Hindari Menor, Ini Tips Make Up Terbaik untuk Pemula

Ilustrasi: wanita merias diriIlustrasi: wanita merias diri

Pada masa puber, biasanya remaja putri mulai mencoba mengaplikasikan make up di wajah mereka. Tujuannya, tentu saja untuk membuat tampilan wajah menjadi lebih menarik. Nah, sebagai pemula, tak jarang para gadis melakukan kesalahan saat memakai kosmetik. Sehingga, tampilan wajah menjadi menor. Lalu, bagaimana tips agar wajah terlihat cantik alami?

Make up merupakan salah satu bentuk sediaan kosmetik yang mampu menghasilkan warna jika diaplikasikan di bagian tubuh tertentu. Selain untuk merias wajah, secara psikologis, kosmetik mampu memberikan dampak positif sebagai daya tarik bagi perempuan. Selain itu, wanita yang memakai make up dianggap lebih sehat dan percaya diri.[1]

Dilansir dari HuffPost, make up dapat memberikan efek awet muda bagi pemakainya. Anda bahkan bisa menghilangkan kerutan dan warna kusam dengan sempurna di wajah. Bagi para wanita dewasa, tentunya make up seperti ini yang paling dicari. Sementara itu, bagi remaja pemula, make up bisa membuat mereka cantik natural dengan kesan imut, jika mereka melakukan beberapa tips berikut.

Hindari Cream Pelembap Berwarna

Saat ini, telah beredar banyak krim pelembap yang dapat mengubah warna kulit. Sebagian besar remaja dan wanita dewasa biasanya tergiur dengan pelembap yang dapat membuat kulit menjadi putih. Sayangnya, krim seperti ini akan membuat tampilan wajah menjadi lebih pucat. Sehingga, mau tak mau, Anda harus mengaplikasikan bedak yang tebal di wajah. Inilah yang membuat make up menjadi menor dan creaky.

Baca juga:  Cara Pakai Lipstik Ombre Ala Cewek Korea Selatan

Gunakan pelembap biasa yang tidak berwarna, lebih baik lagi jika Anda memakai krim moisturizer dengan kandungan UV, SPF, asam hialuronat, dan vitamin E. Pelembap seperti ini tentunya memiliki tekstur lebih ringan dibanding pelembap dengan kandungan pigmen. Selain mudah meresap di kulit, pelembap tersebut juga akan membantu menjaga keindahan kulit Anda serta membuat tampilan wajah menjadi lebih awet muda.

Ilustrasi: kosmetik & peralatan make up

Ilustrasi: kosmetik & peralatan make up

Gunakan Serum Water Based

Bagi remaja puber, biasanya mengalami ketidakseimbangan hormon yang membuat kulit lebih berminyak dan berjerawat. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit seperti ini, sebaiknya mengaplikasikan serum water based sebelum menggunakan kosmetik. Serum akan membantu melembapkan dan menghaluskan kulit wajah. Sehingga, make up mudah diaplikasikan atau di-blend.

Karena kosmetik mudah diaplikasikan, tentunya Anda tidak perlu menekan spons bedak secara berlebihan. Sehingga, riasan akan terlihat lebih natural dan tidak menor. Selain itu, bagi Anda yang ingin terlihat awet muda, serum akan membantu menutupi pori-pori yang besar dan membuat kerutan di kulit sedikit memudar.

Baca juga:  Jangan Sampai Keliru, Begini Cara Pakai Serum Vitamin C yang Benar

Hindari Foundation Full Coverage

Bagi wanita dewasa yang ingin terlihat awet muda, mungkin produk foundation full coverage terbilang cocok dan bagus. Sebaliknya, untuk gadis yang baru saja melihat make up, barang tersebut adalah hal yang berbahaya. Foundation full coverage dapat menutup pori-pori kulit, sehingga menyebabkan penumpukan kotoran dan bakteri penyebab jerawat. Inilah alasan mengapa Anda sering bruntusan, berjerawat, dan mengalami iritasi setelah memakai foundation.

Selain itu, foundation full coverage akan membuat tampilan riasan menjadi lebih menor di wajah remaja. Bahkan, tak jarang ada gadis yang memiliki wajah seperti topeng karena dempulnya. Untuk itu, sebaiknya Anda memakai foundation tipe medium coverage atau low coverage. Selain tidak membuat wajah menor, produk tersebut akan membuat Anda cantik alami.

Ilustrasi: wanita merias diri

Ilustrasi: wanita merias diri

Aplikasikan Lipstik Warna Bibir

Tips yang tak kalah penting dalam bermake up, yaitu memakai lipstik yang warnanya sama dengan warna bibir Anda. Ini akan menampilkan kecantikan alami sekaligus membuat Anda menjadi terlihat baby face. Selain itu, warna lipstik yang sama dengan warna bibir, akan membuat tampilan bibir menjadi makin penuh dengan warna yang merata.

Baca juga:  Berat Badan Proporsional Bukan Jaminan Sehat Seorang Wanita

Hindari warna lipstik yang terlalu tebal, seperti merah tua, hitam, merah maroon, oranye, dan cokelat. Untuk pemula, Anda bisa memilih lipstik warna merah muda, peach, dan coral. Selain itu, pilihlah lipstik yang bisa membuat bibir Anda menjadi lebih lembap dan halus.

Itulah beberapa tips agar Anda bisa menampilkan kecantikan alami setiap hari. Selain memakai make up, jangan lupa untuk merawat kulit Anda dengan rajin. Pakailah skincare sebelum dan sesudah menggunakan kosmetik dekoratif, agar kulit Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari kerusakan kulit.

[1] Wiranata, Christina Devina. 2017. Hubungan Antara Self-Esteem dan Fungsi Psikologis Make-Up pada Model. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 6(2): 1654-1671.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: