Tips Membuat Makanan Sehat Terasa Lebih Enak dan Menarik

Tips, cara, membuat, makanan, sajian, hidangan, sehat, kebugaran, kesehatan, menu, anak, konvensional, unik, menikmati, mengonsumsi, peneliti, penemuan, studi, percobaan, sayur, buah, eksperimen, Sajian makanan sehat di atas meja makan

Ketika menyajikan , kita mudah terjebak dalam rutinitas lama yang sama dengan resep lama yang sama. Sementara konsistensi menyajikan adalah kunci ketika ingin mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran Anda, kebosanan juga dapat menyebabkan beberapa pilihan yang tidak bijaksana ketika spontanitas menyerang.

Untungnya, sebuah studi baru telah menemukan cara untuk membuat hidangan Anda menjadi lebih menarik. Setelah melakukan serangkaian percobaan, para peneliti menemukan bahwa orang menemukan kenikmatan baru dalam menikmati makanan yang berbeda ketika mereka mengkonsumsinya dengan cara yang tidak konvensional.

Sebagai contoh, pada tes pertama, 68 orang diberi tugas dengan perlahan memakan 10 biji popcorn, setengah dari kelompok menggunakan tangan mereka dan setengah dari kelompok menggunakan sumpit. Para peserta kemudian memberi nilai pengalaman pada -faktor seperti kenikmatan dan rasa. Mereka yang makan popcorn dengan sumpit melaporkan kepuasan yang tinggi di seluruh papan.

Tetapi ketika eksperimen itu diulang, kelompok tersebut melaporkan tanggapan yang sama yang menunjukkan bahwa sumpit meningkatkan kenikmatan pada awalnya karena mereka memberikan pengalaman pertama kali yang tidak biasa.

Temuan serupa ditunjukkan dalam kedua terhadap 300 orang yang diberi tugas dengan cara ‘segar, baru dan menyenangkan’ untuk minum air misalnya. Minum dari gelas yang berbeda atau memukulinya seperti kucing. Peneliti menemukan bahwa mereka yang menggunakan metode unik untuk minum air lebih menikmatinya daripada mereka yang meminumnya secara normal.

Ada banyak cara untuk bersenang-senang, salah satunya dengan makanan Anda. Saat ini, sudah banyak sekali peralatan makan yang multifungsi. Bukan hanya berfungsi sebagai peralatan makan, tapi juga sebagai hiasan, dan barang seni karena bentuk-bentuknya yang lucu.

Tips, cara, membuat, makanan, sajian, hidangan, sehat, kebugaran, kesehatan, menu, anak, konvensional, unik, menikmati, mengonsumsi, peneliti, penemuan, studi, percobaan, sayur, buah, eksperimen,

Ide penyajian makanan unik untuk -anak (sumber: eatingwell.com)

Selain bisa diterapkan untuk orang dewasa, penyajian makanan yang ‘tidak biasa’ ini juga bisa dipraktikkan untuk anak-anak. Terutama untuk anak-anak yang tidak terlalu menyukai menu makanan sehat. Jika anak-anak rewel saat konsumsi makanan sehat, Anda dapat menyiasatinya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menghias dan juga mengatur isian makanan untuk anak.

Sayur dan buah menjadi salah satu jenis makanan yang paling sulit diberikan untuk si kecil. makanan ini kaya akan kandungan serat, vitamin dan juga mineral. Agar lebih menarik, Anda dapat mengolah sayur dan buah menjadi smoothies, jus, puding ataupun bentuk yang lebih menarik. Dilansir dari Times of India, berikut ini beberapa cara penyajian makanan yang harus dilakukan agar si kecil tertarik untuk menyantap makanannya yang dilansir dalam Times of India

Warna

Anak-anak mencintai semua makanan yang memiliki warna cerah. Warna ini tak hanya menarik untuk anak-anak tetapi juga bagi mereka yang melihatnya. Buah-buahan dan sayuran berwarna bisa jadi makanan sehat dengan warna yang cantik. Keduanya mengandung vitamin, mineral dan juga serat.

Beberapa sayuran seperti tomat, strawberry, jeruk, mangga hingga semangka memiliki warna yang cerah. Anda dapat membuat salad dengan mencampurkan beberapa potong buah segar.

Bentuk

Anak yang picky eater biasanya akan menolak makanan, terutama sayur dan buah. Akan tetapi Anda bisa menyajikannya dengan bentuk unik dan menarik. Siapkan cetakan kue mini dan potong sayur atau buah dengan tambahan keju berbentuk bintang. Cara ini dinilai bisa lebih efektif.

Tips, cara, membuat, makanan, sajian, hidangan, sehat, kebugaran, kesehatan, menu, anak, konvensional, unik, menikmati, mengonsumsi, peneliti, penemuan, studi, percobaan, sayur, buah, eksperimen,

Mengajak anak untuk ikut menyiapkan makanan

Beri nama

Memberikan nama yang menyenangkan untuk makanan dapat membuat anak-anak tertarik. Racik makanan dengan bentuk unik dan warna yang menarik, kemudian beri nama makanan agar si kecil tertarik.

Penyajian yang berbeda

Presentasi makanan bisa membuat perbedaan yang besar dalam kebiasaan makan. Misalnya, alih-alih mengiris buah, Anda dapat membuat kebab buah dan melumurinya dengan saus cokelat. Atau, Anda juga dapat membuat puding dengan cetakan lucu dan mencampurnya dengan buah-buahan.

Libatkan anak

Kebanyakan orang dewasa akan menghindari anak-anaknya untuk ikut berbelanja dan melibatkan mereka dalam memasak. Padahal, cara ini dapat membuat anak-anak lebih mandiri dan menjadi salah satu hal yang menyenangkan sebelum makan.

Selain penyajiannya yang menarik, salah satu hal yang tidak bisa disepelekan saat memasak adalah rasa dari masakan itu sendiri. Keahlian memasak memang perlu dipahami oleh semua orang karena tidak selamanya membeli makanan di luar dapat menjaga kesehatan Anda. Tentunya keahlian ini akan lebih terasah bila Anda menerapkan beberapa tips yang bisa membuat makanan lebih enak dan sehat.

Jangan ragu untuk menambahkan melalui ragi, seperti keju parmesan, ke dalam setiap makanan Anda. Selain menambah aroma jadi lebih nikmat, Anda tidak perlu menambahkan banyak penyedap lagi dalam makanan. Parmesan juga menambah protein dan vitamin B12 dalam makanan Anda, sehingga menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Tips, cara, membuat, makanan, sajian, hidangan, sehat, kebugaran, kesehatan, menu, anak, konvensional, unik, menikmati, mengonsumsi, peneliti, penemuan, studi, percobaan, sayur, buah, eksperimen,

Ibu memasak makanan di dapur

Jika Anda sering masak langsung berbagai daging, maka zat gizi yang terkandung di dalamnya akan rusak. Untuk itu, selalu ungkep daging ayam, ikan, atau daging sapi sebelum dimasak untuk menghindari berbagai zat yang merusak nutrisi. Bahan ungkep yang dianjurkan adalah rempah dan cabai untuk mengurangi lemak jahat dan karsinogen saat memasak daging dalam suhu tinggi.

Selain itu, jangan lupa gunakan kacang dalam makanan Anda. Dengan menambahkan kacang dalam berbagai makanan Anda seperti sayur, salad, hingga hamburger, maka kandungan serat dalam makanan tersebut akan bertambah. Selai kacang juga ampuh menggantikan minyak yang digunakan dalam saus, dressing, hingga roti panggang untuk tingkatkan serat dan lemak baik.

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan rempah. Rempah dikenal sebagai bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi sehat. Menggunakan rempah dapat meningkatkan rasa makanan Anda dan mendapatkan manfaat zat yang baik untuk tubuh. Sediakan berbagai jenis rempah di dapur untuk hidup yang lebih sehat.

Bila makanan Anda sering lengket di penggorengan, ada cara mudah dan cepat untuk menghindarinya. Caranya adalah menambahkan air ke masakan tersebut, daripada harus menambah minyak goreng. Air akan menjaga makanan agar tetap lembab dan mencegah makanan lengket ke penggorengan saat masak.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: