Tips Simpel untuk Meningkatkan Keinginan Berolahraga

Meningkatkan Keinginan Berolahraga - www.runnersworld.comMeningkatkan Keinginan Berolahraga - www.runnersworld.com

Kebiasaan berolahraga tampaknya tidak semua orang memilikinya. Banyak sekali orang, terutama dari kalangan dewasa, yang masih bermalas-malasan jika harus berolahraga. Bagi mereka, sangat sulit untuk memulai berolahraga secara rutin padahal banyak sekali cara sederhana untuk meningkatkan kebiasaan ini. 

Banyak orang tidak sadar jika dengan melakukan olahraga, tidak hanya berdampak pada kesehatan saja, tetapi juga keindahan tubuh. Inilah mengapa pentingnya bagi setiap orang untuk memiliki waktu tersendiri dan membangun latihannya sendiri dalam berolahraga. 

Seperti yang kita tahu, sudah banyak sekali gymnasium dibangun sebagai tempat latihan berolahraga rutin. Pergi ke gym secara teratur atau melakukan olahraga secara rutin merupakan salah satu tindakan luar biasa. Namun, membangun latihan untuk berolahraga rutin memang tidak bisa secara langsung, ada tahapan-tahapan yang perlu dilewati. 

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan bentuk tubuh indah, Anda perlu melakukan olahraga secara rutin. Diketahui dari sebuah penelitian, melakukan olahraga rutin setiap harinya selama 45 menit dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Dengan ini pula, seseorang tidak akan mudah terkena penyakit ringan maupun kronis. Dan, dengan melakukan olahraga secara rutin, sangat baik bagi Anda yang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Tampaknya, berolahraga dengan rutin dapat membantu proses penghancuran lemak di tubuh lebih cepat. 

Wanita sedang Berolahraga - www.pineandlakes.com

Wanita sedang Berolahraga – www.pineandlakes.com

Tips Meningkatkan Keinginan Berolahraga Rutin

Mencari Jenis Olahraga yang Cocok 

Ada banyak sekali jenis olahraga di luar sana. Beberapa jenis olahraga mungkin membuat Anda merasa semakin malas melakukan olahraga secara rutin. Ada baiknya jika Anda mengganti jenis olahraga tersebut dengan jenis olahraga yang Anda sukai. Pastikan terlebih dahulu jika jenis olahraga tersebut juga cocok untuk tubuh Anda.

Beberapa orang mungkin menyukai jenis olahraga dengan gerak cepat, namun beberapa di antaranya memiliki fisik dan energi yang tidak cocok. Hal ini dapat menyebabkan beberapa keluhan, seperti mudah lelah saat berolahraga, menurunnya tingkat semangat saat olahraga, dan merasa cepat bosan. 

Untuk itu, perhatikan juga apakah tubuh Anda cocok dengan pilihan olahraga Anda. Dan, yang paling penting, olahraga pilihan Anda harus menyenangkan. Ketika Anda merasa senang saat melakukan olahraga tersebut, tanpa disadari Anda akan melakukan olahraga itu secara terus-menerus. 

Atur Durasi Olahraga Secara Bertahap

Untuk mulai meningkatkan keinginan berolahraga secara rutin, Anda tidak harus melakukan olahraga dengan durasi lama di awal. Yang perlu Anda lakukan yaitu mengatur durasi olahraga secara bertahap. Dan, jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan yang dilakukan di awal, bertujuan untuk membuat otot-otot tubuh menjadi lebih lentur dan menghindari kram otot.

Setelah Anda melakukan pemanasan, Anda bisa mulai dengan melakukan olahraga selama 7 menit di hari pertama. Lakukan olahraga dengan durasi tahap awal selama 7 hari hingga Anda terbiasa. Jika Anda sudah merasa cukup terbiasa, naikkan durasi olahraga Anda menjadi lebih lama, yaitu sekitar 15 menit.

Lakukan tahapan tersebut hingga Anda terbiasa dan terus lakukan hingga durasi Anda menjadi 45 menit. Dengan begini, Anda bisa mulai melakukan olahraga rutin dengan durasi 45 menit. Ini merupakan durasi yang cukup untuk membuat tubuh Anda lebih sehat. Namun, bagi Anda yang ingin memiliki tubuh indah, Anda bisa menambah durasi olahraga hingga 90 menit dengan jenis olahraga ringan.

Melakukan Olahraga Lari Pagi - time.com

Melakukan Olahraga Lari Pagi – time.com

Mencatat Jadwal Olahraga

Sangat penting bagi Anda yang ingin melakukan olahraga rutin untuk mencatat dan membuat jadwal. Pastikan Anda mencatat dan membuat jadwal olahraga rutin tidak secara asal-asalan. Buatlah jadwal olahraga rutin sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda mampu berolahraga setiap hari, maka catatlah jadwal Anda dan beri tanda bahwa Anda sudah melakukan olahraga setiap harinya. 

Cocokkan juga dengan waktu yang bisa Anda berikan untuk berolahraga. Setiap orang tentunya memiliki aktivitas dengan jadwal berbeda-beda. Jika Anda memiliki waktu luang sedikit, pastikan Anda meluangkan sedikit waktu dari waktu luang Anda untuk berolahraga. Akan lebih baik jika Anda memilih hari libur. 

Agar Anda tidak malas, Anda juga bisa memberikan sanksi khusus untuk diri sendiri jika tidak melakukan olahraga. Sanksi yang Anda buat tentu harus terikat dengan jadwal buatan Anda sendiri. Dan, usahakan untuk tidak terlalu sering mengubah jadwal olahraga rutin Anda. Anda bisa mengganti jadwal sesekali jika keadaan memang mendesak saja.

Memberi Penghargaan untuk Diri Sendiri

Menurut seorang olahragawan bernama Gardiner, untuk meningkatkan keinginan berolahraga secara rutin, maka seseorang harus diberi penghargaan. Penghargaan yang diberikan tentu bukan makanan, tetapi bisa bersantai ataupun menikmati liburan. Dengan adanya penghargaan ini, seseorang bisa lebih semangat dalam menjalani olahraga secara rutin.

Di setiap jadwal, juga bisa disisipkan jika Anda melakukan olahraga secara rutin, maka setiap bulannya Anda bisa menikmati waktu luang untuk beristirahat. Atau, Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya sesuai dengan keinginan Anda. Penghargaan ini tentunya diberikan jika Anda berhasil melakukan olahraga sesuai dengan jadwal. Jika Anda tidak melakukan olahraga rutin sesuai dengan jadwal, sebagai sanksi, Anda juga bisa tidak mendapatkan penghargaan tersebut.

Itulah beberapa cara simpel yang bisa Anda lakukan sendiri untuk meningkatkan keinginan dan semangat melakukan olahraga secara rutin. Ada baiknya jika sebelum melakukan olahraga, Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Dan, setelah melakukan olahraga Anda juga perlu melakukan pendinginan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: