Tips Menyusui Aman & Nyaman di Ruang Publik

undang-undang, menyusui, di, ruang, area, publik, restoran, amerika, serikat, indonesia, daerah, pemerintah, menteri, ideal, bayi, ibu, pakaian, makanan, pakaian, nursing, cup, khusus, cover, bahan, nyaman, aman, tips Sekelompok ibu dengan santai menyusui di tempat umum (sumber: abetterstartsouthend.com)

Selama beberapa tahun, sebagian besar regulasi negara Barat telah memperlakukan secara tidak menyenangkan. Salah satunya adalah ketika ibu sedang anaknya di , seperti di restoran. Hal ini sempat memicu kontroversi.

Dapat diambil contoh di negara Amerika Serikat. Sebelum negara bagian di Amerika Serikat mengeluarkan undang-undang, ada sedikit bantuan untuk orang tua dalam insiden yang berkaitan dengan menyusui. Bahkan, menyusui dapat didenda sebagai tindakan ketidaksenonohan publik jika petugas penegak hukum menanggapi keluhan dalam beberapa situasi.

Seperti di Utah, AS, sempat terjadi kesulitan ketika akan mengesahkan undang-undang perlindungan menyusui karena sedikitnya dukungan dari anggota dewan yang hadir dalam rapat. Sempat ada yang menyatakan bahwa seharusnya tidak masalah jika ada ibu menyusui dalam keadaan dada () yang terbuka atau tertutup.

Salah satu anggota dewan, Justin Fawson, mengatakan bahwa ia berpendapat sebaiknya di ruang publik ada ruang khusus untuk ibu menyusui yang dapat memberikan kenyamanan bagi ibu dan juga bayinya.

Tetapi, kini, telah ada undang-undang yang mengesahkan undang-undang mengenai menyusui di area publik. Sulitnya undang-undang tentang menyusui di area publik disahkan dinilai karena sedikitnya anggota dewan . Sehingga, pada saat rapat pengesahan, sebagian besar diisi oleh kaum pria.

Secara keseluruhan, undang-undang penting untuk disahkan karena banyak orang menilai kegiatan menyusui sebagai sesuatu yang bersifat seksual. Orang-orang merasa memberi makan dengan menyusui sebagai sesuatu yang tidak sopan.

undang-undang, menyusui, di, ruang, area, publik, restoran, amerika, serikat, indonesia, daerah, pemerintah, menteri, ideal, bayi, ibu, pakaian, makanan, pakaian, nursing, cup, khusus, cover, bahan, nyaman, aman, tips

Ibu menyusui di dalam ruangan

Ada beberapa keluhan umum yang mendorong pemerintah mengesahkan undang-undang mengenai menyusui, antara lain:

  • Tidak ada hal yang bersifat seksual dalam kaitannya dengan menyusui. Payudara secara biologis dirancang untuk memberi makan bayi. Mungkin saja memang payudara memiliki fungsi seksual, hanya saja, dalam hal ini kaitannya dengan memberi makan bayi. Kedua fungsi payudara tentu saja berbeda.
  • Jika Anda tidak ingin melihat seseorang sedang menyusui, sebaiknya tidak melihat atau mengalihkan pandangan. Dengan mengalihkan pandangan, dinilai akan jauh lebih baik daripada Anda harus mengusir seorang ibu ketika sedang menyusui bayi mereka di area publik.
  • Menyusui merupakan tugas ibu sebagai orang tua. Memiliki seorang bayi mungkin tidak bisa dikatakan sebagai hal yang mudah. Coba berikan orang tua semacam penghargaan dan toleransi dengan tetap menjaga kenyamanan, salah satunya dengan tidak memberi perlakuan kurang menyenangkan ketika menyusui.

Walaupun kini sudah ada undang-undang yang menghormati ibu menyusui di ruang publik, tetapi ada baiknya di tempat tertentu ada ruang khusus menyusui. Di Indonesia, memang sudah ada peraturan daerah bahkan peraturan menteri yang mengatur tentang ruang menyusui. Peraturan pembangunan di beberapa kota di Indonesia sudah mewajibkan para developer untuk menyediakan ruang khusus bagi ibu menyusui.

Namun sayangnya, yang menjadi masalah adalah konsep peraturan yang telah dibuat dengan baik belum terimplementasikan sebagaimana mestinya. Dalam artian bahwa sudah banyak ditemukan ruang khusus menyusui, seperti di mall-mall atau perkantoran, tapi apakah ruang tersebut telah memenuhi ketentuan ideal yang harus dipenuhi?

Padahal, kalau melihat aspirasi Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), yang diminta sebetulnya ruang menyusui yang ideal itu cukup simpel dan murah. Yaitu ruang tertutup yang kira-kira cukup untuk 2-5 orang ibu dengan sekat kain untuk memberikan ruang privasi satu sama lain.

undang-undang, menyusui, di, ruang, area, publik, restoran, amerika, serikat, indonesia, daerah, pemerintah, menteri, ideal, bayi, ibu, pakaian, makanan, pakaian, nursing, cup, khusus, cover, bahan, nyaman, aman, tips

Ibu menyusui sendirian di tempat umum (sumber: laleche.org.uk)

Jika Anda adalah ibu menyusui dan sedang berjalan-jalan ke suatu tempat tertentu, dan tidak menemukan ruang menyusui, mungkin tips berikut ini dapat dicontoh supaya menyusui tetap bisa dilakukan secara aman dan nyaman.

  • Berlatih terlebih dahulu. Menyusui di tempat umum mungkin tidak sebebas ketika menyusui di dalam rumah. Perlu -cara khusus untuk menutupi payudara dan agar tidak menarik perhatian orang-orang. Karena itu, ibu bisa berlatih dulu di rumah agar lebih siap ketika harus menyusui di tempat umum. Caranya, berlatihlah di depan cermin untuk melihat posisi bagaimana yang dapat melindungi bagian pribadi ibu ketika menyusui.
  • Kenakan busana yang mendukung. Jika ingin bepergian ke luar rumah, gunakan baju yang dapat memudahkan ibu untuk menyusui. Paling baik, jika ibu mengenakan baju khusus untuk menyusui. Tapi kemeja juga bisa menjadi alternatif busana untuk menyusui, karena kancing-kancingnya mudah dibuka. Ibu juga bisa mengenakan baju dua lapis, dan menggunakan lapisan luar sebagai penutup ketika sedang menyusui.
  • Perhatikan juga kenyamanan bayi. Selain memikirkan cara untuk menutupi bagian payudara ibu, kenyamanan bayi juga harus diperhatikan. Ibu bisa memakai nursing cover atau lapisan luar baju terkadang dapat membuat bayi kesulitan bernapas. Pilihlah jenis penutup yang dapat memberikan ruang udara bagi si kecil untuk bernapas, seperti cardigan atau sweater, selendang, atau selimut tipis.
  • Gunakan bra khusus untuk menyusui. Bra khusus menyusui memiliki cup yang mudah dibuka hanya dengan menggunakan satu tangan. Namun, perlu dua tangan untuk memasangnya kembali, sehingga ibu harus berlatih untuk mengenakannya. Saat ini, sudah banyak dijual bra khusus menyusui dengan berbagai desain yang dapat ibu pilih sesuai kenyamanan ibu.
  • Temukan tempat terbaik. Jika tempat yang ibu kunjungi tidak memiliki ruangan menyusui, carilah tempat yang tidak terlalu ramai agar ibu dapat memiliki privasi dan dapat dengan nyaman menyusui. Ibu dapat memilih tempat seperti di tempat duduk paling pinggir di sebuah restoran, di sudut tempat duduk di balik tanaman, dan lain-lain. Tapi hindari menyusui di dalam toilet karena tidak nyaman untuk si kecil dan juga ibu.

Supaya kegiatan menyusui dapat terjadi dengan nyaman dan aman, sebaiknya lakukan  dengan sewajarnya agar tidak menarik perhatian orang. Bungkukkan badan dengan santai saat membuka baju dan memasukkan puting ke mulut bayi. Lalu setelah selesai, segera rapikan kembali baju dan tegakkan badan. Jika ada seseorang yang memerhatikan ibu, balaslah dengan balik memandangnya sambil tersenyum. Dengan begitu, orang tersebut akan segera mengalihkan perhatian mereka.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: