Ingin Punya Mata yang Indah? Berikut Rahasianya!

Ilustrasi: mata cantik (youtube: TOP x BEST) Ilustrasi: mata cantik (youtube: TOP x BEST)

Kecantikan bukan hanya datang dari riasan make up dan tampilan yang wah semata. Salah satu yang membuat orang tampak cantik adalah karena memiliki mata yang indah. Sepasang mata yang indah membuat wajah tampak bersinar dan segar. Percaya atau tidak, mata menjadi salah satu hal terpenting dalam merawat kecantikan.

Nah, Anda tentu ingin mempunyai mata yang jernih dan cemerlang, bukan? Jangan khawatir. Dilansir dari laman WebMD, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba agar mata Anda tampak indah dan cemerlang.

Pilih Eyeliner Berwarna untuk Mata Lebih Cerah dan Hidup

Riasan mata yang cerah terlihat bagus di majalah, tetapi apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan warna-warna itu? Memadukan mereka dengan eyeliner netral yang sudah Anda miliki adalah pendekatan yang bagus. Mulailah dengan dasar cahaya di atas kelopak mata Anda dan letakkan warna tipis di lipatan Anda. Untuk tampilan di malam hari, ganti liner hitam atau coklat dasar Anda dengan pensil warna-warni.

Mainkan Warna Alami Mata

Manfaatkan warna mata alami Anda. Untuk mata hijau atau hazel, cobalah tambahkan shadow dan garis warna ungu. Shadow berwarna netral membuat mata hijau muncul. Biru tua dan biru lainnya membuat mata biru lebih cerah. Sementara, gadis bermata coklat bisa memakai warna apa saja, dan warna netral dengan nada merah dan coklat benar-benar meningkatkan mata yang lebih gelap.

Gunakan Krim Mata

Krim mata dibuat hanya untuk kulit tipis dan sensitif di sekitar mata Anda. Mereka mungkin kurang mengiritasi daripada krim wajah biasa. Gunakan krim mata bebas pewangi karena wewangian dapat mengiritasi mata dan menyebabkan pembengkakan atau bahkan reaksi alergi. Sedikit tips, simpan krim mata di lemari es. Temperatur yang dingin dapat membantu meredakan bengkak.

Aplikasi krim mata (sumber: skinlyst.com)

Aplikasi krim mata (sumber: skinlyst.com)

Tutupi Mata Panda

Kunci untuk menutupi kantung mata adalah berilah pelembap terlebih dahulu. Selanjutnya, oleskan primer sebelum memakai concealer Anda. Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan. Terlalu banyak concealer lebih menarik perhatian ke daerah tersebut. Untuk lingkaran yang benar-benar gelap, pilih smoky eye, yang mengalihkan fokus dari area bawah mata.

Baca juga:  Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut

Hilangkan Dark Circle

Lingkaran hitam di bawah mata disebabkan oleh terlalu banyak pigmen, pembuluh bengkak, atau kehilangan lemak, dan ya, kurang tidur. Beristirahat yang cukup. Retinol, bahan-bahan cerah, chemical peeling, dan laser juga bisa membantu. Filler berbasis asam hialuronat juga bisa membantu dengan menambahkan bantalan pada kulit di bawah mata.

Mengatasi Mata Bengkak

Mata bengkak? Kita semua tentu pernah mengalaminya. Lain kali, cobalah krim mata dengan kafein untuk membantu menghilangkan pembengkakan. Kompres air dingin bisa menjadi perbaikan cepat. Dan, mengurangi teh, kopi, alkohol, dan garam dapat membantu. Prosedur laser atau operasi CO2 juga dapat mengencangkan kulit Anda.

Berikan Efek Shimmer

Shimmer membantu mencerahkan mata Anda dan menambah tekstur pada riasan mata Anda. Namun, jangan lupa untuk melembapkan kelopak mata Anda sebelum menerapkan dan jauhi pemilihan shadow yang berwarna terlalu metalik.

Baca juga:  Mau Punya Wajah Glowing? Ini Rekomendasi Bedak yang Membuat Wajah Mengkilap

Riasan Mata Tahan Lama

Layering membuat eyeshadow dan eyeliner bertahan lama. Untuk daya tahan maksimal, gunakan primer mata di seluruh kelopak mata Anda. Kemudian, bersihkan kelopak mata Anda dengan bedak tabur atau pressed translucent powder. Oleskan eyeshadow, blend, dan oleskan bedak lagi.

Make up mata (sumber: fashionista.com)

Make up mata (sumber: fashionista.com)

Solusi untuk Kulit Kendur

Cari krim mata dengan antioksidan, retinol, dan peptida. Bahan-bahan tersebut dapat mencegah dan memperbaiki kulit yang kendur. Perawatan laser dapat mengencangkan kulit untuk pengangkatan non-bedah. Untuk kulit yang sangat kendur, operasi blepharoplasty dapat menghilangkan kulit ekstra agar tampak lebih kencang dan muda.

Tetap Menarik Meskipun Berkacamata

Wanita berkacamata memiliki beberapa trik rias untuk membuat mata mereka menonjol. Warna dan intensitas sedang membuat mata terlihat segar dan cerah. Riasan yang tebal membuat mata Anda lenyap menjadi bayangan gelap, karena kacamata Anda bertindak seperti perisai yang membuat cahaya alami tidak sampai ke mata Anda. Hindari warna gelap di lipatan, terutama jika Anda mengenakan kacamata baca. Itu bisa membuat mata terlihat hampa.

Percantik Tampilan Bulu Mata

Seiring bertambahnya usia, bulu mata kita menjadi lebih lurus. Gunakan penjepit bulu mata untuk membantu membuka mata Anda dan sebelum pengaplikasian maskara. Bulu mata palsu menawarkan perubahan dramatis pada mata Anda, tetapi bulu mata tidak harus terlihat palsu. Pastikan Anda memotong strip agar pas dengan lashline Anda. Gunakan sedikit lem, dan biarkan sedikit mengering sebelum menempatkan bulu mata Anda.

Baca juga:  Kandungan Omega 3 Pada Ikan Kembung Hampir Setara Ikan Salmon

Anda dapat dengan mudah mendapatkan bulu mata yang lebih tebal dan lebih penuh untuk mata Anda yang memikat. Ada banyak serum pemanjangan bulu mata yang dijual bebas. Ada juga satu serum resep yang disetujui FDA, Latisse. Produk ini bisa digunakan untuk memperpanjang dan menebalkan bulu mata secara lebih aman dan efektif.

Gunakan Obat Tetes Mata yang Tepat

Umumnya, obat tetes mata digunakan untuk mencerahkan sekaligus mengatasi gangguan ringan pada mata seperti mata terasa kering atau memerah. Meskipun obat tetes mata bisa dengan mudah didapatkan di apotek, namun sebaiknya Anda tetap berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis mata. Karena, memilih obat mata harus disesuaikan dengan kondisi mata Anda juga. Jangan sampai nantinya Anda memilih obat mata yang salah. Selain lebih aman, tentunya Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat, bukan?

Konsumsi Buah dan Sayuran

Meskipun Anda bisa mengatasi masalah mata dengan tips di atas, namun Anda tidak boleh melewatkan untuk mengonsumsi buah dan sayuran. Pilih buah-buahan dan sayuran seperti wortel, aprikot, mangga, pepaya, jeruk, dan labu yang kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan untuk menjaga mata Anda agar tetap sehat dan cerah.

Selain itu, sebaiknya mulai saat ini kurangi kebiasaan-kebiasaan buruk seperti begadang, menatap layar komputer atau gadget terlalu lama, serta mengonsumsi minuman berkafein tinggi dan gula olahan yang dapat berpengaruh buruk terhadap detoksifikasi hati yang bisa membuat mata Anda menjadi kusam dan menguning.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: