Tak Sulit Cara Mengecilkan Perut, Pahami Langkahnya

Ilustrasi: saran konsumsi makanan untuk perut buncit (sumber: herworld.co.id)Ilustrasi: saran konsumsi makanan untuk perut buncit (sumber: herworld.co.id)

Hampir sebagian besar orang menilai perut buncit adalah gangguan bagi penampilan. Tentu saja dengan memiliki perut buncit orang menjadi tidak percaya diri. Lantas tidak sedikit pula orang menganggap bahwa perut buncit disebabkan karena faktor kegemukan. Padahal, obesitas tidak selalu menjadi penyebab perut buncit.

Adanya gas atau udara pada saluran pencernaan membuat sensasi perut yang mengencang dan terasa bengkak. Terkadang kondisi ini juga disertai rasa sakit dengan gas berlebih dan sendawa berulang. Selain adanya udara dan gas yang berlebih di dalam perut, penyebab perut terasa buncit yakni kondisi medis tertentu seperti sembelit, zat serat yang berlebihan, hingga intoleransi makanan.

Lalu bagaimana langkah-langkah untuk mengecilkan perut? Tindakan yang benar adalah mengatur kembali pola makan. Memilih dan memilah makanan yang tepat menjadi salah satu langkah awal untuk dapat kembali mengecilkan perut dengan mudah. Mulai dari mengonsumsi smoothie, dilanjutkan dengan mengurangi porsi makan yang lebih sedikit. Tak hanya itu, makanan berserat tentu akan membantu pencernaan menjadi lebih lancar sehingga terhindar dari resiko perut buncit. 

Beberapa komponen makanan yang konsumsinya perlu dikurangi, yakni produk susu, alkohol, dan soda. Sebab, komponen tersebut semakin menyebabkan perut kembung dan gas berlebih. Sebaliknya disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis bahan makanan, seperti pangan yang mengandung potasium, buah beri, kacang-kacangan, teh hijau, jahe, dan air putih. Komponen tersebut disinyalir dapat mengurangi kelebihan gas yang ada dalam perut.

Kegiatan olahraga juga sangat efektif untuk mengurangi perut buncit. Mulai dari latihan aerobik, jalan cepat, berenang, planking, push up, kardio atau abs rollers. Jarang berolahraga juga menjadi salah satu penyebab utama perut buncit. Lemak banyak tertimbun karena otot-otot bagian tersebut jarang dilatih. Terlebih jika banyak melakukan aktivitas monoton seperti menonton, tidur, makan, atau bermain gadget seharian. Hal ini penyebab minimalnya pembakaran lemak.

“Olahraga kardio dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit yang sangat efektif karena dapat membantu membakar lemak pada daerah perut. Disarankan untuk melakukannya secara rutin selama lima jam dalam seminggu,” kata dr Kevin Adrian seperti dilansir Alodokter.

Ternyata kurang tidur juga menjadi salah satu pendorong terjadinya perut buncit. Idealnya, setiap orang memiliki jam tidur antara 6-8 jam sehari. Ketika kurang tidur, maka tingkat kortisol (hormon stres) akan meningkat yang mendorong tubuh lebih banyak mengonsumsi makanan dengan tingkat gula berlebih. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, maka tubuh akan lebih mudah menyeimbangkan kadar kortisol sekaligus menambah produktivitas leptin, yakni hormon pengontrol nafsu makan. 

“Saat Anda stres, kelenjar adrenal akan melepaskan hormon stres (kortisol) secara berlebihan. Pelepasan hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat tubuh menyimpan lemak di sekitar perut. Untuk meredakan stres, Anda disarankan melakukan meditasi dan yoga secara rutin,” tutup dr Kevin.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: