Tips Mengaplikasikan Foundation untuk Kulit Gelap

Ilustrasi: model wanita dari berbagai warna kulit (sumber: fenwick.com)Ilustrasi: model wanita dari berbagai warna kulit (sumber: fenwick.com)

Memiliki kulit gelap membuat banyak orang kesulitan memilih make up base yang cocok, khususnya untuk foundation. Pasalnya, tidak semua merk foundation yang dijual di pasaran warnanya cocok dengan kulit gelap. Selain itu, cara mengaplikasikan foundation yang kurang tepat juga akan berdampak buruk bagi tatanan make up. Lalu, apa saja tips agar foundation dapat menyempurnakan make up Anda?

Jangan Salah Memilih Foundation

Setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda, hal ini dipengaruhi kadar melanin pada kulit, peredaran darah, tebal tipisnya lapisan tanduk, dan zat-zat pewarna lain selain melanin (kolagen) pada kulit. Melanin sebagai zat pewarna kulit adalah faktor utama yang menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap. Melanin diproduksi oleh melanosit yang terdapat pada lapisan epidermis kulit.[1]

Kadar melanin membuat manusia memiliki kulit berwarna putih, kuning langsat, sawo matang, hingga gelap. Warna kulit yang bermacam-macam membuat para produsen kosmetik memutar otak untuk membuat make up base, khususnya foundation, yang sesuai dengan semua warna kulit manusia. Sehingga, semua orang bisa memakai foundation untuk membuat tampilan wajah menjadi lebih ideal.

Baca juga:  Referensi Foundation Lokal Full Coverage untuk Make Up Harian

Dilansir dari allure, memilih foundation yang warnanya tidak sesuai dengan corak melandasi (tone kulit) dapat membuat tampilan make up menjadi berantakan. Beberapa foundation dengan warna terlalu cerah tidak cocok diaplikasikan pada kulit berwarna sawo matang hingga gelap. Ini akan membuat Anda seperti vampire yang baru saja bangkit dari peti matinya. Sebaliknya, foundation yang cenderung gelap tidak bisa diaplikasikan pada wajah yang pucat atau putih, ini akan membuat Anda mirip dengan es cokelat di siang bolong.

Bagi mereka yang memiliki kulit cerah, sangat mudah menemukan foundation yang mereka sukai. Apalagi saat ini kebanyakan produk foundation memiliki shades yang mengarah pada warna-warna cerah, seperti beige, ivory, dan white. Untuk foundation gelap, para wanita berkulit putih biasanya akan memakainya sebagai shading agar wajah menjadi lebih tirus. Lalu, bagaimana dengan orang berkulit gelap? Apakah mereka harus menggunakan foundation cerah sebagai contour?

Ilustrasi: aplikasi foundation untuk kulit gelap (sumber: covetour.com)

Ilustrasi: aplikasi foundation untuk kulit gelap (sumber: covetour.com)

Sebelum memilih foundation berdasarkan warnanya, Anda perlu memilih foundation yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Tidak semua foundation bisa dipakai semua kondisi kulit. Anda perlu memperhatikan komposisi atau formula foundation. Sebagai contoh, untuk Anda yang memiliki kondisi kulit berminyak, sebaiknya menghindari foundation yang mengandung minyak nabati, seperti coconut oil, olive oil, jojoba oil, dan sebagainya.  Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tips berikut agar foundation Anda tidak merusak tatanan rias.

Baca juga:  Tips Sederhana Melunakkan Daging dengan Buah Nanas

Tips Foundation untuk Kulit Gelap

  • Pilihlah jenis foundation sesuai dengan tema riasan Anda. Anda bisa memilih foundation matte jika Anda ingin tampil dengan make up natural atau tanpa kilap. Foundation matte konon cocok untuk Anda yang berkulit berminyak. Jika Anda ingin tampil dengan make up glowing, maka Anda bisa memilih foundation dengan varian smooth atau dewy. Biasanya, ini cocok untuk Anda yang berkulit kering.
  • Pilihlah foundation yang sesuai dengan warna kulit Anda. Cara mudah memilih foundation sesuai dengan shade kulit sendiri, yaitu mengoleskan 3 hingga 5 macam foundation yang warnanya mendekati tone kulit Anda. Agar lebih jelas, ketika mengoleskan foundation, gunakan pencahayaan terang dan memakai baju putih atau netral. Sehingga, pandangan Anda akan lebih fokus melihat warna foundation pada kulit wajah Anda.
  • Perhatikan warna foundation pada kulit lebih dari 3 jam. Ada beberapa produk foundation yang warnanya bisa berubah jika terkena matahari atau keringat. Sebaiknya Anda waspada dengan foundation seperti ini karena dapat mengubah tatanan make up Anda. Warna pada foundation biasanya akan berubah menjadi lebih gelap karena efek oksidasi.
  • Mencampur warna foundation. Jika Anda tidak bisa menemukan warna yang tepat untuk kulit Anda, Anda boleh mencampur produk foundation yang warnanya terang dengan produk yang berwarna lebih gelap. Cara ini konon sangat membantu orang yang berkulit gelap, karena kebanyakan produk foundation memiliki warna yang terlalu kontras.
Baca juga:  Cara Mudah Menghilangkan Kantung Mata & Lingkar Hitam di Bawah Mata

Itulah beberapa trik mudah yang bisa Anda lakukan agar foundation Anda cocok di kulit. Jika Anda kesulitan mencampur warna foundation, maka tidak ada salahnya untuk melapisi sebagian kulit wajah dengan concealer yang warnanya lebih gelap. Hampir semua produk concealer memiliki varian warna gelap yang lengkap sebagai bahan contour dan corrector make up.

[1] Kristiani, Rizki. 2017. Tata Rias Korektif untuk Warna Kulit Gelap pada Pengantin Bridal. e-Journal Mahasiswa UNESA, Vol. 6(2): 80-85.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: