Iri Saat Orang Lain Hamil? Ini Tips Mengatasinya

Orang Lain sedang Memeriksa Perut Ibu Hamil - www.thebump.comOrang Lain sedang Memeriksa Perut Ibu Hamil - www.thebump.com

Berada dalam masa fertil, atau ketika Anda sedang menjalani program hamil namun belum membuahkan hasil, bisa menjadi permasalahan tersendiri. Suasana hati pun bisa menjadi semakin keruh, ketika Anda mengetahui teman Anda sedang mengandung. Ini adalah salah satu ujian bagi Anda untuk tetap bersabar. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa melakukannya, banyak juga yang merasa iri dengan kehamilan orang lain.

Rasa iri tersebut sebenarnya adalah hal yang wajar, apalagi jika Anda sudah menikah selama bertahun-tahun dan merindukan masa-masa memiliki momongan. Namun, ada baiknya Anda mengurangi atau menghilangkan rasa iri hati kepada seseorang yang sedang hamil. Karena, ini bisa membuat Anda merasa stres dan depresi. Berikut ini tips yang dapat Anda coba.

Ubah Rasa Iri Menjadi Bersyukur

Dilansir dari Harvard Health Publishing, rasa iri berlebihan tidak baik untuk kesehatan diri sendiri dan orang lain. Beberapa orang yang iri melihat temannya hamil, bahkan rela memutuskan hubungan pertemanan mereka. Ini tentu bukan kondisi yang baik, apalagi ketika seorang wanita sedang hamil, mereka lebih membutuhkan teman dan kerabat sebagai dukungan moral. Untuk itu, Anda harus bisa mengubah rasa iri hati Anda menjadi rasa bersyukur.

Bersyukurlah jika Anda menjumpai orang yang sedang hamil, apalagi itu adalah teman Anda sendiri. Cara mengubah rasa iri menjadi syukur yang paling sederhana adalah dengan merelakan. Anda bisa mendukung teman Anda dengan memberi bantuan atau mengucapkan kata motivasi dan semangat. Ini akan membantu Anda mengikhlaskan rasa iri hati Anda kepada mereka yang sedang hamil.

Merayakan Kehamilan Bersama Teman - mommabe.com

Merayakan Kehamilan Bersama Teman – mommabe.com

Ubah Cara Berpikir

Tips berikutnya untuk mengatasi iri hati, yaitu mengubah cara berpikir Anda. Kebanyakan orang dengan rasa iri hati, selalu memiliki pikiran yang negatif tentang apa yang mereka lihat atau dengar. Untuk itu, selalu berpikir positif dan yakin bahwa semua hal yang terjadi pasti ada maksudnya. Jika saat ini Anda belum memiliki keturunan, bukan berarti Anda belum bisa, tetapi Anda masih belum siap.

Beberapa orang yang memiliki pikiran positif terhadap kabar kehamilan orang lain, tidak akan merasa iri hati. Mereka justru lebih merasa lega dan bersyukur atas kehamilan orang lain. Cara ini bisa Anda lakukan untuk menangkal stres dan depresi karena belum memiliki keturunan. Pastikan Anda selalu berpikir positif untuk mengatasi rasa iri Anda.

Selalu Yakin dan Optimis

Mendengar kabar teman dekat yang sedang hamil, pastinya Anda harus ikut bahagia. Anda tidak boleh iri, meskipun belum dikaruniai seorang anak. Berpikirlah optimis dan yakin, bahwa suatu saat Anda dapat mengalami hal serupa. Bisa jadi, untuk saat ini Anda belum berkesempatan memiliki momongan. Namun, siapa tahu keesokan harinya Anda mendapatkan ucapan selamat bahwa Anda sedang mengandung.

Jadikan Iri Hati Sebagai Motivasi

Jika Anda mendengar kabar bahwa saudara, tetangga, atau teman Anda sedang hamil, dan Anda dalam keadaan belum memiliki anak, Anda bisa menjadikannya sebagai motivasi. Kabar kehamilan seseorang adalah motivasi terbesar bagi wanita lain yang ingin hamil. Anda juga bisa melakukannya, dan ini saatnya Anda menjaga kesehatan dan melakukan hal-hal positif untuk mendukung program kehamilan Anda.

Anda bisa berolahraga, mengonsumsi makanan-makanan sehat, dan minum suplemen untuk promil. Dengan melakukan hal-hal tersebut karena termotivasi kabar gembira dari orang lain, Anda pastinya akan memiliki peluang besar untuk mengandung. Dengan begitu, tidak lama lagi Anda akan mendapatkan ucapan selamat dari orang-orang atas kehamilan Anda.

Ibu Hamil Memberikan Motivasi kepada Teman - www.youworkforthem.com

Ibu Hamil Memberikan Motivasi kepada Teman – www.youworkforthem.com

Lebih Banyak Berdiskusi

Bagi Anda yang masih merasa iri dan frustrasi dengan kabar kehamilan orang terdekat Anda, Anda bisa mendiskusikannya dengan orang lain. Berdiskusilah dengan suami atau orang tua tentang keadaan Anda saat itu. Mereka pasti akan memberi Anda motivasi dan membantu permasalahan Anda saat itu juga. Dengan bantuan serta dukungan moral, Anda bisa berpikir lebih baik lagi dan mengubah sudut pandang Anda. Dari sini, Anda bisa mengubah rasa iri hati menjadi rasa bersyukur. Anda juga bisa menjadi orang yang lebih sabar lagi.

Menghibur Diri

Tips bagi Anda yang susah menghilangkan rasa iri karena mendengar kabar kehamilan orang lain, yaitu menghibur diri. Anda bisa melakukan hal-hal menyenangkan yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Anda bisa nonton film di bioskop, melakukan hobi Anda, atau hangout bersama teman-teman. Cara ini adalah cara yang ampuh untuk membuat Anda lupa dengan rasa iri terhadap orang yang sedang hamil.

Sebagai solusi lain, Anda juga bisa sesering mungkin mendatangi dokter kandungan. Berkonsultasilah kepada dokter kandungan Anda mengenai permasalahan yang Anda hadapi. Tanyakanlah apa saja yang bisa membuat Anda cepat hamil, dan jangan lupa untuk melakukannya. Ini juga salah satu upaya agar Anda sibuk dan lebih fokus terhadap program kehamilan Anda.

Dengan begitu, Anda tidak akan iri dan terganggu dengan kabar kehamilan orang lain. Anda juga bisa lebih meningkatkan rasa percaya diri Anda. Beberapa orang dengan masalah iri hati, seringkali tidak memiliki rasa percaya diri yang besar. Ini adalah bentuk dari rasa rendah diri alias minder.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: