Tonikum Bayer Untuk Ibu Hamil, Apakah Boleh?

Harga, Tonikum Bayer, untuk, ibu, hamil, suplemen, multivitamin, penambah, darah, anemia, jenis, sirup, nafsu makan, tubuh, kehamilan, mineral, zat besi, 100ml, 330ml, botol, gejala, penyebab, di, pasaran, produk, pusing, lemas, kematian, hemoglobin, sel, mengonsumsi, menstruasi, wanita, apotekIlustrasi: ibu hamil

Umumnya, anemia akan dianggap normal ketika Anda hanya mengalami dalam gejala yang ringan. Beberapa wanita dikhawatirkan akan mengalami gangguan anemia yang berat yang diakibatkan kurangnya asupan zat besi atau vitamin jenis tertentu. Gejala anemia yang mungkin dialami ibu hamil ditandai dengan adanya ciri-ciri mengalami berkurangnya nafsu makan sehingga berpengaruh pada berkurangnya stamina.

Selain itu, Anda lebih mudah terkena beberapa infeksi, secara tiba-tiba pandangan berkunang-kunang, beberapa bagian tubuh seperti kuku, wajah, kelopak mata dan bibir tampak pucat. Dalam kondisi anemia yang cukup berat mengakibatkan sesak napas dan lemah jantung.

Anemia mengakibatkan daya tubuh berkurang diakibatkan karena adanya zat besi yang terus berkurang berpengaruh pada sel darah putih sehingga kekuatan melawan mikroorganisme berkurang. Bagi Anda pekerja kantoran kemungkinan gejala yang timbul adalah kesulitan fokus.

Anemia memang sangat berbahaya jika dibiarkan pada ibu hamil. Risiko bayi prematur, keguguran, bayi lahir cacat dan sebagainya. Sehingga tidak hanya kesehatan janin yang terancam akan tetapi kesehatan Anda pun jadi taruhannya. Bagi Anda yang aktif bekerja setiap hari memang disarankan untuk memperhatikan asupan nutrisi selama masa kehamilan. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk terhindar dari anemia:

  • Tingkatkan konsumsi makanan yang membantu mengatasi anemia yang mengandung zat besi seperti yang berasal dari daging merah, unggas dan ikan. Sayuran yang memiliki daun hijau gelap, kacang-kacangan dan telur.
  • Konsumsi vitamin c dalam membantu penyerapan zat besi seperti buah buahan, jeruk, stroberi, kiwi dan tomat.
  • Memilih makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi seperti sayuran berdaun hijau, roti, sereal, kacang kering, salmon.
  • Susu akan membantu meringankan gejala anemia.Minum susu secara teratur pada siang dan malam hari.
  • Berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami anemia yang cukup berat sehingga Anda disarankan untuk mengkonsumsi suplemen zat besi/folat atau vitamin.
  • Pemeriksaan darah merupakan salah satu cara untuk Anda mengetahui sejauh mana kandungan hemoglobin berkurang di dalam tubuh, ada pula pemeriksaan hematokrit untuk mengetahui persentase sel darah merah dari sampel yang diambil. Sehingga dokter akan mengetahui penyebab dari anemia yang Anda alami.

Tonikum Bayer Untuk Penuhi Kebutuhan Multivitamin dan Zat Besi

Tonikum Bayer adalah produk multivitamin dan mineral yang digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan multivitamin dan mineral selama masa kehamilan, menstruasi, masa pertumbuhan, dan untuk orang lanjut usia. Tonikum Bayer juga diklaim bagus untuk membantu menjaga kesehatan secara umum. Tonikum Bayer mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, dan berbagai mineral lain yang diperlukan tubuh.

Harga, Tonikum Bayer, untuk, ibu, hamil, suplemen, multivitamin, penambah, darah, anemia, jenis, sirup, nafsu makan, tubuh, kehamilan, mineral, zat besi, 100ml, 330ml, botol, gejala, penyebab, di, pasaran, produk, pusing, lemas, kematian, hemoglobin, sel, mengonsumsi, menstruasi, wanita, apotek

Botol Tonikum Bayer (sumber: ask.fm)

Kegunaan Tonikum Bayer adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan multivitamin dan mineral selama masa kehamilan, menstruasi, masa pertumbuhan, dan untuk orang lanjut usia. Tonikum Bayer bagus untuk membantu menjaga kesehatan secara umum, misalnya mengatasi kondisi anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Namun jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap salah satu kandungan produk suplemen ini. Jangan digunakan untuk penderita hiperkalsemia dan orang-orang penderita gagal ginjal berat. Kontraindikasi untuk pasien yang mengalami akumulasi zat besi. Gangguan penggunaan zat besi dalam tubuh.

Interaksi Obat

Berikut adalah interaksi Tonikum Bayer dengan obat-obat lain jika digunakan secara bersamaan:

  • Penggunaan Tonikum Bayer bersamaan dengan obat antikonvulsan menurunkan penyerapan Vitamin B12 dari usus.
  • Penggunaan Tonikum Bayer bersamaan dengan obat neomycin, asam aminosalicylic, colchicine, cimetidine, ranitidine, mengurangi penyerapan B12 dari usus.
  • B12 dapat memperparah reaksi alergi yang disebabkan oleh vitamin B1.
  • Pemberian parenteral chloramphenicol dapat menurunkan efek hematopoietik B12 pada kasus anemia.

Dosis Tonikum Bayer

Tonikum Bayer diberikan dengan dosis berikut:

  • Dosis dewasa, ibu hamil: 15 mL 1 x sehari.
  • Dosis anak usia 6-12 tahun: 7.5 mL 1 x sehari.

Efek Samping Tonikum Bayer

Harga, Tonikum Bayer, untuk, ibu, hamil, suplemen, multivitamin, penambah, darah, anemia, jenis, sirup, nafsu makan, tubuh, kehamilan, mineral, zat besi, 100ml, 330ml, botol, gejala, penyebab, di, pasaran, produk, pusing, lemas, kematian, hemoglobin, sel, mengonsumsi, menstruasi, wanita, apotek

Ilustrasi: efek samping kelebihan kalsium (sumber: parents.com)

Tonikum Bayer relatif bisa ditoleransi oleh sebagian besar orang. Namun, berikut adalah efek samping yang harus diwaspadai:

  • Mengonsumsi kalsium dalam dosis tinggi (lebih dari 1.500 mg sehari) dapat menyebabkan sakit perut dan diare.
  • Efek samping Tonikum Bayer yang relatif ringan yaitu gangguan pada saluran pencernaan misalnya sembelit, tinja gelap atau hijau, diare, kehilangan selera makan, kram perut, perut kembung, mual, dan muntah.
  • Efek samping lain yang mungkin terjadi seperti reaksi alergi.

Sebaiknya Tonikum Bayer diberikan sesudah makan, terutama bila terjadi rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan. Adanya zat besi akan menyebabkan warna tinja menjadi hitam, namun hal ini bukan hal yang berbahaya. Jangan menggunakan suplemen ini untuk pasien yang menjalani transfusi darah berkali-kali.

Tonikum Bayer Untuk Ibu Hamil

Tonikum Bayer merupakan salah satu multivitamin yang tersedia dalam bentuk tablet atau syrup (cairan) yang mengandung zat besi dan multivitamin lain. Indikasi pemberian obat ini adalah untuk mencegah anemia akibat kekurangan zat besi dan untuk menambah stamina.

Dilansir dari laman Alodokter, ibu atau wanita hamil dan menyusui diperbolehkan mengkonsumsi Tonikum Bayer sesuai aturan yang dianjurkan dalam etiket atau label kemasan. Bahkan wanita pasca menstruasi yang banyak pun diperbolehkan mengkonsumsi multivitamin ini untuk mencegah anemia akibat menstruasi yang banyak.

Selama Anda tidak memiliki alergi terhadap salah satu komponen dari tonikum (ditandai dengan rasa gatal/bengkak setelah meminum obat) maka Anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi multivitamin sesuai anjuran.

Harga Tonikum Bayer

Tonikum Bayer yang diproduksi oleh perusahaan farmasi populer Bayer Group ini tersedia dalam bentuk sirup dengan dua kemasan berbeda, yakni kemasan 100ml dan 330ml. Obat dalam kemasan 100ml dijual dengan harga Rp15 ribuan, sementara untuk kemasan botol 330ml dijual seharga Rp30 ribuan. Obat ini dijual bebas di pusat belanja dan apotik sekitar tempat tinggal Anda

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: