Tips Mudah Menghilangkan Ketombe: Bukan Hanya Rambut, Nutrisi Diet Juga Penting

Rambut Berketombe - photofunonline.com Rambut Berketombe - photofunonline.com

Hampir sebagian besar dari Anda pasti sudah tak asing lagi dengan permasalahan ketombe alias dandruff. Ketombe adalah serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang mengelupas dan menempel pada rambut. Yang lebih menyebalkan, kadang serpihan ketombe ini juga akan terlihat menempel di bahu Anda, apalagi jika Anda memakai pakaian berwarna gelap. Kondisi ini kadang membuat tingkat kepercayaan diri seseorang bisa menurun secara drastis.

Ketombe sendiri bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, misalnya saja karena kondisi kulit, kepanasan akibat paparan alat styling seperti hair dryer atau alat catok, sisa shampoo yang tidak dibilas dengan bersih, kurangnya nutrisi tertentu seperti zat besi dan vitamin B, stres, mencuci rambut (keramas) terlalu sering atau terlalu jarang, faktor cuaca, hingga tak cocok produk rambut tertentu. Sebelum memutuskan untuk menghilangkan ketombe selamanya dari hidup Anda, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab rambut Anda menjadi berketombe.

Rambut Berketombe = infodaridokter.blogspot.com

Rambut Berketombe = infodaridokter.blogspot.com

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rambut yang berketombe. Berikut ini ulasan lengkapnya:

Rajin Menyikat Rambut

Menyikat rambut pada pagi dan malam bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan ketombe. Namun metode menyikat rambut ternyata tak boleh sembarangan. Anda harus menyikatnya secara lembut namun menyeluruh dengan sikat bulu-bulu. Sikat rambut dapat membantu meratakan minyak di seluruh rambut sekaligus melakukan pengelupasan. Di samping itu, sikat rambut juga dapat merangsang aliran darah di kulit kepala untuk melepaskan lebih banyak minyak dan membuka folikel rambut yang juga membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Gunakan Produk yang Tepat

Apabila Anda memiliki masalah ketombe, maka gunakanlah produk pembersih yang memang diperuntukkan bagi rambut ketombe, misalnya saja shampoo yang mengandung zinc pyrithione. Menurut dermatolog asal New York, Francesca Fusco, penggunaan produk dengan bahan tersebut secara teratur dapat membersihkan ketombe dan membuat rambut berkilau serta mudah diatur.

Mencuci Rambut Secara Rutin

Hal ini mungkin masih menimbulkan perdebatan hingga saat ini. Beberapa orang menentang anggapan keramas secara rutin, beberapa orang lagi justru mendukungnya. Namun jika Anda tak rutin keramas, maka dapat menyebabkan penumpukan produk pada rambut yang nantinya justru menyebabkan folikel rambut tersumbat dan memperburuk ketombe. Folikel rambut yang tersumbat justru memicu kulit kepala mengalami iritasi ringan, dan parahnya bisa sampai rontok. Oleh sebab itu beberapa penata rambut biasanya menganjurkan Anda untuk keramas sambil memijat kepala secara rutin setiap 3 hari sekali.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Bukan hanya kulit wajah dan tubuh saja yang membutuhkan nutrisi, tetapi juga kulit kepala Anda. Kulit kepala membutuhkan asupan makanan yang mengandung asam lemak omega dan Anda pun dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan diet yang seimbang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: