Apa Saja Tips Menjaga Kesehatan Kaki?

Ilustrasi: mengistirahatkan kakiIlustrasi: mengistirahatkan kaki

Saat libur sekolah atau libur cuti bersama, kebanyakan orang lebih memilih untuk bersantai di rumah. Ini membuat mereka menjadi malas dan tidak ingin berolahraga atau sekadar menggerakkan kaki. Akibatnya, setelah libur selesai, banyak yang merasakan nyeri di bagian tumit atau betis. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan kaki supaya hal tersebut tidak terjadi pada Anda?

Jangan Sering Melepas Alas Kaki

Saat liburan tiba, banyak orang lebih suka di rumah saja dengan bertelanjang kaki. Meskipun ini terbilang nyaman dan lantai Anda bersih, sebaiknya Anda menghindarinya jika waktunya terlalu lama. Tidak memakai alas kaki selama berjam-jam, mungkin tidak masalah, jika rumah Anda memang aman dan tidak ada benda-benda yang berserakan.

Namun, tidak memakai sandal di dalam rumah dapat membuat beberapa orang mudah mengalami gangguan, seperti masuk angin, kulit tumit yang menebal, dan gangguan kesehatan kaki lainnya. Beberapa orang juga sering terluka di bagian ujung jari akibat terkena benda tumpul yang tak sengaja terinjak.

Jangan Paksa Diri untuk Berolahraga

Saat libur tiba, banyak orang memilih berolahraga di rumah. Dilansir dari HuffPost, orang-orang juga sering melakukan olahraga berat di rumah tanpa alas kaki. Ini membuat mereka merasakan nyeri tak tertahankan di bagian kaki. Kondisi ini biasa disebut dengan fasciitis plantaris.

Baca juga:  Bagaimana Cara Mengurangi Risiko Cacat Lahir pada Bayi?
Ilustrasi: olahraga kaki

Ilustrasi: olahraga kaki

Penyakit fasciitis plantaris adalah suatu kondisi terjadinya peradangan yang terjadi akibat overstretch pada fascia plantaris. Hal ini dikarenakan terjadinya penguluran atau adanya beban yang berlebihan pada arkus longitudinal atau hilangnya arkus longitudinal.[1] Penyakit ini juga sering diderita oleh orang yang bermain bola tenis tanpa menggunakan sepatu tenis.

Lakukan Olahraga Kaki

Olahraga sangat penting, tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga kaki. Olahraga kaki, seperti jogging, lari pagi, dan bersepeda, bisa Anda lakukan setiap hari saat berlibur. Anda tidak harus melakukannya di luar rumah, tetapi bisa dilakukan di halaman rumah. Anda bisa sekadar berlari kecil di halaman atau di tempat.

Cara tersebut akan membakar kalori tubuh sekaligus melemaskan otot kaki yang tegang akibat tidak pernah bergerak selama liburan. Selain itu, berlari kecil dan bersepeda bisa melancarkan peredaran darah di bagian kaki, sehingga Anda akan terhindar dari kram otot atau nyeri tumit.

Baca juga:  Tips Melakukan Perawatan Kulit Wajah Sesuai Usia

Pijat Kaki

Pijat kaki tidak hanya dilakukan untuk menghilangkan lelah. Cara ini bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kaki dan melancarkan peredaran darah. Pijat kaki tidak harus Anda lakukan di salon kecantikan atau tempat panti pijat. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah.

Sebelum atau sesudah mandi, pijat bagian ujung jari kaki hingga ke betis dengan pola memutar. Selanjutnya, tekan bagian jari kaki dalam dan tarik hingga terdengar suara seperti patahan. Ini akan membuat jari-jari kaki dan otot di sekitar betis menjadi lebih rileks. Selain itu, cara ini bisa membuat kaki Anda terlihat lebih ramping dan terhindar dari kemungkinan pertumbuhan kaki yang melebar.

Ilustrasi: pijat kaki

Ilustrasi: pijat kaki

Potong Kuku

Selama liburan, Anda sebaiknya tidak malas untuk menggunting kuku kaki. Kebanyakan orang malas untuk merawat kuku kaki mereka dan lebih memperhatikan kuku tangan. Meskipun letaknya di bawah dan cenderung tidak terlihat, kuku kaki yang tidak dirawat bisa mendatangkan masalah, di antaranya pertumbuhan kuku tidak normal, luka di jari kaki, dan bau kaki.

Potonglah kuku Anda secara rutin, setidaknya 2 minggu sekali. Selain akan terhindar dari masalah di atas, kuku kaki yang terawat juga akan membuat Anda lebih percaya diri. Meskipun liburan, terkadang penampilan juga penting. Apalagi jika ada teman atau keluarga yang singgah ke rumah.

Baca juga:  Kesalahan Yang Perlu Dihindari Sebelum & Ketika Berolahraga

Itulah sejumlah cara untuk menjaga kesehatan kaki. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan pelembap untuk kaki Anda. Kulit kaki juga butuh perawatan, terutama bagian tumit dan ujung jari. Bagian ini sering mengalami penebalan, kekeringan, dan pecah-pecah. Telapak kaki yang sudah pecah-pecah akan sulit dikembalikan seperti semula. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengoleskan pelembap.

Meskipun Anda sedang berlibur, sebaiknya tidak malas merawat diri, terutama bagian kaki. Jika Anda sudah merasakan gejala kaki pecah-pecah atau kering, sebaiknya segera mengoleskan lotion atau cream khusus kaki. Ini akan membuat kulit kaki menjadi lebih sehat dan halus.

[1] Muawanah, Siti &  Iit Selviani. 2018. Penambahan Neuromuscular Tapping Lebih Baik daripada Ultrasoud Saja untuk Menurunkan Nyeri pada Kasus Plantar Fascitis. Jurnal Ilmiah Fisioterapi (Jif) Universitas Abdurrab, Vol. 1(2): 47-59.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: