Kulit Tetap Sehat, Ini Tips Membersihkan Kuas Make Up

Salah satu jenis kuas make upSalah satu jenis kuas make up

Seringkali tanpa kita sadari, jerawat muncul setelah kita memakai make up. Ini bukan hanya karena produk yang Anda pakai, juga bisa disebabkan oleh aplikator yang Anda pakai. Membersihkan aplikator make up seperti kuas, memang harus secara rutin dengan cara yang tepat. Jika tidak, bukan hanya jerawat, tetapi permasalahan kulit lainnya juga ikut bermunculan di wajah Anda.

Tips Memakai Kuas Make Up

Make up, atau biasa disebut dengan kosmetik, merupakan salah satu bahan yang bisa meningkatkan physical attractiveness dengan cara kerja mengubah tampilan wajah pemakainya.[1] Agar bahan make up dapat menempel dengan sempurna di wajah, Anda memerlukan aplikator berupa spon, beauty blender, puff, atau kuas.

Dari semua aplikator kosmetik yang ada, kuas make up terbilang lebih digemari oleh banyak wanita. Ini karena kuas memiliki berbagai macam ukuran pada bagian ujungnya serta terbilang praktis saat dibawa kemana-mana. Meskipun begitu, penggunaan kuas make up secara sembarangan tidak bisa menjamin make up Anda tergores dengan baik di wajah.

Ada beberapa teknik yang perlu Anda perhatikan dalam memakai kuas make up, mulai dari cara mencampur warna atau bahan kosmetik di permukaan kulit wajah, mengoleskan make up di wajah, hingga memilih kuas sesuai dengan bagian wajah yang akan dibalur produk kosmetik.

Baca juga:  Ingin Selalu Awet Muda? Ini Rangkaian Perawatan Wajah untuk Usia 45 Tahun yang Bisa Dicoba
Make up dengan memakai kuas

Make up dengan memakai kuas

Sebagai tips, pakailah kuas dengan ukuran besar dan ujung agak tumpul untuk mengaplikasikan produk make up base, seperti foundation, CC cream, BB cream, DD cream, dan bedak. Saat mengoleskan produk-produk ini, Anda perlu menekan sedikit bagian ujung kuas ke daerah yang cenderung berpola sempit, antara lain ujung mata, ujung alis, dagu, dan hidung. Sehingga, hasil make up base akan lebih merata dan terlihat natural.

Kuas make up juga ada yang berukuran sedang dan biasanya memiliki ujung berbentuk melengkung. Kuas seperti ini terbilang cocok untuk mengaplikasikan corrector cream atau concealer. Dengan ujung yang tidak begitu lancip, kuas akan membantu produk menutupi bagian wajah yang kurang ideal, seperti kulit dengan bekas jerawat, flek, dan keriput atau garis halus.

Agar make up semakin detail dan bentuk wajah Anda terlihat menonjol, Anda bisa memakai kuas dengan ukuran kecil dan berujung lancip sebagai proses finishing. Anda bisa memakainya untuk membuat garis mata, garis bibir, dan garis alis. Sehingga, wajah akan terlihat lebih berwarna.

Baca juga:  Skiva, Lipstik Lokal Murah Meriah yang Punya Pilihan Warna Segambreng

Setelah mengetahui tips memakai kuas make up yang benar, pastikan Anda tidak lupa untuk selalu membersihkannya. Memakai kuas yang jarang dibersihkan dapat menyebabkan iritasi pada kulit, karena ada bakteri, kotoran, dan virus yang bersarang pada kuas. Selain iritasi, kuas make up yang kotor juga dapat menyebabkan jerawat, bruntusan, kemerahan di kulit, dan gatal-gatal.

Membersihkan kuas make up pun tidak bisa sembarangan. Cara membersihkan kuas make up yang salah, bisa membuat kuas hancur dan tidak tahan lama. Agar Anda tidak mengalami hal serupa, Anda bisa intip tips berikut.

Membersihkan kuas make up (sumber: allure.com)

Membersihkan kuas make up (sumber: allure.com)

Tips Membersihkan Kuas Make Up

  • Dilansir dari allure, membersihkan kuas make up yang tepat adalah dengan cara direndam dalam air. Ini akan mencegah penumpukan bakteri pada produk, sehingga kulit akan terhindar dari berbagai macam penyakit.
  • Cuci kuas make up dengan sikat khusus untuk mengangkat produk make up anti air. Pilihlah jenis sikat yang lentur dan tidak keras, sehingga ujung kuas make up Anda tidak mudah rusak atau berubah bentuk.
  • Hindari penggunaan sabun batangan atau sabun cair biasa untuk membersihkan alat make up. Sabun seperti ini bisa membuat ujung kuas lebih kaku dan kusut, sehingga bisa menyebabkan iritasi dan luka pada kulit saat dipakai. Selain itu, kuas yang terlalu kaku bisa menyebabkan gatal di area mata dan hidung.
  • Gunakan pelarut atau deterjen khusus untuk membersihkan kuas make up. Anda bisa memilih produk tanpa alkohol, karena akan membuat kuas tahan lama dan tidak mudah kusut.
Baca juga:  4 Cara Berdamai dengan Kritik Akibat Kekurangan Diri Sendiri

Itulah tips membersihkan make up agar wajah Anda tetap cantik dan sehat. Selain itu, pastikan Anda rutin mencuci peralatan make up, termasuk kuas, setiap minggu. Khusus untuk kuas eyeshadow dan liner, Anda bisa membersihkannya sebanyak 2 kali setiap bulan. Ini akan memberantas bakteri yang ada di kuas.

[1] Herasafitri, Dea Febrinda Rr., Unita Werdi Rahajeng, Thoyyibatus Sarirah. 2016. Wake Up and Make Up: Efek Kosmetik Wajah dan Waktu Pemaparan terhadap Attractiveness. MEDIAPSI Universitas Brawijaya, Vol. 2(2): 30-37.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: