Jangan Asal, Berikut Tips Menyewa Pengasuh Anak

Ilustrasi: mempekerjakan pengasuh anakIlustrasi: mempekerjakan pengasuh anak

Keluarga adalah rumah pertama bagi anak yang baru lahir, tetapi bagaimana jika orang tua sibuk dengan pekerjaannya? Untungnya saat ini ada jasa pengasuh anak atau biasa dikenal dengan baby sitter. Namun, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum menyewa pengasuh anak untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Berkembangnya kasus kekerasan yang dilakukan pengasuh anak menjadi alasan timbulnya rasa cemas para orang tua untuk menggunakan jasa baby sitter.[1] Selain itu, masih banyak ditemukan kasus pengasuh anak gadungan yang bukan berasal dari agen penyalur resmi sehingga belum memenuhi standar kompetensi menjadi pengasuh yang baik. Semua hal ini bisa dicegah dengan melakukan tips berikut.

Pilih Pengasuh dari Kerabat Sendiri

Dilansir dari Harvard Health Publishing, mempekerjakan pengasuh anak untuk datang ke rumah bisa menjadi cara efektif untuk terus hidup mandiri meskipun ada tantangan fisik dan kognitif. Pengasuh tidak hanya akan membantu Anda mengurus anak, tetapi juga tugas harian. Beberapa baby sitter juga bisa memasak, menyiapkan makanan, mengelola obat-obatan, membantu anak mandi, mencuci pakaian, dan membersihkan rumah.

Baca juga:  5 Kelebihan Homeschooling Dibandingkan Pendidikan Formal

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mempekerjakan sembarang orang. Sebaiknya Anda memilih baby sitter yang sudah Anda kenal. Ini akan mempermudah Anda dalam berkomunikasi dan mengatur pekerjaannya tanpa rasa cemas atau khawatir, karena Anda sudah percaya kepada orang tersebut.

Sebagai saran, Anda bisa memilih kerabat terdekat yang mungkin membutuhkan pekerjaan. Selain bisa membantu kerabat menemukan pekerjaan baru, Anda juga tidak perlu ragu untuk bertukar informasi penting. Seperti yang kita ketahui, rahasia penting anak akan sangat berbahaya jika didengar orang yang tidak tepat. Inilah alasan banyak orang lebih percaya kerabat daripada orang lain untuk mengasuh anak mereka.

Cari Tahu Detail Identitas Pengasuh

Ilustrasi: mengasuh anak

Ilustrasi: mengasuh anak

Seorang kepala asosiasi gerontologi dari Beth Israel Deaconess Medical Center bernama Suzane Salamon menyarankan untuk mencari tahu siapa saja pengasuh yang akan dipekerjakan di rumah Anda jika Anda memilih mencari pengasuh melalui sebuah perusahaan jasa perawat anak swasta. Tidak semua perusahaan seperti ini mempekerjakan satu orang untuk satu keluarga dan bisa lebih dari dua orang.

Baca juga:  Produk Susu Formula yang Diklaim Bisa Bikin Bayi Gemuk

Pekerja yang dipekerjakan biasanya akan bergantian mengurus anak dan membantu kegiatan rumah tangga. Sebagai contoh, mungkin hari ini Anda akan mendapatkan pekerja A yang akan mengasuh anak dan dua hari kemudian adalah pekerja B. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda harus mengetahui siapa saja yang akan bekerja di rumah Anda dan berapa orang jumlahnya, apalagi jika mereka adalah pekerja harian.

Dengan mengetahui orang yang akan datang ke rumah, Anda bisa mencegah adanya baby sitter ilegal atau gadungan yang mengaku dari perusahaan tersebut. Selain itu, pastikan Anda mengetahui informasi detail pergantian jadwal dan waktu cuti masing-masing pegawai untuk mengatur sistem kerja mereka di rumah.

Ketahui Anggaran untuk Pengasuh Anak

Dilansir dari FIMELA, mengetahui anggaran adalah salah satu poin penting saat menyewa pengasuh. Hal ini akan menentukan seberapa besar gaji yang bisa Anda berikan kepada pengasuh dan biasanya ini juga menentukan seberapa mungkin seorang pengasuh ingin bekerja di tempat Anda. Namun, Anda juga perlu menyesuaikan gaji dan keterampilan baby sitter yang ingin Anda sewa.

Baca juga:  Tanda-tanda Hamil 2 Minggu, Prediksi Gejalanya!

Selain itu, dengan anggaran yang Anda miliki, Anda bisa menentukan apakah Anda mampu menyewa pengasuh harian atau pengasuh tinggal. Baby sitter harian adalah pekerja yang hanya melakukan tugasnya dari pagi hingga sore dan tidak tinggal di rumah Anda. Sementara, pengasuh tinggal adalah pekerja yang melaksanakan tugas rumah dan mengasuh anak setiap hari dan tinggal dengan Anda.

Biasanya, biaya yang harus dikeluarkan untuk gaji pengasuh harian lebih murah dibandingkan pengasuh tinggal. Hal ini karena Anda tidak perlu menuntut pekerja harian untuk mengasuh anak di malam hari, menjaga rumah, atau membantu menyiapkan makan malam. Meskipun begitu, beberapa orang lebih memilih baby sitter tinggal, karena bisa membantu mereka menjaga anak selagi orang tuanya pergi berhari-hari untuk kerja, berlibur, atau mengunjungi kerabat.

[1] Widiastuti, Novi, Agus Gunawan, Rr. Erna Hernawati. 2013. Pelatihan In-Service terhadap Kompetensi Babysitter. Jurnal Empowerment STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 2(1): 16-37.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: