Lama Absen? Ini Tips Memulai Kembali Olahraga

Olahraga Kembali setelah Absen - www.t3.comOlahraga Kembali setelah Absen - www.t3.com

Olahraga merupakan salah satu bentuk rutinitas untuk mendukung hidup sehat sekaligus bermanfaat menjaga kualitas hidup seseorang.[1] Meskipun begitu, tidak semua orang bisa meluangkan waktunya untuk olahraga secara rutin. Bahkan, ada beberapa orang yang absen cukup lama dari rutinitas workout mereka. Setelah mangkir cukup lama, kebanyakan orang akan merasa malas untuk memulai kembali olahraga. Jika Anda termasuk demikian, bisa mencoba beberapa tips berikut untuk mengusir rasa malas Anda berolahraga.

Mulai dengan Gerakan Dasar

Dilansir dari Vogue, banyak orang yang memprioritaskan olahraga sebagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya untuk meningkatkan daya imun. Seiring waktu, banyak orang yang absen dan tidak melakukan olahraga rutin, karena stres, kegiatan yang cukup padat, dan fasilitas alat fitnes yang kurang memadai.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba mulai berolahraga dari gerakan dasar. Basic workout bisa Anda lakukan setelah Anda tidak berolahraga dalam waktu yang lama. Ini akan membantu mendorong motivasi Anda untuk berolahraga lagi.

Menurut instruktur pilates di Los Angeles bernama Amanda Kassar, hal-hal mendasar seperti gerakan-gerakan ringan (mengayunkan lengan dan kaki) dalam olahraga mampu membuat lebih percaya diri. Sehingga, tanpa disadari, Anda akan tertantang untuk melanjutkan workout ke level atau tahap berikutnya. Tips ini tidak membutuhkan banyak peralatan fitnes dan bisa dilakukan kapan saja, sehingga tidak mengganggu rutinitas Anda.

Baca juga:  Bagaimana Cara Memilih Tabir Surya yang Tepat?
Gerakan Dasar Olahraga - shockfitapp.com

Gerakan Dasar Olahraga – shockfitapp.com

Tetapkan Tujuan Termudah

Penting bagi Anda untuk mengetahui tujuan berolahraga supaya Anda bisa berolahraga secara rutin. Bagi sebagian besar orang, setelah tidak olahraga selama berbulan-bulan, akan merasa malas dan tidak memiliki tujuan untuk workout. Supaya tujuan Anda bisa diolah dengan tepat, Anda tidak harus menentukan olahraga untuk menguruskan badan atau untuk menambah massa otot. Olahraga seperti ini membutuhkan tenaga yang besar dengan proses yang cukup lama, sehingga kebanyakan orang merasa bosan.

Cukup dengan tujuan yang ringan, maka Anda tidak akan merasa bosan dan tetap optimistis untuk rutin berolahraga lagi. Sebagai contoh, Anda cukup memiliki tujuan melakukan workout untuk menjaga kesehatan badan Anda. Secara tidak sadar, jika ini terus dilakukan secara rutin, maka Anda akan mendapatkan berat badan proporsional.

Baca juga:  Tips Cegah Kulit Kering Akibat Sering Cuci Tangan

Buat Jadwal yang Fleksibel

Supaya Anda tidak absen lagi dalam berolahraga, pastikan Anda memiliki jadwal yang tepat. Buatlah jadwal sesuai dengan rutinitas harian Anda. Sebagai contoh, Anda bisa berolahraga sebelum melakukan aktivitas harian atau setelah rutinitas seperti kerja atau mengerjakan kegiatan rumah. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan workout rutin tanpa ada hambatan.

Selain itu, pastikan Anda mengukur waktu olahraga harian Anda. Olahraga yang tepat dimulai dari 10 hingga 30 menit setiap hari. Supaya jadwal Anda tidak berantakan, mungkin Anda bisa bangun lebih pagi untuk berolahraga selama 10 hingga 15 menit sebelum bekerja atau bersekolah.

Jika Anda tertinggal dan tidak sempat melakukan olahraga rutin, Anda bisa mencoba berolahraga sambil menjalankan aktivitas harian. Sebagai contoh, Anda bisa menyapu lantai dengan cara berlarian kecil atau berjalan bolak-balik di tangga sambil mengepel.

Olahraga bersama Teman - www.menshealth.com

Olahraga bersama Teman – www.menshealth.com

Jadikan Olahraga Hal yang Menyenangkan

Bagi Anda yang malas berolahraga karena terlalu lama tidak workout, Anda bisa membuat olahraga menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Jadikanlah olahraga sebagai hiburan untuk mengatasi stres dan depresi. Anda bisa menghubungkan hal-hal yang menyenangkan sambil berolahraga. Sebagai contoh, bagi Anda yang suka mendengarkan musik dan menari, tidak ada salahnya untuk mencoba gerakan zumba yang dipadukan dengan musik kesukaan Anda.

Baca juga:  Apa Saja Manfaat Singkong untuk Ibu Menyusui?

Olahraga juga akan terasa menyenangkan jika dilakukan beramai-ramai. Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk melakukan gerakan workout yang sederhana. Selain itu, tak ada salahnya untuk mencoba lari pagi atau bersepeda dengan saudara dan teman, yang akan menjadi momen mengasyikkan sekaligus cara untuk membuat hubungan antar anggota keluarga lebih erat.

Jika musik dan teman belum cukup, pilihlah tempat workout yang menyenangkan. Ada banyak tempat fitnes yang bisa Anda pilih untuk melakukan olahraga dengan nyaman dan biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, seperti area khusus thai boxing, kafe, dan lainnya.

[1] Oktriani, Seni,  Iyus Solihin, Lilis Komariyah. 2019. Physical Activity in Elderly: An Analysis of Type of Sport Taken by Elderly in Bandung. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. 4(1): 62-67.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: