Tips Make Up Tetap On Point, Tak Menempel di Masker

Make up sambil pakai masker (sumber: independent.co.uk)Make up sambil pakai masker (sumber: independent.co.uk)

Saat pandemi virus, mau tidak mau Anda harus rajin memakai masker. Sayangnya, masker akan menempel di kulit Anda yang baru saja dipoles make up, sehingga tak jarang ada bedak atau lipstik yang menempel di dalam masker. Dengan kondisi seperti ini, bagaimana agar make up tetap on point dalam keadaan menggunakan masker?

Masker dipilih sebagai APD (Alat Perlindungan Diri) yang tepat di untuk melindungi sistem pernapasan, entah itu dari polusi udara atau debu halus.[1] Selain itu, masker juga sangat penting di saat wabah virus sedang menyerang. Kebanyakan masker dibuat dengan bahan kain yang berlapis-lapis dan bersifat fleksibel.

Sifat masker yang terbilang fleksibel dan berbahan kain tersebut tentunya memiliki daya serap cukup tinggi. Tak heran jika setelah Anda memakai make up lalu memakai masker, Anda akan melihat ada sebagian bedak dan lipstik yang menempel di masker tersebut. Agar make up Anda tidak mudah menempel di masker dan wajah Anda tetap prima, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut.

Pakai Tisu Kering Setelah Make Up

Tisu kering usai pakai make up (sumber: qupas.id)

Tisu kering usai pakai make up (sumber: qupas.id)

Dilansir dari HuffPost, Anda bisa meminimalkan pergeseran dan perpindahan make up dari kulit wajah ke masker menggunakan tisu. Caranya tidaklah sulit, yang penting Anda juga harus meminimalkan kadar make up base yang Anda gunakan. Sebagai contoh, pilihlah make up base dengan tekstur ringan dan tidak banyak mengandung bahan padat, seperti concealer.

Baca juga:  Tips Cegah Kulit Kering Akibat Sering Cuci Tangan

Dibanding foundation yang berat, concealer lebih ringan dan mudah meresap di kulit. Sebelum memakai concealer, Anda bisa memakai sunblock dan pelembap. Tunggulah kedua produk tersebut meresap dengan sempurna di kulit wajah Anda, biasanya sekitar 3 menit. Setelah wajah Anda sedikit kering, oleskan concealer secara tipis dan merata di permukaan kulit Anda.

Biarkan concealer menempel di kulit Anda selama tiga menit dan ambil satu lembar tisu wajah yang kering. Taburi tisu kering tersebut dengan sedikit bedak tabur, dan tap-tap ke atas permukaan wajah Anda hingga merata. Cara ini hampir sama dengan tips untuk membuat lipstik di bibir awet dan tidak mudah tertransfer ke benda. Setelah itu, pakailah masker kesayangan Anda dengan tepat.

Menggunakan Spray Foundation

Ilustrasi: aplikasi spray foundation (sumber: wikiwand.com)

Ilustrasi: aplikasi spray foundation (sumber: wikiwand.com)

Mungkin, menggunakan foundation dengan alat spray akan terdengar aneh bagi sebagian besar orang, mengingat foundation diaplikasikan dengan kuas atau sponge. Namun, di masa wabah virus, menuangkan liquid foundation ke alat penyemprot adalah inovasi yang patut dicoba. Bahkan, beberapa beauty vlogger sudah pernah menerapkannya sebelum memakai masker.

Baca juga:  Superbug, Bakteri Yang Dikenal Resisten Terhadap Antibiotik

Sementara ada banyak produk liquid foundation di luar sana, pilihlah produk yang tidak terlalu kental dan bertekstur ringan. Produk jenis ini jika dimasukkan ke dalam alat spray, akan lebih cepat kering dan mudah menempel. Setelah Anda memasukkan liquid foundation ke dalam alat penyemprot, atur agar mesin dapat menyemprot secara perlahan dengan jangkauan area yang luas.

Setelah Anda menyemprotkan liquid foundation secara merata di permukaan kulit, tunggu hingga foundation benar-benar menempel dan tidak dapat bergeser. Biasanya, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 menit. Agar lebih awet, gunakan bantuan cahaya lampu untuk menyoroti kulit wajah Anda. Jika foundation sudah menempel dan tidak dapat bergeser lagi, Anda bisa langsung memakai masker dan keluar rumah tanpa harus khawatir make up Anda luntur.

Gunakan Teknik Igari Blush On

Make up igari blush on (instagram: @robynyeang)

Make up igari blush on (instagram: @robynyeang)

Bagi Anda yang ingin tampil paripurna dengan wajah merona, Anda juga bisa mengaplikasikan blush on. Cara mengaplikasikan blush on saat memakai masker tidak bisa sembarangan. Agar lebih efektif, gunakan teknik igari blush on. Teknik igari blush on tidak akan membuat blush on yang menempel di wajah Anda tertransfer ke bagian dalam masker.

Baca juga:  Bedak Make Over Shade No 4 (Two Way Cake dan Silky Smooth Translucent Powder)

Pilihlah warna blush on kesayangan Anda dan siapkan kuas khusus yang tidak terlalu besar namun cukup tebal. Oleskan ujung kuas pada blush on Anda secara perlahan dan searah, lalu hentakkan sedikit agar blush on yang tertinggal di kuas adalah blush on yang teksturnya lebih padat. Oleskan kuas pada bagian bawah garis mata dan hidung secara perlahan. Setelah itu, biarkan blush on menempel dan sedikit terserap oleh kulit. Dengan cara ini, blush on tidak akan mengotori masker Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba agar make up tetap on pint meskipun harus memakai masker. Jangan lupa untuk rajin cuci muka setelah memakai masker selama berjam-jam, sehingga kulit wajah tidak terlihat kusam dan terhindar dari jerawat.

[1] Marsaid, dkk. 2010. Hubungan antara Kebiasaan Menggunakan Masker dengan Terjadinya Batuk pada Pekerja Industri Mebel di Desa Karangsono Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Jurnal Keperawatan, Vol. 1(2): 118-125.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: