Tips Ampuh Hilangkan Kaki Stroberi dengan Mudah

Ilustrasi: kulit kaki sehatIlustrasi: kulit kaki sehat

Seringkali kita melihat bintik-bintik hitam di atas permukaan kulit, seperti betis dan paha. Apalagi bagi Anda yang memiliki warna kulit cenderung gelap. Bintik-bintik hitam tersebut lebih dikenal dengan kaki stroberi. Namun, tidak perlu galau, karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kaki stroberi dengan mudah dan sederhana.

Dilansir dari Women’s Health, kaki stroberi disebabkan oleh banyak faktor, seperti mencukur bulu kaki yang kurang tepat, pertumbuhan bulu kaki yang terlalu cepat, kondisi kulit, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, sebenarnya sudah ada banyak produk perawatan kulit di luar sana yang bisa Anda gunakan. Sayangnya, produk-produk tersebut memiliki harga yang mahal. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan bahan-bahan seadanya dengan harga yang lebih hemat.

Penyebab Kaki Stroberi

Menurut Sapna Patel, MD, seorang dokter kulit di New York, kaki stroberi merupakan bintik-bintik yang menyerupai titik-titik hitam kecil. Istilah ini berasal dari penampilan bintik-bintik yang menyerupai kulit dan biji stroberi. Bintik-bintik pada kulit tersebut merupakan komedo terbuka yang menyebabkan munculnya kaki stroberi.

Kaki stroberi terbentuk akibat folikel rambut atau pori-pori yang membesar. Pori-pori pada kulit yang membesar tersebut mengandung campuran minyak, bakteri, dan kulit mati yang terperangkap. Ketika folikel atau pori-pori tersebut terkena udara setelah bercukur, akan menjadi gelap. Selain itu, kaki stroberi juga dapat disebabkan oleh kelainan kulit yang disebut keratosis pilaris.

Baca juga:  Pond’s Acne Solution Anti-Acne Daily Expert Gel Moisturizer, Klaim Mampu Atasi Jerawat Dalam 3 Hari

“Bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh keratosis pilaris sebagian besar terjadi pada lengan luar atas, paha, pipi, dan jarang pada kaki bagian bawah,” tutur Leonard Bernstein, MD, dokter kulit di New York. “Ini adalah kondisi ketika ada jumlah keratin dan kerak yang terlalu banyak menempel di lubang folikel atau pori-pori kulit.”

Kaki wanita

Kaki wanita

Anda pun perlu waspada saat menggunakan pisau cukur untuk mencukur bulu kaki. Pisau cukur yang sudah tumpul dan tidak bisa digunakan lagi, sebaiknya tidak digunakan. Pisau cukur yang tumpul, selain dapat melukai kulit, juga menyebabkan titik-titik hitam. Kaki stroberi juga tidak boleh dicukur menggunakan alat yang tumpul, karena dapat berkembang dengan cepat.

Pastikan juga jika Anda ingin mencukur bulu kaki, cukurlah dengan cara yang tepat. Mainkan pisau cukur sesuai dengan arah pertumbuhan rambut. Selain mencegah kulit tergores, ini tidak akan menyebabkan kaki stroberi. Cara mencukur yang tidak tepat akan membuat rambut tumbuh ke dalam, dan inilah penyebab kaki stroberi secara umum.

Baca juga:  Berbagai Produk Garnier Untuk Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

“Mencukur secara tidak benar dengan pisau cukur tua yang kusam atau tanpa krim cukur terkadang dapat menyebabkan kaki stroberi,” sambung Dr. Patel. “Pada beberapa orang dengan rambut tubuh tebal, rambut yang tumbuh ke dalam ini mungkin menjadi penyebab munculnya kaki stroberi.”

Cara Menghilangkan Kaki Stroberi

Untuk menghilangkan kaki stroberi, Anda harus menukar pisau cukur Anda terlebih dahulu dengan yang baru dan bersih. Perhatikan juga kapan Anda harus mengganti pisau cukur Anda. Pisau cukur setidaknya harus diganti sebanyak 4 kali hingga 5 kali dalam satu bulan pemakaian.

Pisau cukur yang bersih dan tajam, tidak membuat bakteri pada pisau bersarang di pori-pori kulit Anda. Jika ada bakteri yang bersarang di dalam pori-pori, akan menyebabkan bintik-bintik pada kulit dan menghitam seiring berjalannya waktu.

Setelah Anda mengganti pisau cukur, oleskan krim cukur pada kaki Anda. Untuk menghilangkan kaki stroberi dengan cara mencukur, pastikan sudah ada sedikit bulu kaki yang tumbuh. Cukur bulu kaki ke arah tumbuhnya rambut dengan perlahan. Lakukan hal tersebut secara rutin agar kaki stroberi Anda berangsur hilang.

Mencukur bulu kaki (sumber: medicalnewstoday.com)

Mencukur bulu kaki (sumber: medicalnewstoday.com)

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan memakai sabun antibakteri sebelum bercukur. Penggunaan sabun antibakteri dapat mencegah terjadinya infeksi serta mengurangi kadar bakteri yang terjebak dalam pori-pori kulit.[1] Setelah menggunakan sabun antibakteri, bilas kulit kaki menggunakan air dan pelembap. Patel menyarankan untuk menggunakan pelembap dengan kandungan asam laktat atau urea yang akan mengelupas kulit dan membantu mencegah rambut tumbuh ke dalam.

Baca juga:  Perimenopause: Fase Transisi ‘Menyakitkan’ Menjelang Menopause

Selain itu, Anda pun bisa menggunakan air timun untuk mengatasi kaki stroberi. Potong buah timun kecil-kecil dan masukkan ke dalam blender, lalu saring dan oleskan ke kulit kaki. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

[1] Rosdiyawati, Riski. 2014. Uji Efektivitas Antibakteri Sediaan Sabun Mandi Cair Minyak Atsiri Kulit Buah Jeruk Pontianak (Citrus nobilis Lour. Var. microcarpa) terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli (Skripsi). Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: