Manfaat & Cara Pakai Transpulmin untuk Bayi Baru Lahir

Bayi menangisBayi menangis

Bayi baru lahir bisa saja mengalami penyakit seperti influenza. Virus satu ini memang dikenal tidak pandang bulu, karena bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa, anak-anak, maupun bayi. Selain konsumsi obat, flu juga bisa ditangani dengan meringankan gejala-gejalanya, seperti dengan mengusapkan balsem atau minyak telon untuk bayi.

Salah satu merek balsem bayi yang sangat populer adalah Transpulmin BB. Jika kurang teliti, orang tua bisa keliru dengan balsem Transpulmin (tanpa “BB”) yang khusus untuk orang dewasa.[1]Transpulmin Baby Balsam sendiri merupakan produk balsem khusus bayi yang diproduksi oleh Menarini Indria Laboratories.

Pada dasarnya, Transpulmin mempunyai 2 varian produk balsem yang berbeda, yakni untuk bayi dan anak-anak. Transpulmin Baby Balsam diperuntukkan bayi usia di bawah 2 tahun dengan kandungan ekstrak bunga chamomile dan ekstrak daun eucalyptus atau kayu putih di dalamnya. Sedangkan Transpulmin untuk usia 2 tahun ke atas. Beda Transpulmin Baby dan Transpulmin Kids adalah dari segi kandungannya.

Produk Transpulmin Kids tak hanya mengandung ekstrak bunga chamomile dan ekstrak daun eucalyptus, tetapi juga mengandung menthol dan camphor sehingga terasa lebih hangat untuk balita. Selain mengusung bahan-bahan yang berkualitas, Transpulmin pun sudah terdaftar di BPOM, sehingga relatif aman digunakan. Berikut ulasan lengkap Transpulmin untuk bayi baru lahir.

Baca juga:  Tips Mendidik Anak Agar Dapat Berperilaku Baik

Komposisi Transpulmin Baby Balsam

Transpulmin Baby Balsam (sumber: shopee.co.id)

Transpulmin Baby Balsam (sumber: shopee.co.id)

Tiap gram Transpulmin Baby Balsam mengandung:

  • Eucalyptol 10%
  • Menthol 5%
  • Camphor 2,5%
  • Sage Oil 2,5%
  • Chamomile Concentrate 0,744%

Dosis dan Cara Pemakaian Transpulmin Baby Balsam

Untuk bayi usia 0-2 tahun, Anda bisa menggunakan Transpulmin Baby Balsam sebanyak 2-4 kali sehari dengan cara digosokkan pada bagian dada, punggung, dan leher. Namun ingat, hindari penggunaan Transpulmin Baby Balsam pada bayi yang hipersensitif terhadap salah satu komponen dari obat ini. Selain itu, hindari juga penggunaan Transpulmin Baby Balsam pada area wajah, khususnya di bagian hidung dan bagian kulit yang sensitif.

Manfaat Transpulmin untuk Bayi Baru Lahir

Transpulmin BB dapat digunakan sebagai obat gosok untuk membantu mengatasi nyeri di punggung, sakit kepala, sakit perut, dan menghangatkan badan saat bayi terserang virus influenza. Transpulmin Baby Balsam bekerja dengan cara yang unik. Penguapan dari minyak atsiri dalam Transpulmin Baby Balsam pada kulit dapat memberikan efek menyegarkan. Campuran obat ini juga bekerja sebagai penghangat tubuh.

Tangan bayi

Tangan bayi

Transpulmin Baby Balsam dibuat dengan formula berbasis krim, sehingga terasa nyaman di kulit, tidak lengket, tidak berminyak, dan juga cepat meresap. Apabila buah hati Anda mengalami sakit flu dan batuk, Anda bisa meringankan gejalanya dengan cara mengambil Transpulmin Baby Balsam secukupnya, usapkan pada bagian dada, punggung, dan sekitar bahu hingga leher. Baringkan bayi atau anak Anda di tempat tidur yang nyaman dan biarkan Transpulmin Baby Balsam bekerja.

Baca juga:  Studi Terbaru: Otak Wanita Lebih Lamban Menua Daripada Pria

Sebagai informasi, flu dan batuk dapat menyerang bayi, anak, dan orang dewasa sekitar 5-8 kali dalam setahun. Bayi yang terserang flu biasanya mengalami beberapa gejala seperti pilek, bersin-bersin, susah tidur, demam, hidung tersumbat, tantrum, dan menjadi lebih rewel dari biasanya.

Harga Transpulmin untuk Bayi

Transpulmin Baby Balsam tersedia dalam 2 ukuran kemasan, yakni tube isi 10 gram dan 20 gram. Adapun harga Transpulmin Baby Balsam ukuran kecil dibanderol Rp58.179 per tube di Apotek K24, sedangkan yang ukuran besar isi 20 gr harganya mencapai Rp79.827.

Selain berbentuk balsem, ada juga produk Transpulmin Syrup yang berfungsi untuk mengatasi batuk produktif maupun non produktif pada dewasa dan anak-anak. Harga Transpulmin sirup ukuran 60 ml dibanderol Rp93.146 per botol, sedangkan yang ukuran 100 ml harganya dipatok Rp121.821 per botol. Berbeda dengan Transpulmin Baby Balsam, Transpulmin Syrup tergolong obat keras yang hanya dapat dibeli dengan menggunakan resep dokter.

Baca juga:  Ini yang Harus Orang Tua Lakukan Saat Remaja dengan ADHD Mengemudi Mobil

Perlu Anda ketahui bahwa harga Transpulmin Baby Balsam dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Transpulmin Baby Balsam yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[1]Sholekhudin, M. 2014. Buku Obat Sehari-hari. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: