Tips Tidur Berkualitas dan Nyenyak dengan Cepat

Ilustrasi: wanita tidur pulasIlustrasi: wanita tidur pulas

Tidur menjadi tantangan sendiri bagi mereka yang sering mengalami gejala insomnia. Rata-rata orang yang sulit tidur, tidak bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup atau bisa disebut memiliki kualitas tidur yang buruk. Selain itu, mereka juga sering tertidur dalam keadaan tidak nyenyak dengan waktu yang lama. Lalu, apa saja tips untuk mengatasi gejala tersebut?

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupannya, dan ada dua komponen yang perlu diperhatikan dalam tidur, yakni kualitas dan kuantitas tidur.[1] Apabila terjadi gangguan pada dua komponen tersebut, maka bisa menimbulkan dampak pada sistem memori dan konsentrasi.

Dilansir dari HuffPost, ada banyak hal yang membuat kualitas tidur seseorang menurun, salah satunya adalah kebiasaan sebelum tidur. Aktivitas tertentu yang dilakukan sebelum tidur, ternyata bisa memengaruhi jumlah waktu tidur seseorang. Selain itu, aktivitas tersebut juga bisa membuat Anda merasa kurang nyenyak dan tidak bisa cepat tidur. Lalu, yang harus dilakukan?

Hindari Menonton Berita

Menonton berita adalah salah satu aktivitas yang perlu Anda hindari sebelum tidur. Meskipun malam hari adalah waktu yang paling pas untuk nonton berita, namun akan lebih baik jika dilakukan di pagi atau siang hari. Ini karena berita malam bisa menyita perhatian Anda lebih dari 30 menit sebelum tidur.

Baca juga:  Peran Pil KB Dalam Kaitannya Dengan Jadwal Haid Bulanan Wanita
Ilustrasi: aktivitas yang sebaiknya dihindari sebelum tidur

Ilustrasi: aktivitas yang sebaiknya dihindari sebelum tidur

Selain itu, informasi yang disajikan oleh pembawa acara berita, mampu merangsang otak Anda untuk berpikir lebih keras. Sehingga, otak Anda akan terpicu dan tidak ingin berhenti memikirkan informasi tersebut, meskipun Anda sudah mematikan TV. Inilah yang membuat Anda tidak bisa cepat tidur dan tidak bisa tidur nyenyak. Sehingga, kualitas tidur Anda akan berkurang.

Hindari Belajar di Kasur

Sebagian besar remaja masa kini lebih suka menghabiskan waktu di tempat tidur. Selain menonton TV dan membaca komik, mereka juga biasa belajar di kasur. Hindari hal tersebut jika Anda ingin cepat tidur dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Secara psikologis, menjadikan tempat tidur sebagai tempat belajar, mampu merangsang alam bawah sadar Anda untuk meningkatkan aktivitas otak saat di tempat tidur. Hal ini membuat Anda merasa enggan untuk tidur di kasur, yang sudah menjadi tempat belajar favorit. Sehingga, Anda akan mengalami gejala insomnia dan tidak bisa tidur pulas.

Baca juga:  Cara Menggunakan Lilin Aromaterapi dan Manfaatnya

Hindari Berdebat di Tempat Tidur

Banyak pasangan muda yang menghabiskan waktu untuk berdebat di atas kasur, entah apa saja yang mereka perdebatkan. Ini membuat kondisi di mental Anda menjadi tegang dan emosi, sehingga tidak memiliki keinginan untuk tidur. Selain itu, kondisi yang tidak nyaman seperti ini akan menyebabkan gangguan insomnia cukup parah. Sehingga, ada kemungkinan Anda akan begadang hingga pagi.

Ilustrasi: pasangan berdebat di tempat tidur

Ilustrasi: pasangan berdebat di tempat tidur

Jika Anda mendiskusikan masalah rumah tangga atau hal lainnya, sebaiknya di tempat yang semestinya. Sebagai contoh, Anda bisa berdebat di ruang keluarga dan mendiskusikan apa yang ingin Anda sampaikan pada pasangan Anda. Sehingga, kondisi kamar Anda akan terlihat lebih nyaman dipakai untuk tidur daripada untuk berdebat.

Hindari Kafein

Sebelum tidur, sebaiknya Anda tidak membuat kopi atau teh. Kandungan kafein pada dua minuman tersebut bisa bertindak sebagai stimulan yang mampu memblokir reseptor adenosin. Reseptor ini berperan untuk mengendalikan pola tidur Anda. Jika bagian ini diblokir, maka Anda akan mengalami gejala insomnia dan memiliki sejumlah energi lebih yang membuat Anda tidak ingin tidur dengan cepat.

Baca juga:  Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut

Minuman berkafein seperti teh dan kopi juga ada baiknya tidak diminum di sore hari, jika Anda ingin tidur cepat. Minumlah kopi atau teh sebelum jam 2 siang, untuk menghindari efeknya. Sebagai gantinya, Anda bisa minum susu hangat di malam hari untuk mempercepat kantuk.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan dan menjaga kualitas tidur. Selain itu, Anda juga perlu menghindari penggunaan gadget sebelum tidur. Paparan blue light dari smartphone mampu membuat mata menjadi fokus pada layar HP Anda. Sehingga, Anda akan berkonsentrasi penuh pada layar, membuat Anda sulit mengantuk dan mengalami gejala insomnia.

Selain itu, layar HP dengan tontonan yang menarik juga mampu membuat Anda ketagihan untuk terus menontonnya sebelum tidur. Sehingga, Anda akan melewatkan waktu tidur dan terjaga hingga pagi. Sebaiknya, Anda menjauhkan ponsel dari tempat tidur dan jika bisa, letakkan HP Anda di ruang lain sebelum tidur.

[1] Supriatmo, Fenny. 2016. Hubungan Kualitas dan Kuantitas Tidur dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran.  Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, Vol. 5(3): 140-147.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: