Tips Memperbaiki Keintiman dalam Kehidupan Seks Rumah Tangga

Ilustrasi: keintiman pasangan suami istri

Masalah seksualitas tidak dapat dipandang dari sisi transaksi hubungan fisik. Seksualitas lebih merupakan fenomena multidimensi yang terdiri atas aspek biologis, psikososial, perilaku, klinis, moral, dan budaya.[1] Jika salah satu aspek ini terganggu, maka kehidupan seks seorang individu akan berlangsung buruk atau menurun. Hal ini umum terjadi pada pasangan suami istri yang sudah memiliki usia pernikahan cukup lama. Untuk memperbaiki kehidupan seks, Anda bisa mencoba beberapa tips sederhana, seperti meningkatkan keintiman terhadap pasangan.

Berpelukan dengan Pasangan Sebelum Tidur

Berpelukan adalah salah satu cara untuk memperbaiki kehidupan seks dan meningkatkan keintiman Anda dengan pasangan. Dilansir dari HuffPost, berpelukan adalah salah satu situasi yang dapat memicu pelepasan neurotransmitter bersifat positif, di antaranya dopamin, serotonin, oksitosin, dan endorfin. Bahan kimia ini bertanggung jawab atas perasaan bahagia dan meningkatkan mood.

Rasa bahagia yang ditimbulkan zat kimia dalam otak mampu meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan rasa aman, dan menjadi pendukung utama dalam terbentuknya rasa cinta di antara pasangan. Dengan perasaan senang, penuh cinta, dan aman, tentunya setiap pasangan akan menjadi lebih dekat dan bergairah untuk berhubungan intim. Hal inilah yang membuat kehidupan seks Anda menjadi lebih baik sekaligus memperbaiki mood Anda yang sedang buruk.

Ilustrasi: suami istri di ranjang

Ilustrasi: suami istri di ranjang

Mempelajari Hal Baru Bersama Pasangan

Masih dilansir dari sumber yang sama, Anda bisa mempelajari berbagai hal yang menyenangkan bersama pasangan untuk meningkatkan keintiman dalam berumah tangga. Sebagai saran, Anda bisa memilih berbagai macam kursus dengan paket kelas berpasangan, sebagai contoh kursus memasak berpasangan, dansa, yoga berpasangan, dan merias wajah berpasangan.

Baca juga:  Persiapan Umroh untuk Wanita: Siapkan 5 Hal Ini!

Mempelajari hal baru bersama pasangan diketahui mampu meningkatkan dosis dopamin di dalam tubuh. Ini dapat meningkatkan mood Anda, meningkatkan rasa cinta terhadap pasangan, dan tentunya membuat hari-hari Anda lebih bergairah saat bersama pasangan. Hal ini akan membuat kehidupan seks Anda menjadi lebih baik sekaligus meningkatkan keintiman bersama pasangan.

Pelajari Bahasa Cinta

Untuk meningkatkan keintiman dalam berumah tangga, Anda harus mempelajari bahasa cinta. Setiap pasangan memiliki bahasa cintanya masing-masing tanpa harus mengucapkan kata-kata romantis. Bahasa cinta bisa dibilang sebagai salah satu tindakan tanpa kata yang membuat Anda dan pasangan saling terkoneksi. Sebagai contoh, Anda bisa memijat bahu suami yang baru pulang kerja atau sekadar membuatkan kopi hangat di pagi hari.

Cara ini tidak hanya membuat keintiman dalam berumah tangga meningkat, tetapi juga membuat setiap pasangan merasa dihargai dan tentunya dicintai. Hal ini juga salah satu kunci keutuhan dalam rumah tangga dan membuat kondisi keluarga menjadi lebih harmonis. Lakukan ini secara bergantian supaya pasangan Anda mengetahui bahasa cinta yang Anda ungkapkan.

Ilustrasi: suami istri di kamar

Ilustrasi: suami istri di kamar

Memasak Bersama

Setiap pasangan mungkin memiliki jadwal harian yang berbeda, apalagi jika Anda dan suami Anda bekerja. Meskipun begitu, luangkanlah waktu untuk sekadar bersantai bersama. Selain itu, Anda juga bisa memasak bersama untuk meningkatkan kedekatan Anda dengan pasangan. Dengan memasak bersama, tentunya Anda bisa mengetahui selera pasangan dengan mudah. Anda bisa mengetahui apakah pasangan Anda suka dengan masakan asin atau manis.

Baca juga:  Pengobatan dan Tips Berdamai dengan Disfungsi Ereksi

Memasak bersama juga mampu meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang, karena dalam memasak, ada banyak hal yang harus dilakukan, mulai dari membeli bahan, mencuci bahan, hingga urusan memotong. Hal yang paling menyenangkan setelah memasak bersama, tentunya makan bersama. Ketika makan bersama, Anda bisa mencoba konsep yang romantis supaya pasangan Anda lebih terkesan dan menjadikan momen ini sebagai kenangan yang tak terlupakan.

Olahraga Bersama Pasangan

Olahraga adalah cara yang baik untuk memperbaiki kehidupan seks Anda sekaligus meningkatkan keintiman rumah tangga. Pilihlah jenis olahraga yang menyenangkan bersama pasangan, misalnya zumba, aerobic, jogging, dan bersepeda. Saat berolahraga, tubuh Anda tidak hanya akan menjadi lebih sehat dan fit, tetapi juga menerima asupan endorfin lebih banyak. Hal ini mampu meningkatkan mood sekaligus gairah seks terhadap pasangan Anda.

Baca juga:  Cara Mengetahui Usia Kehamilan Anda dan Metode Perhitungannya

Selain itu, olahraga sangat penting untuk menjaga bentuk dan otot tubuh. Sangat penting bagi Anda yang ingin meningkatkan kehidupan seks untuk menjaga estetika tubuh. Olahraga juga akan membantu mengencangkan otot di bagian tubuh yang berlemak, sehingga tidak bergelambir dan bisa terlihat awet muda.

[1] Helmi, Avin Fadilla & Ira Paramastri. 1998. Efektivitas Pendidikan Seksual Dini dalam Meningkatkan Pengetahuan Perilaku Seksual Sehat. Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada, No. 2: 25-34.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: