Tips & Tutorial Berhijab Untuk Wajah Lonjong

tips, berhijab, untuk, wajah, lonjong, tutorial, dandan, blush, on, contour, bahan, paris, jarum, pentul, inner, ciput, dahi, panjang, online, bentuk, sempit, volume, hiasan, ruffle, kepala, atas, menarikModel jilbaber berwajah oval (sumber: beautynesia.id)

Berhijab bisa disesuaikan dengan bentuk wajah supaya menyiasati bagian-bagian wajah dan membuat tampilan lebih menarik. Bentuk wajah lonjong misalnya. Wajah yang lonjong dapat dilihat dari bentuk wajah yang terkesan sempit, bentuk dahi dan dagu yang panjang dan lebar.

Anda tidak perlu khawatir jika termasuk pemilik wajah lonjong. Anda tetap bisa mengenakan hijab sesuai dengan keinginan, hanya perlu sedikit tips saja. Sebelum beralih ke tips, Anda sebaiknya juga mengetahui bahan-bahan hijab yang sebaiknya dihindari. Bahan jilbab yang dianggap paling baik digunakan adalah Paris.

Tips Berhijab Untuk Wajah Lonjong

Namun, bukan berarti bahan jilbab yang tidak baik, hanya saja mungkin dalam penggunaan bahan hijab lainnya, Anda perlu melakukan sedikit tips dan trik. Tips berhijab untuk wajah lonjong yaitu dengan menggunakan ciput atau inner yang menutupi dahi sehingga bisa mengurangi efek wajah lonjong.

Anda bisa menggunakan inner ninja atau biasa, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin bepergian ke acara seperti menghadiri pernikahan, bisa memakai inner ninja, karena biasanya jilbab yang digunakan akan dibentuk sedemikian rupa. Apabila hari-hari biasa, Anda bisa mengenakan inner biasa karena dinilai lebih praktis.

tips, berhijab, untuk, wajah, lonjong, tutorial, dandan, blush, on, contour, bahan, paris, jarum, pentul, inner, ciput, dahi, panjang, online, bentuk, sempit, volume, hiasan, ruffle, kepala, atas, menarik

Wanita berwajah oval memakai jilbab (sumber: idntimes.com)

Bentuk wajah lonjong atau panjang dinilai cocok dengan gaya hijab Turki. Hijab model Turki ini penggunaannya membiarkan ciput menutup dahi secara horizontal sehingga memberikan kesan oval pada wajah. Model lain yang juga cocok untuk wajah panjang yaitu jenis model Turban. Model turban dengan aksesoris pada sisi wajah akan memberi efek penuh. Atau bisa juga dengan model Turban ala Fatin yang beraksen mawar di sisi kepala.

Hindari model hijab yang mengekspos area dahi, karena model ini akan menciptakan ilusi wajah yang semakin terlihat panjang. Usahakan jangan menambah volume, hiasan atau ruffle di atas kepala, ini hanya akan mengesankan wajah yang lebih panjang.

Hijab dengan menggunakan undercaps (ciput topi) cocok untuk wajah lonjong. Tetapi, pastikan pemakaian ciput topi sedikit menutupi area dahi, atau pilihan lainnya, untuk Anda yang berwajah lonjong, pilih model hijab dengan aksesoris, ruffle ataupun drapery di sisi wajah. Hal ini akan memberi volume dan menciptakan ilusi lebar pada wajah.

Tutorial Berhijab Untuk Wajah Lonjong

Tips menggunakan jilbab khusus untuk wajah lonjong bisa Anda praktikkan ke dalam tutorial pemakaian jilbab berbahan paris berikut ini.

Tutorial 1

tips, berhijab, untuk, wajah, lonjong, tutorial, dandan, blush, on, contour, bahan, paris, jarum, pentul, inner, ciput, dahi, panjang, online, bentuk, sempit, volume, hiasan, ruffle, kepala, atas, menarik

Tutorial 1 (sumber: bajumodern.com)

  • Sebelum melakukan tutorial pemakaian hijab, siapkan terlebih dahulu jilbab yang akan digunakan. Mengenai warna, tergantung keinginan atau menyesuaikan dengan warna pakaian Anda.
  • Gunakan inner yang menutupi dahi, bisa inner biasa atau ninja.
  • Lipat jilbab paris segiempat menjadi bentuk segitiga. Gunakan jilbab dengan sisi kanan dan kiri sama panjang. Rapikan.
  • Setelah rapi, sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu. Lalu, buka sisi sebelah kanan agar membentuk layering, dan bawa ke atas kepala. Sematkan dengan jarum pentul. Usahakan agar lipatan membentuk seperti gelombang dan mengisi sisi kanan dan kiri wajah. Hal ini dimaksudkan untuk menyeimbangkan bagian dagu agar tidak terlihat terlalu lonjong.
  • Ketika bagian atas sudah dirasa rapi, sematkan kembali jarum pentul untuk menahan jilbab supaya tetap pada tempatnya.
  • Rapikan. Dan, model jilbab untuk Anda yang berwajah lonjong sudah siap digunakan. Model jilbab ini bisa digunakan baik untuk acara formal maupun non-formal. Sebagai pemanis penampilan, Anda bisa menambahkan bros atau aksesoris lainnya.

Tutorial 2

Baca juga:  Beberapa Referensi Produk Wardah Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Kali ini akan dicoba ditampilkan model jilbab yang tetap sesuai dengan bentuk wajah lonjong, namun berbeda bahan. Bahan yang dipakai kali ini adalah pashmina dengan bahan yang agak licin. Anda tidak perlu khawatir, karena bisa disiasati.

  • Pertama-tama siapkan pashmina dan perlengkapannya seperti peniti atau jarum pentul, dan juga inner ninja. Sebaiknya pilih yang bisa menutupi sebagian area dahi.
  • Pakai pashmina dengan kedua sisi sama panjang.
  • Dikarenakan bahannya yang agak licin, sebaiknya Anda menyematkan jarum pentul atau peniti di sisi kiri dan kanan dekat dengan telinga.
  • Bawa sisi kiri pashmina ke arah kanan melalui belakang (melewati leher).
  • Setelah itu, bawa kembali sisi pashmina sebelah kiri tadi hingga menutupi bagian dada. Bawa kembali melalui leher, lalu biarkan sisa pashmina di sebelah kanan. Jangan lupa untuk menyematkan peniti atau jarum pentul di bahu sebelah kanan.
tips, berhijab, untuk, wajah, lonjong, tutorial, dandan, blush, on, contour, bahan, paris, jarum, pentul, inner, ciput, dahi, panjang, online, bentuk, sempit, volume, hiasan, ruffle, kepala, atas, menarik

Tutorial 2 (sumber: Pinterest)

Tutorial 3

Baca juga:  Review Wardah Intense Matte Lipstick No 6 Blooming Pink, Lipstik dengan Nuansa Warna yang Cantik
  • Bahan yang digunakan kali ini adalah pashmina yang warnanya bisa menyesuaikan dengan keinginan Anda. Jangan lupa siapkan jarum pentul dan peniti.
  • Pertama-tama, kenakan pashmina dengan kedua sisi sama panjang.
  • Untuk mencegah pashmina berpindah tempat, sematkan jarum pentul kecil di dekat telinga (di kedua sisi).
  • Bawa pashmina yang ada di sisi kanan melewati leher.
  • Kemudian, bawa ke belakang leher tepat, lalu bawa sisanya ke sisi kanan kembali.
  • Ambil sisa pashmina sampai bisa untuk menutupi dada. Rapikan. Anda bisa menyematkan beberapa jarum pentul supaya pashmina tetap sesuai bentuknya.

Tutorial pemakaian hijab mungkin akan lebih bisa dijelaskan menggunakan gambar atau video. Apabila Anda mencari secara online, akan menemukan berbagai macam tutorial yang tidak hanya khusus untuk wajah lonjong, tetapi juga model hijab beserta cara menyiasati bentuk wajah lainnya seperti wajah yang bulat. Untuk membuat tampilan menjadi lebih menarik, Anda juga bisa berdandan. Dandan yang sesuai dengan wajah yang lonjong bisa dengan tidak terlalu banyak melakukan contour supaya wajah tidak tampak lebih tirus/panjang. Anda bisa menyiasati dengan pemakaian blush on atau highlighter yang disapukan ke arah atas tulang pipi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: