Tips Cerdas Memilih Hotel yang Ideal untuk Keluarga

Ilustrasi: traveling keluargaIlustrasi: traveling keluarga

Berlibur bersama keluarga memang merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika Anda berkunjung ke suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Namun, memilih akomodasi atau hotel yang cocok untuk keluarga bisa saja jadi hal yang memusingkan. Terlebih apabila Anda pergi bersama rombongan keluarga besar.

Prinsip saat mencari penginapan adalah, murah tapi jangan murahan. Paling tidak penginapan itu menyediakan kasur dan bantal yang empuk, bedcover dan kamar mandi yang bersih. Apalagi kita menginapnya bersama anak-anak, jadi mereka butuh istirahat yang cukup dan nyaman.[1]

Jika Anda dalam waktu dekat ini berencana untuk bepergian dengan keluarga, ada sederet tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih hotel tertentu. Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Memilih Hotel untuk Keluarga

Hunting Hotel Online

Saat ini sudah banyak agen travel online yang memudahkan Anda mencari hotel yang paling pas dengan selera dan kebutuhan Anda. Anda juga bisa memanfaatkan promo diskon atau voucher-voucher yang biasa dibagikan oleh situs booking hotel online tersebut. Menariknya lagi, Anda bisa langsung melihat sekaligus membandingkan harga kamar antara satu hotel dengan lainnya. Makin banyak pilihan tentunya makin baik bukan? Dan sebaiknya pastikan untuk memesan hotel sejak jauh-jauh hari agar kamar yang Anda inginkan tersedia.

Baca juga:  Info Lengkap Varian Cream Loreal untuk Memutihkan Wajah
Ilustrasi: staf hotel

Ilustrasi: staf hotel

Sesuaikan Dana

Keuntungan lain saat hunting hotel secara online, beberapa situs biasanya menyediakan filter pencarian yang memungkinkan Anda untuk menyaring daftar hotel dengan batasan budget tertentu yang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Dengan demikian, pencarian Anda bisa mengerucut pada hotel-hotel dengan tarif khusus yang tentunya akan mempermudah Anda dalam menetapkan pilihan.

Lokasi Strategis

Pilih hotel keluarga yang lokasinya strategis. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan tujuan awal, apakah ingin staycation di tempat yang tenang, mencari penginapan yang dekat dengan objek wisata, dekat dengan warung makanan, pusat perbelanjaan, atau sebagainya.

Tersedia Tempat Parkir

Hal lain yang tak boleh Anda abaikan adalah ketersediaan tempat parkir. Jika hendak berlibur dengan keluarga besar dan membawa kendaraan pribadi, sebaiknya pilih hotel yang menyediakan parkiran yang nyaman dan tentunya aman untuk kendaraan Anda. Dengan demikian suasana liburan Anda pun akan terasa lebih tenang.

Baca juga:  Studi: Hamil di Usia Tua Ternyata Pengaruhi Perilaku Anak

Fasilitas Lengkap untuk Keluarga

Mencari hotel keluarga yang fasilitasnya lengkap sebenarnya tidak harus yang harganya mahal. Namun setidaknya, pilihlah hotel yang menyediakan kamar yang luas serta bersih dan nyaman, kamar mandi yang bersih, air hangat (apabila Anda bepergian ke tempat yang dingin), dan juga akses mudah untuk pengunjung berkebutuhan khusus bagi orang tua Anda yang mungkin menggunakan alat bantu kursi roda. Pertimbangkan juga fasilitas pelengkap seperti kursi khusus bayi atau kulkas dalam kamar bagi Anda yang membawa bayi. Keberadaan fasilitas semacam kulkas tentu akan memudahkan Anda dalam menyimpan ASI atau mungkin obat-obatan untuk orang tua. Tak ketinggalan, fasilitas free breakfast (sarapan gratis) pun perlu dipertimbangkan supaya lebih menghemat budget Anda ketika berlibur.

Ilustrasi: interior hotel

Ilustrasi: interior hotel

Kamar dengan Connecting Door

Apabila Anda menginap bersama anak dan orang tua di hotel berbintang, kemungkinan tak semua anggota keluarga muat dalam satu kamar. Cara untuk menanggulanginya adalah dengan memesan kamar bersebelahan yang dilengkapi connecting door atau pintu penghubung, dengan demikian komunikasi Anda bersama anggota keluarga menjadi lebih mudah tanpa harus keluar kamar.

Baca juga:  Resep Cara Membuat Tepung Kacang Hijau untuk MPASI

Lihat Review Tamu Lain

Bagi Anda yang melakukan booking hotel secara online, melihat review atau ulasan tamu lain yang pernah menginap di suatu hotel adalah hal yang tak kalah penting. Membaca ulasan-ulasan tersebut akan memberikan gambaran yang cukup objektif mengenai banyak aspek, meliputi kualitas pelayanan yang diberikan pihak hotel, kesesuaian iklan dengan kondisi hotel yang sesungguhnya, hingga kelengkapan fasilitas yang ditawarkan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Nah, jika Anda memesan hotel secara online, pastikan urusan booking sudah beres. Jangan sampai ketika sudah hari H-nya dan waktunya check-in, ternyata kamar yang Anda pesan bermasalah, sudah diisi orang lain, atau sebagainya.

[1]Hapsari, I. 2016. Tip Berwisata Bareng Keluarga ke Luar Negeri. Marina A, editor. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: