Tren Make Up Tahun 2021, Serba Natural dan Cerah

Ilustrasi: gaya makeupIlustrasi: gaya makeup

Seperti fashion busana atau baju, make up memiliki tren yang selalu berubah-ubah tiap tahunnya, termasuk di tahun 2021. Tren riasan kali ini diprediksi lebih cenderung minimalis dan natural dibanding tahun 2020 yang sifatnya lebih glamour dan cenderung menggunakan banyak bahan.

Make up menjadi salah satu hal yang penting, baik bagi pria maupun wanita. Hal ini karena riasan memiliki fungsi tidak hanya dalam hal estetika, tetapi psikologis. Secara psikologis, make up memiliki dua fungsi, yakni seduction untuk meningkatkan penampilan diri dan fungsi camouflage untuk menutupi kekurangan diri secara fisik.[1] Dengan fungsinya, make up mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang, sehingga tak heran jika banyak orang suka berdandan.

Merias diri menggunakan bahan kosmetik atau make up juga tidak bisa asal-asalan. Beberapa orang akhirnya memilih tampilan make up yang sesuai dengan tren, sehingga mereka bisa tampil lebih percaya diri lagi dan tidak gengsi. Dilansir dari allure, tren make up 2021 didasarkan pada keadaan ketika banyak orang yang suka memakai masker dan lebih fokus pada riasan mata. Berikut sejumlah tema riasan yang trending di tahun 2021.

Baca juga:  Pixy Lip Cream Nomor 1, Lip Cream Tahan Lama dengan Harga Terjangkau

Dewy Skin Tints

Kebiasaan masyarakat yang suka memakai masker untuk menghindari penyakit flu, coronavirus (COVID-19), dan menjaga kulit dari polusi, menjadikan tema dewy skin tints populer di tahun 2021. Make up warna kulit dewy banyak dipilih orang karena tidak berisiko terkena jerawat masker atau maskne. Selain itu, tampilan riasan seperti ini akan membuat Anda terkesan cantik natural dan tidak terlihat bermuka dempul.

Ilustrasi: peralatan makeup

Ilustrasi: peralatan makeup

Seorang penata rias bernama Vincent Oquendo mengatakan, warna kulit dewy dengan hasil bercahaya dan berkilau membutuhkan produk kosmetik berbahan dasar air dan mengandung banyak nutrisi. Dengan mengaplikasikan sedikit BB cream atau foundation water base, maka wajah Anda akan terlihat dewy dan bebas minyak. Tentunya, make up seperti ini cukup aman bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat.

Supaya hasil akhir dewy skin tints Anda bisa bertahan lama, jangan lupa untuk memakai sunscreen dan pelembap. Dua produk ini adalah produk mendasar yang wajib dipakai supaya kulit Anda tidak rusak saat harus memakai masker.

Brighter Eyeliners

Masih dilansir dari sumber yang sama, menurut seorang penata rias bernama Mona Leanne dari Inggris, warna eyeliner yang lebih cerah menjadi topik yang panas di tahun 2021. Anda tidak harus memakai eyeliner hitam tebal lagi dan bisa menggantinya dengan eyeliner warna cokelat, krem, dan putih. Eyeliner seperti ini akan membuat tatapan mata Anda menjadi lebih lembut dengan garis mata yang sedikit terlihat.

Baca juga:  Skincare Rutin untuk Kulit Kenyal dan Bersinar Ala Wanita Korea

Selain itu, Anda bisa menumpuk dua warna eyeliner untuk menghasilkan warna campuran yang elegan. Konon, produk eyeliner dengan warna-warna cerah mudah di-blend dan hasilnya lebih awet daripada produk eyeliner hitam biasa. Sebagai contoh, untuk mendapatkan warna eyeliner abu-abu, Anda bisa menumpuk warna putih dan hitam.

Embellishments

Embellishments sepertinya menjadi salah satu tema make up yang kurang familiar bagi masyarakat Indonesia, karena budaya pesta yang berbeda dengan luar negeri. Meskipun begitu, meletakkan permata sebagai riasan wajah sudah dilakukan oleh sebagian beauty vlogger asal Indonesia.

Ilustrasi: proses makeup

Ilustrasi: proses makeup

Tema riasan seperti ini bisa Anda lakukan saat menghadiri acara pesta dengan tema glamour. Anda bisa memakai tempelan berbentuk berlian di pipi dan area sekitar mata. Ini akan membuat tampilan wajah terlihat unik dan mewah. Selain itu, embellishment sudah tersedia dalam bentuk kelopak mata sebagai pengganti eyeshadow. Anda cukup menempelkannya tanpa harus repot mengoles serbuk make up di kelopak mata Anda. Ini terbilang lebih praktis dibanding harus mengaplikasikan eyeshadow secara manual.

Baca juga:  Begini Cara Mewarnai Rambut Sendiri dengan Miranda, Ternyata Gampang Kok!

Bulu Mata Lentik Tanpa Maskara

Sudah bukan zamannya menggunakan maskara tebal dan berat, dan saatnya Anda mengganti produk dengan maskara bening. Maskara tak berwarna seperti ini menjadi tren di 2021, khususnya di kalangan remaja. Meskipun produk clear mascara terlihat seperti cairan biasa, liquid tersebut konon mampu membuat bulu mata menjadi lebih lentik, hitam, dan panjang dengan bentuk natural.

Selain itu, produk clear mascara diklaim memiliki efek yang tahan lama dan tidak membuat bulu mata mudah rontok atau kaku. Cara memakai maskara bening pun tidak sulit, karena Anda hanya perlu mengoleskan cairan secara perlahan di permukaan bulu mata Anda.

[1] Noviana, Mila & Yasmi Teni Susiati. 2015. Hubungan Pengetahuan Rias Wajah Sehari-hari dengan Penggunaan Kosmetika Tata Rias Wajah di SMK Negeri 3 Klaten. Jurnal KELUARGA UST, Vol. 1(2): 122-129.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: