Seperti Apa Ukuran Payudara Normal Berdasarkan Usia?

Ilustrasi: ukuran bra (sumber: goodhousekeeping.com)

Payudara seorang wanita rupanya akan berubah seiring dengan pertambahan usia, yang diawali sejak masa pubertas. Banyak wanita yang mungkin resah dan penasaran, sebenarnya berapa ukuran payudara yang normal berdasarkan usia tertentu. Karena bentuknya yang indah, payudara sering menjadi perhatian. Tetapi banyak juga perempuan yang merasa kurang puas dengan ukuran atau bentuk payudaranya. Mungkin ada yang merasa payudaranya terlalu kecil atau mungkin terlalu besar sehingga menimbulkan rasa tidak pede.

Sebenarnya apa sih yang mempengaruhi ukuran payudara? Besar kecilnya payudara yang tumbuh pada masa puber ditentukan oleh faktor genetik, di mana ukuran payudara ibu biasanya akan menurun pada anaknya. Selain itu, faktor nutrisi juga memegang peranan penting terutama pada saat payudara mengalami pertumbuhan.Ada juga yang mengatakan bahwa faktor ras berpengaruh pada ukuran payudara di mana perempuan Asia cenderung berpayudara kecil dibandingkan perempuan barat.

Setelah masa pubertas selesai, ukuran payudara perempuan relatif tidak akan berubah, kecuali pada kondisi tertentu seperti hamil dan menyusui, dan juga ketika perempuan mengalami penggemukan atau pengurusan badan secara drastis. Tetapi pada kondisi normal-normal saja, ukuran payudara akan sama saja.

Baca juga:  Apakah Benar Kopi Memperburuk Keadaan Penderita Gejala Kecemasan?

Meski di berbagai media sering diiklankan obat-obat yang dapat mengubah bentuk payudara namun kita jangan mudah percaya, karena ukuran dan bentuk payudara hanya dapat diubah melalui tindakan operatif oleh dokter ahli bedah plastis. Tentu saja tindakan ini pun memiliki risiko-risiko yang bisa membahayakan. Jadi, selama payudara normal dan sehat sebaiknya kita mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita ya.[1]

Ilustrasi: wanita mencoba ukuran bra

Ilustrasi: wanita mencoba ukuran bra

Ukuran Payudara Normal Wanita

Ukuran normal payudara seorang wanita pada dasarnya didasarkan dari proporsi tubuh masing-masing. “Ukuran payudara normal itu 250 sampai 350 CC,” kata dr. Asrofi S. Surachman, SpBP-Re, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI), seperti dilansir Detik.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengenai besar kecilnya payudara wanita bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, antara lain faktor keturunan, usia, menstruasi, kehamilan, diet, kenaikan dan penurunan berat badan, penyakit, dan juga olahraga yang dilakukan oleh seseorang.

Baca juga:  Rekomendasi Merk Bedak Yang Dapat Membuat Makeup Tahan Lama Seharian

Perubahan Payudara Seiring dengan Usia

Usia 20-an Tahun

Dilansir dari Theasianparent, menurut Lisa Jacobs, M.D., profesor bedah di Johns Hopkins Medicine, pada usia 20-an payudara cenderung berfluktuasi. Banyak hal yang dapat memengaruhi ukurannya, salah satunya adalah faktor hormonal.

Alexes Hazen, MD, profesor di Departemen Bedah Plastik HansJorg Wyss di NYU Langone Medical Center di New York mengatakan bahwa pada 5 tahun pertama setelah menstruasi, payudara dapat terus tumbuh dalam ukuran yang bervariasi.

Di usia ini perempuan juga bisa saja mengalami kehamilan dan mulai menyusui bayi. Selama masa menyusui, payudara pun akan cenderung membesar karena faktor hormon. Jika masa laktasi selesai, payudara biasanya akan kembali ke ukuran semula atau lebih besar dari sebelumnya.

Ilustrasi: wanita mengukur lingkar dada

Ilustrasi: wanita mengukur lingkar dada

Usia 30-an Tahun

Pada usia 30-an, berat badan wanita akan berfluktuasi dan menyebabkan perubahan bentuk payudara. Terlebih karena sejumlah wanita sudah mempunyai beberapa anak dan mengalami masa kehamilan dan menyusui beberapa kali. Metabolisme tubuh yang mulai melambat akan menjadi faktor penyebab munculnya stretch mark, ptosis, atau penurunan payudara. Untuk meminimalisirnya, sebaiknya rutin mengoleskan krim khusus serta jaga berat badan supaya tetap ideal dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan rajin berolahraga.

Baca juga:  Maybelline Volum’ Express Falsies Push Up Drama Mascara Review Indonesia

Usia 40-an Tahun

Lain lagi saat wanita mulai memasuki usia 40-an. Beberapa wanita bisa saja mengalami menopause. Kondisi tersebut dapat sangat memengaruhi payudara seseorang. Menopause mengakibatkan estrogen yang dihasilkan lebih sedikit dan menyebabkan involusi. Oleh sebab itu, jaringan payudara dapat berubah dan diganti dengan lemak yang membuatnya tak sekencang dulu. Tekstur payudara pun menjadi jauh lebih lunak.

Di samping itu, pertambahan usia dapat memengaruhi elastisitas kulit dan ketebalan dermis. Kondisi itu pula yang mengakibatkan payudara jadi lebih terkulai atau melorot. Bahkan bisa saja volume payudara berkurang. Sebaiknya gunakan bra dan pakaian yang nyaman saat beraktivitas. Pastikan menggunakan bra yang dapat menopang payudara dengan baik sejak Anda masih berusia muda.

[1] NS, Sallika. 2010. Serba Serbi Kesehatan Perempuan: Apa yang Perlu Kamu Tahu tentang Tubuhmu. Dewi F, editor. Jakarta: Bukune.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: