Ingin Panjang Umur? Cari dan Tentukan Tujuan Hidup Anda

Berlibur Bersama Keluarga - aifs.gov.auBerlibur Bersama Keluarga - aifs.gov.au

Memikirkan usia dan berapa tahun lagi kita bisa hidup adalah hal yang wajar. Banyak orang ingin hidup lebih lama, dan mungkin Anda adalah salah satunya. Jika demikian, saatnya Anda memutar balik kehidupan sebelumnya dan mencermati kehidupan saat ini. Apakah Anda sudah menemukan jawaban untuk kehidupan Anda selanjutnya? Apakah Anda sudah memiliki tujuan hidup yang Anda inginkan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah salah satu faktor utama untuk membuat hidup Anda lebih lama. Seseorang yang tidak memiliki tujuan hidup, ternyata punya risiko kematian dini cukup tinggi daripada mereka yang hidup dengan tujuannya. Setidaknya, ini yang dikatakan sebuah studi yang diadakan oleh peneliti dari Universitas Michigan.

Korelasi Tujuan Hidup dan Risiko Kematian

Seseorang dengan tujuan hidup, cenderung memiliki semangat lebih tinggi untuk menjalani hidupnya. Mereka bahkan akan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan prima dengan berolahraga dan diet. Ini berbeda dengan mereka yang tidak memiliki tujuan hidup. Orang-orang tanpa tujuan hidup, biasanya tidak memiliki semangat hidup yang tinggi, mereka bahkan hidup dengan sembarangan. Tak jarang pula orang tanpa tujuan hidup, melakukan banyak hal tidak sehat. Inilah yang meningkatkan risiko kematian dini.

Hasil dari penelitian tersebut juga menemukan bahwa di antara hampir 7.000 orang dewasa dengan usia 50 tahun ke atas, memiliki risiko kematian dini lebih tinggi. Ini dikarenakan mereka tidak memiliki tujuan hidup lagi. Mereka cenderung meninggal selama periode yang sama karena jantung, peredaran darah, atau kondisi darah, dibandingkan dengan mereka yang berusia di bawah 50 tahun. “Studi itu menunjukkan bahwa tujuan hidup yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dini,” kata Eric S. Kim, PhD, seorang ilmuwan penelitian di departemen ilmu sosial dan perilaku di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan.

Orang sedang Bekerja untuk Biaya Hidup - www.brodynt.com

Orang sedang Bekerja untuk Biaya Hidup – www.brodynt.com

Orang dengan usia 50 tahun ke atas memiliki tujuan hidup yang kecil, bisa dikarenakan psikologis dan cara berpikir yang mulai melemah. Kebanyakan dari mereka juga beranggapan bahwa tujuan hidupnya sudah berhasil mereka lakukan atau dapatkan, sehingga mereka berpikir bahwa sudah saatnya untuk tidak memikirkan tujuan hidup yang baru. Mereka lebih cenderung mengistirahatkan pikiran dan keinginan untuk hidup lebih lama.

Untuk itu, sudah saatnya bagi Anda yang ingin hidup lebih lama menentukan tujuan hidup Anda. Sebelum mengetahui tujuan hidup Anda, Anda juga perlu mengetahui definisi tujuan hidup. Tujuan hidup didefinisikan secara berbeda oleh orang yang berbeda. Meski begitu, secara umum, itu menunjukkan bahwa Anda memiliki tujuan untuk menjalankan kehidupan Anda. Tujuan hidup ini dapat membantu Anda melakukan perilaku serta kebiasaan yang baik untuk kesehatan Anda. “Saya mendefinisikan tujuan hidup sebagai sejauh mana orang mengalami hidup berdasarkan motivasi dan keinginan mereka untuk meraih tujuan tersebut,” tambah Kim.

Dalam penelitian ini, ketika seseorang memiliki lebih banyak tujuan hidup, maka tingkat kematian mereka akan lebih rendah. Mereka akan terhindar dari risiko kematian akibat penyakit, seperti gangguan kardiovaskular dan gangguan pencernaan. Tidak memiliki tujuan hidup juga dapat membuat orang berisiko tinggi terhadap stres dan depresi, yang akhirnya meningkatkan risiko kematian dini.

Stres dan depresi tidak hanya memengaruhi kondisi mental saja, tetapi juga kesehatan. Dalam banyak kasus, tidak sedikit orang depresi dan stres melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan risiko kematian mereka, seperti merokok berlebihan, minum-minuman beralkohol di masa tua, mengonsumsi makanan tidak sehat, tidak berolahraga, dan masih banyak lagi.

Tujuan Hidup Sebagai Motivasi Kehidupan yang Lebih Lama

Ada baiknya Anda sudah menentukan tujuan hidup Anda selagi muda dan terus memperbarui tujuan Anda seiring berjalannya usia. Jika Anda masih bingung dengan tujuan hidup Anda, Anda bisa memperhatikan sekeliling Anda dan mencari objek yang tepat untuk menentukan tujuan hidup. Beberapa orang menjadikan anaknya sebagai tujuan hidup. Ini membantu mereka untuk memotivasi diri agar hidup lebih lama.

Jalan Sehat di Pagi Hari Biar Hidup Lebih Lama - www.ashishhgupta.com

Jalan Sehat di Pagi Hari Biar Hidup Lebih Lama – www.ashishhgupta.com

Mereka yang memiliki tujuan hidup untuk sekadar melihat anaknya tumbuh dan berkembang atau melihat anak mereka menikah, dapat menurunkan risiko kematian. Keinginan hidup lebih lama untuk anak inilah yang menjadi sebuah motivasi besar agar mereka dapat bertahan hidup. Beberapa orang dengan motivasi yang tinggi akhirnya menggerakkan keinginan mereka untuk hidup lebih sehat dengan diet dan melakukan olahraga.

Anda juga bisa melakukan hal-hal menyenangkan untuk menemukan tujuan hidup Anda. Anda bisa melakukan hobi atau hal-hal yang belum pernah Anda lakukan. Jika Anda masih saja bingung menentukan tujuan hidup Anda, Anda bisa berdiskusi dengan orang terdekat Anda. Sejauh ini, banyak orang menentukan tujuan hidupnya setelah mereka melakukan diskusi dengan orang-orang terdekat, seperti sahabat, keluarga, atau pasangan. 

Dengan berdiskusi, Anda bisa bertukar pikiran mengenai tujuan hidup yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa mengetahui tujuan hidup orang lain, bahkan Anda bisa menyamakan tujuan hidup Anda dan menjalani tujuan hidup bersama dengan orang lain. Memiliki tujuan hidup yang sama dapat membuat Anda merasa tidak kesepian, apalagi jika Anda sudah menginjak usia paruh baya.

Banyak orang di usia paruh baya yang tidak memiliki tujuan karena merasa kesepian. Tak jarang mereka menghabiskan waktu sendiri karena keluarga yang mulai sibuk. Inilah pentingnya berdiskusi, untuk mengusir kesepian, agar Anda juga memiliki tujuan hidup dan akhirnya panjang umur.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: