Tips Hentikan Kebiasaan Makan Makanan Tidak Sehat Saat Stres

Makan Makanan Sehat - www.prevention.comMakan Makanan Sehat - www.prevention.com

Ada banyak hal yang bisa membuat Anda memiliki kebiasaan makan yang berlebihan dan tidak sehat, salah satunya adalah stres. Ini adalah hal yang wajar, namun bisa berisiko jika tidak dihentikan. Menghentikan kebiasaan seperti ini memang tidak mudah, tetapi ada beberapa cara simpel yang bisa Anda coba di rumah.

Bahaya Makan Makanan Tidak Sehat Saat Stres

Stres bisa memengaruhi pola makan dan kebiasaan seseorang. Pada keadaan stres, seseorang cenderung lupa dengan kebutuhan dasar, seperti makanan.[1] Apabila asupan makanan memiliki gizi yang rendah dan berlangsung dalam jangka panjang, seseorang akan mengalami defisiensi nutrisi yang bisa berakibat pada penurunan status gizi.

Dilansir dari HuffPost, stres bisa memicu pelepasan hormon kortisol yang membuat perut merasa lapar dan membuat Anda mencari makanan, terutama makanan cepat saji, untuk menenangkan jiwa yang tidak tenang. Secara umum, makanan cepat saji seperti ini terbilang kurang memenuhi kebutuhan gizi Anda.

Selain itu, beberapa jenis makanan cepat saji, seperti kentang goreng, ayam goreng, burger, dan mie instan, memiliki kandungan kalori dan lemak yang cukup tinggi. Ini menjadi salah satu penyebab, mengapa orang stres bisa memiliki berat badan berlebihan. Meskipun begitu, ada juga orang stres yang mengalami penurunan berat badan, karena mereka terlalu sering menahan rasa lapar dan memilih untuk tidak memenuhi hasrat lapar akibat aktivitas hormon kortisol.

Baca juga:  Alasan Banyak Orang AS Hapus Aplikasi Pelacak Menstruasi

Menggunakan makanan cepat saji, yang dinilai sebagai makanan tidak sehat, sebagai mekanisme untuk situasi stres memang terbilang sangat membantu. Cara ini tidak hanya bisa meredakan stres dengan cepat, tetapi juga mengurangi rasa cemas secara berlebihan. Ini karena Anda bisa mendapatkan makanan dengan cepat saat situasi mendesak.

Makanaan Tidak Sehat - www.dailymail.co.uk

Makanaan Tidak Sehat – www.dailymail.co.uk

Meskipun memiliki manfaat baik untuk meredakan stres, kebiasaan makan makanan tidak sehat menyebabkan banyak kerugian. Kerugian yang Anda dapatkan tidak hanya terkait dengan tabungan yang menipis, karena harga makanan cepat saji terbilang tidak murah, tetapi juga kesehatan yang semakin memburuk. Bisa dibilang, makanan tidak sehat adalah bumerang bagi Anda yang stres.

Makanan cepat saji atau tidak sehat bisa menyebabkan beberapa penyakit, mulai dari diabetes, penumpukan kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gangguan pada jantung. Selain itu, makanan yang tidak sehat biasanya memiliki efek samping bisa membuat kecanduan. Ini karena zat kimia serta penyedap rasa yang terkandung di dalam bumbunya. Ini juga alasan, mengapa banyak orang kecanduan atau lebih suka mengonsumsi makanan cepat saji dibandingkan masakan sendiri.

Baca juga:  Nutrilon Produksi Dua Varian Berbeda, Apa Perbedaan Nutribaby Reguler dan Nutribaby Royal?

Supaya Anda terhindar dari risiko tersebut, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan makan makanan tidak sehat saat stres. Menghentikan kebiasaan tersebut memang tidak mudah dan diperlukan waktu yang relatif lama. Lalu, bagaimana cara menghentikan kebiasaan makan saat stres?

Cara Hentikan Makan Makanan Tidak Sehat Saat Stres

  • Mengganti camilan yang tidak sehat dengan yang lebih sehat. Bagi Anda yang terbiasa membeli makanan tidak sehat untuk bahan camilan ketika stres, sebaiknya menggantinya dengan makanan yang mengandung nutrisi atau gizi lengkap. Anda bisa memilih camilan diet atau segelas susu hangat. Pilih juga makanan dengan kandungan vitamin C dan E yang tinggi untuk menaikkan mood Anda.
  • Belajar memasak dengan cepat. Saat stres, sebagian besar orang tidak akan terpikir untuk memasak dan lebih memilih memesan makanan secara online. Meskipun begitu, jika Anda ingin menghentikan kebiasaan buruk makan makanan tak bergizi saat stres, Anda harus melakukannya. Lagipula, memasak makanan sendiri, selain lebih bergizi, waktunya juga sama dengan ketika Anda menunggu makanan cepat saji dihidangkan di meja makan Anda.
  • Cari kesibukan selain makan. Saat stres, coba pikirkan hal lain selain makan. Anda bisa menggunakan waktu yang biasanya Anda pakai untuk makan untuk melakukan hal lain. Beberapa orang, memilih olahraga dan bermain bersama teman untuk mengurangi rasa lapar akibat stres.
Baca juga:  Awas, Kurang Tidur Bisa Berujung Kematian

Selain melakukan cara di atas, dilansir dari tirto.id, Anda bisa jalan-jalan atau lari kecil jika stres. Kegiatan ini akan mencegah Anda untuk melakukan kebiasaan makan makanan tidak sehat saat stres. Selain itu, lari atau jalan-jalan di sekitar rumah bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks.

Kebiasaan Sembarangan Makan Saat Stres - theconversation.com

Kebiasaan Sembarangan Makan Saat Stres – theconversation.com

[1] Nisa, Andriyah Chairun. 2016. Hubungan Tingkat Stres dengan Konsumsi Makan dan Status Gizi pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Teras Boyolali (Skripsi). Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: