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: