Tips Mudah Mengeriting Rambut Menggunakan Roll

Wanita rambut keritingWanita rambut keriting

Tidak semua orang terlahir dengan rambut keriting yang indah dan mengembang, sehingga banyak orang mencoba untuk mengeriting rambut mereka di salon. Sementara biaya mengubah tekstur rambut tidak murah, lalu bagaimana cara mudah dan praktis untuk mengeriting rambut yang lurus?

Teknik mengeriting rambut saat ini sudah mengalami kemajuan, diimbangi dengan teknologi yang semakin canggih. Jika pada zaman dulu orang menggunakan cara sederhana dengan obat-obatan atau herbal, saat ini Anda sudah bisa menggunakan alat penggulung, seperti roller untuk mengeriting rambut.[1] Bahkan, alat tersebut bisa dipakai untuk membuat bentuk keriting yang bervariasi.

Dilansir dari allure, ada banyak jenis roller yang bisa membentuk rambut menjadi keriting. Sejumlah roller bahkan dilengkapi fitur canggih dengan varian ukuran stik yang berbeda, bertujuan untuk membuat tampilan rambut keriting sesuai dengan bentuk wajah seseorang. Sehingga, dengan bentuk rambut yang keriting, penampilan menjadi lebih fresh dan awet muda.

Roll Velcro

Wanita memakai hair roller velcro (sumber: today.com)

Wanita memakai hair roller velcro (sumber: today.com)

Bisa dibilang, roll velcro merupakan jenis roller yang paling sederhana. Seperti yang bisa Anda lihat, roller tersebut hanya dilengkapi dengan dua buah fitur dengan bentuk menyerupai tabung. Tabung yang kecil digunakan untuk menggulung rambut Anda, sedangkan tabung yang besar berfungsi sebagai penutup agar rambut tergulung dengan sempurna.

Baca juga:  Model Rambut Terbaik Dengan Poni, Ayo Coba!

Roll velcro dapat dengan mudah membuat bentuk rambut yang lurus menjadi ikal dengan bentuk gulungan yang besar. Roller ini cocok bagi Anda yang memiliki rambut lurus dan tebal, karena hasilnya tidak terlalu mengembang. Kebanyakan orang lebih menyukai roller jenis ini untuk menggulung poni mereka agar terkesan mengembang dan tidak kusut.

Cara menggunakan roll velcro tidaklah sulit. Anda hanya perlu membagi rambut Anda menjadi 5 hingga 8 bagian. Sesuaikan ketebalan rambut dengan ukuran serta jumlah roll velcro yang Anda punya. Setelah itu, lilitkan ujung setiap bagian rambut pada tabung roller yang kecil. Langkah terakhir, jepit bagian luar tabung yang kecil dan bungkus menggunakan tabung yang besar. Biarkan selama 20 menit agar rambut menjadi lebih ikal dan tahan lama.

Roll Flexi

Roll flexi (sumber: allthingshair.com)

Roll flexi (sumber: allthingshair.com)

Bagi Anda yang suka mengubah tatanan rambut, pastinya sudah tidak asing dengan roll flexi atau biasa disebut dengan flexible roller. Bentuknya lebih sederhana jika dibanding roll velcro. Roll flexi hanya berupa batangan silinder yang terbuat dari karet atau besi lentur. Rol ini mampu mengubah bentuk rambut yang lurus menjadi berbagai macam bentuk keriting yang natural.

Baca juga:  Apakah Aman Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud Atau Treatment Lainnya?

Anda bisa mengkreasikan ukuran dan bentuk curly sesuai dengan style Anda sehari-hari. Ini karena batang flexi dapat dilipat dan di-klip ke segala arah dengan berbagai macam bentuk. Roll flexi juga memiliki ukuran diameter yang berbeda untuk menghasilkan gulungan keriting yang berbeda.

Cara mengaplikasikan roll flexi tidaklah sulit. Anda hanya perlu membagi rambut menjadi 4 hingga 10 bagian. Sesuaikan pembagian rambut dengan bentuk keriting yang Anda inginkan. Jika Anda ingin memiliki rambut ikal saja, Anda tidak perlu membagi rambut Anda menjadi banyak bagian. Setelah dibagi, kaitkan ujung rambut pada bagian dalam batang flexi dan gulung secara vertikal dari ujung akar. Setelah itu, biarkan selama 30 menit agar rambut keriting natural. Untuk mempercepat prosesnya, Anda bisa menggunakan hairdryer.

Roll Busa

Roll busa (sumber: pinterest)

Roll busa (sumber: pinterest)

Salah satu jenis roll yang populer di kalangan gadis, yaitu roll busa. Seperti namanya, roll tersebut dilengkapi dengan busa khusus yang tidak terlalu berongga. Dengan adanya busa tersebut, Anda bisa mengeriting rambut semalaman dengan nyaman. Roll seperti ini tidak akan membuat rambut Anda tertarik, sehingga rambut tidak rusak atau tercabut.

Baca juga:  4 Alasan Kenapa Memilih Helm Bogo untuk Wanita

Roll busa ini cocok bagi Anda yang memiliki rambut terlalu lurus atau setelah di-rebonding. Untuk memakai roll tersebut, Anda hanya perlu menggulungkan ujung rambut ke bagian akar rambut secara perlahan. Rambut akan dengan mudah tergulung, karena ada busa di bagian tengah roll.

Setelah Anda memasang rol tersebut, biarkan rambut Anda tergulung selama semalaman. Karena dilengkapi busa, kepala Anda tidak tidak akan sakit saat menindih roll. Keesokan harinya, Anda baru bisa melepas roll. Dengan sekali tarikan di ujung rol, Anda sudah mendapatkan rambut baru dengan tekstur kering dan mengembang.

Itulah beberapa jenis roll yang harganya murah dan bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Selain terbilang praktis, cara ini konon tidak akan merusak rambut Anda, seperti ketika Anda menggunakan obat pengeriting rambut.

[1] Simatupang, Lamhot Kurnia K. 2013. Pengaruh Penggunaan Jenis Alat Penggulung terhadap Hasil Pengeritingan Rambut Desain antara Rotto dan Magic Roller. Jurnal Tata Rias, Vol. 2(3): 17-21.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: