Tren Makeup Ala Korea Selatan yang Hits di Tahun 2019

Ilustrasi: gaya makeup ala wanita Korea yang sedang tren (sumber: blibli.com)Ilustrasi: gaya makeup ala wanita Korea yang sedang tren (sumber: blibli.com)

KBeauty merupakan salah satu tren yang kini sangat digemari para wanita baik di Indonesia maupun mancanegara. Dengan ciri khas polesan tipis yang tampak natural, kebanyakan kaum hawa yang menyukai tren make up ini adalah generasi millennial. Nah, berikut beberapa tren makeup ala Korea yang hits di tahun 2019.

Bulu Mata Tipis

Di tahun 2019 ini, orang-orang di Korea menjauh dari bulu mata palsu yang mencolok ke arah bulu mata bawah. “Kami lebih suka ketika bulu mata tidak terlalu tebal,” kata Jo Hyemin, salah seorang makeup artis terkenal. “(Tampilan yang diinginkan) sangat tipis.” Mereka lebih memilih bulu mata alami mereka ikal yang dramatis dan secara merata dilapisi dengan maskara. Hasilnya lebih jarang dan terpisah daripada bulu mata subur yang sering terlihat di Amerika Serikat, tetapi tren Korea masih memberikan efek mata yang melebar.

Ilustrasi: aplikasi make up bulu mata tipis

Ilustrasi: aplikasi make up bulu mata tipis

Untuk membuat estetika ini, penjepit bulu mata secara mengejutkan tidak terlibat. Sebagai gantinya, Jo mengatakan bahwa para penata rias menyalakan ujung stik kayu (biasanya digunakan untuk tteokbokki, kue beras Korea). Teknik ini dinamakan wood ironing, demikian Jo menyebutnya, membantu penyapuan maskara lebih bersih tanpa menggumpal. Ditambah lagi, ini lebih efisien untuk ikal bulu mata lurus ke bawah yang biasanya dimiliki orang Korea.

Matte Hot-Pink Lips

Meskipun bibir mengkilap sedang tren di Amerika, “matte adalah tren yang cukup besar saat ini,” kata Natalie Lee, seorang manajer di Jennyhouse. Di masa lalu, orang-orang di Korea tidak fokus pada bibir yang lebih besar dan tebal, tetapi akhir-akhir ini, tampilan yang lebih penuh lebih diinginkan daripada sebelumnya. Selain dengan melakukan filler bibir untuk mencapainya, Lee mengatakan mereka telah menarik perhatian ke bibir mereka dengan lipstik beludru matte dalam rona hot-pink yang menyenangkan. Dia menekankan itu diterapkan dengan sangat spesifik. HyunA telah memakai lipstik fuchsia belakangan ini, jadi itu mengkonfirmasi temuan tren Jennyhouse.

Aplikasi lipstik hot matte pink (sumber: thecut.com)

Aplikasi lipstik hot matte pink (sumber: thecut.com)

Tidak Menggunakan Eyeliner

Tren makeup di 2019 ala wanita Korea tampaknya semakin sederhana. Menurut makeup artist asal Korea Selatan, tren makeup 2019 akan meninggalkan eyeliner.

Seperti dikutip Her World, Makeup artist Laneige, Cat Koh mengungkapkan bahwa tren ini tengah populer di kalangan artis Korea, contohnya Lee Sung Kyung. Bintang drama Korea About Time itu di beberapa penampilannya memang terlihat tak pakai eyeliner.

Dia hanya menggunakan eyeshadow dan menambahkan glitter di matanya. Menurut Cat Koh, makeup tanpa eyeliner membuat tampilan mata lebih bersih dan segar.

Penampilan tanpa eyeliner dan eyeshadow (sumber: vogue.com.au)

Penampilan tanpa eyeliner dan eyeshadow (sumber: vogue.com.au)

Cat Koh menambahkan bahwa tren kecantikan Korea di 2019 adalah tentang warna-warna bold. Warna seperti biru dan ungu ultraviolet akan banyak diminati. Warna burgundy dan merah yang jadi tren warna makeup besar-besaran di 2018 tampaknya akan ditinggalkan.

Bagi wanita Korea, produk cushion pun masih dicintai karena memberikan hasil yang glowy. Terlebih kini semakin banyak produk makeup Korea yang menawarkan produk cushion yang memiliki coverage tinggi sehingga bisa menyamai foundation.

Untuk tren skin care sendiri, Cat Koh mengatakan bahwa tren ‘skipcare’ akan diterapkan oleh wanita Korea. Skipcare bukan berarti tidak menggunakan produk skin care, melainkan hanya menggunakan produk-produk dasar seperti pembersihan wajah, moisturizer, dan sunblock.

“Mengurangi beberapa langkah skin care dengan menggantinya menjadi produk ‘all in one’ seperti menggunakan sleeping mask yang bisa melembabkan sekaligus ada manfaat mencerahkannya juga,” terang Cat

Glittery Makeup

Glittery Makeup ala Korea (sumber: vanitee.com)

Glittery Makeup ala Korea (sumber: vanitee.com)

Meskipun makeup Korea Selatan dikenal dengan makeup yang natural, namun itu bukanlah suatu masalah jika ingin menggunakan makeup glitter. Banyak sekali artis dan idol Kpop yang menggunakan makeup glitter pada saat tampil di atas panggung. Meski menggunakan gliter, namun makeup gliternya masih terbilang tidak berlebihan dan enak dipandang. Anda bisa menggunakan glitter eyeshadow, glitter eyeliner atau batu-batuan yang berkilau untuk makeup mata Anda.

Puppy Eyeliner

Puppy Eyeliner (sumber: marieclaire.com)

Puppy Eyeliner (sumber: marieclaire.com)

Tren dalam k-beauty tentunya identik dengan wanita Asia yang menyukai kesan mata bulat yang besar. Nah, pada tren yang satu ini kalian akan mendapatkan bentuk mata yang sangat diidam-idamkan wanita Asia. Dengan cara mengaplikasikan puppy eyeliner yang dibentuk mengikuti bentuk asli mata. Alih-alih membuat garis melengkung ke atas, puppy eyeliner digambar ke arah bawah mengikuti garis tepi hingga melewati setengah lower lashline.

Gradient Lip

Makeup bibir Gradient Lip (sumber: pastelesde.com)

Makeup bibir Gradient Lip (sumber: pastelesde.com)

Gradasi lipstik hingga kini masih eksis di kalangan beauty enthusiast. Berbeda dengan riasan western yang cenderung menggunakan lipstik secara menyeluruh dan memberi kesan tebal nan seksi, lip gradient ala KBeauty menghasilkan kesan bibir yang sehat dan tidak berlebihan. Warna coral mendominasi tren yang juga dikenal dengan sebutan ombre lips ini.

Smiling Eyes (Aegyo Sal)

Make up Smilling eyes/Aegyo Sal (twitter: @parksorachx)

Make up Smilling eyes/Aegyo Sal (twitter: @parksorachx)

Meskipun tren yang satu ini terlihat aneh dimata beberapa wanita, namun tetap saja aegyo sal merupakan salah satu tren populer di Korea Selatan. Aegyo sal atau yang lebih dikenal dengan sebutan eye smiles ini adalah tren yang menunjukkan lipatan pada bawah mata. Dengan aegyo sal para wanita Korea merasa tampil awet muda dan berwajah ceria.

Bahkan beberapa gadis di Korea Selatan rela merogoh kocek untuk melakukan operasi plastik untuk memiliki aegyo sal yang natural. Namun pada umumnya mereka membuat aegyo sal dengan menggunakan highlighter pada bawah mata, agar menampilkan kesan berisi dan menonjol.

Honey Skin

Kulit mengilat/Honey Skin (sumber: avoskinbeauty.com)

Kulit mengilat/Honey Skin (sumber: avoskinbeauty.com)

Berbeda dari riasan western yang identik dengan polesan sempurna dengan hasil yang bold. Korea Selatan lebih menyukai hasil akhir yang dewy dan natural. Oleh sebab itu, muncul sebuah tren yang disebut-sebut sebagai ‘adik’ dari glass skin make up, yaitu honey skin make up atau dalam Bahasa Korea disebut kkul pi bu. Pada dasarnya tren ini membuat hasil riasan menjadi tampak dewy dan mengkilat layaknya madu.

Nah, demikian ulasan makeup K-Beauty yang sedang hits di Korea Selatan, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: