Tips Rambut Sehat Saat Disanggul ala Meghan Markle

Gaya rambut sanggul ala Meghan Markle (sumber: today.com)Gaya rambut sanggul ala Meghan Markle (sumber: today.com)

Sejak penampilannya yang spektakuler di acara pernikahan bersama Pangeran Harry, tatanan rambut Meghan Markle kerap menjadi sorotan publik. Tidak heran karena sanggul indahnya dibuat oleh seorang penata rambut terkemuka dari Inggris bernama George Northwood. Bentuk dan rangkaian treatment yang tak biasa untuk membuat sanggul milik Meghan, membuat orang bertanya-tanya, apa tips untuk rambut sehat supaya tidak rusak saat disanggul?

Dilansir dari Vogue, Northwood memang sudah lama bekerja dengan mantan artis California yang mendapat julukan Duchess of Sussex ini sebagai penata rambutnya selama ditunjuk menjadi calon anggota Kerajaan Inggris. Ia juga mengungkapkan, menata rambut Meghan adalah hak istimewa sekaligus kesempatan besar baginya. Tak lupa, penata rambut asal Inggris tersebut membagikan tips supaya rambut tetap sehat meskipun disanggul.

Tips Rambut Sehat Saat Disanggul

  • Saat Anda ingin menyanggul rambut, usahakan tidak terlalu berlebihan. Berlebihan saat menyasak rambut bisa membuat rambut Anda rusak. Untuk mengakalinya, Northwood menyarankan Anda menggunakan gaya undone wave. Seperti yang terlihat pada gaya rambut Duchess of Sussex pada hari-hari biasa, model seperti ini terlihat lebih natural dan memberikan kesan rambut yang sehat dan tidak bercabang. Anda juga tidak perlu repot untuk memangkas atau mengikat rambut terlalu ketat untuk menganggulnya.
  • Bagi Anda yang memiliki rambut sedikit atau tipis, hindari menggunakan sisir rat tail untuk menyasaknya dengan kekuatan penuh. Hal ini bisa membuat rambut sehat Anda terlihat kusut, kaku, dan rusak. Dilansir dari sumber yang sama, Northwood menyarankan Anda untuk menggunakan semprotan penambah volume. Ini akan membuat kesan bahwa rambut Anda terlihat tebal. Selain itu, Anda juga bisa membuat sedikit gelombang rambut di bagian dalam sanggul, sehingga rambut tidak perlu disasak dengan kekuatan penuh.
  • Hindari pelurus rambut atau mesin catok yang menggunakan panas berlebihan. Ada beberapa gaya sanggul rambut yang memerlukan mesin catok. Penggunaan alat pelurus rambut dengan panas berlebihan, dapat menyebabkan penumpukan listrik statis pada rambut, sehingga rambut akan terlihat lepek dan kaku. Sebagai tips, Anda bisa mengganti catokan rambut dengan penjepit rambut yang memiliki panas sedang dan tidak dicolokkan langsung ke listrik.
  • Lakukan trim secara berkala jika Anda memiliki rambut panjang. Sebelum disanggul, sebaiknya Anda memotong bagian ujung rambut Anda, terutama jika Anda memiliki masalah rambut bercabang. Ini akan meningkatkan kesehatan rambut sekaligus membantu proses regenerasi sel rambut dengan cepat.
  • Pakailah masker rambut sebelum dan sesudah disanggul. Masker rambut tidak harus berasal dari bahan kimia, karena Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan alami seperti seledri yang mengandung banyak nutrisi baik untuk rambut.[1] Perawatan rambut seperti ini sangat penting jika Anda ingin kondisi rambut tetap sehat saat dan setelah disanggul. Masker rambut juga harus dipakai secara rutin, minimal seminggu sekali untuk mencegah rambut rusak saat disanggul. Selain itu, masker akan membuat tekstur rambut menjadi lebih lembut dan mudah untuk ditata.
  • Sebelum rambut Anda disanggul, pastikan Anda sudah keramas dan rambut dalam keadaan kering. Rambut yang bersih akan mencegah adanya kontaminasi bakteri dengan produk tata rambut, seperti hairspray atau volume spray. Bakteri yang bercampur dengan produk penata rambut, biasanya berisiko kerusakan rambut, antara lain rambut rontok, rambut bercabang, dan rambut kusam.
  • Hindari penggunaan hair dryer panas sebelum disanggul. Kebanyakan orang yang ingin rambutnya kering setelah keramas untuk disanggul, sering memakai hairdryer. Northwood menyarankan Anda untuk mengangin-anginkan rambut, karena tidak berisiko mengubah tekstur rambut yang berakibat kerusakan.
  • Gunakan vitamin rambut sebelum rambut Anda disanggul. Sangat penting melengkapi kebutuhan nutrisi rambut, tidak hanya dengan mengonsumsi makanan bervitamin C dan berkalsium, tetapi juga memakai produk perawatan rambut yang mengandung vitamin. Paling tidak, Anda bisa mengoleskan 2 hingga 3 cairan vitamin ke rambut Anda secara merata sebelum disanggul. Ini tidak hanya mencegah rambut rusak saat disanggul, tetapi juga membuat rambut menjadi lebih berwarna dan tidak kusam.
Baca juga:  Tampilkan Kesan Lucu, Sweater Wanita Motif Pisang Jadi Tren

Selain melakukan tips di atas, Anda juga bisa meletakkan spons atau scrunchie di atas kepala untuk menambah volume sanggul. Ini akan mengurangi trik yang dipakai di rambut Anda, sehingga rambut tidak rusak dan tetap sehat setelah disanggul.

[1] Hindun, Hindun, dkk. 2017. Formulation Of Hair Tonic Combination Of Celery and Green Tea Leaves Ethanol Extract For Rabbit Hair Growth. Jurnal Ilmiah Farmako Bahari, Vol. 8(1): 21-33.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: