Liburan Sekolah Anak Lebih Seru Tanpa Gadget? Ini Tipsnya!

Ilustrasi: berwisata untuk mengisi liburan

Seperti yang kita ketahui, di zaman milenial ini, pastinya tidak ada anak yang tidak mengenal gadget. Apalagi jika liburan sekolah tiba, hampir sebagian besar anak disibukkan dengan gadget. Mereka akan lebih sering menatap layar datar, seperti TV dan smartphone. Namun, tahukah Anda bahwa liburan sekolah anak bisa menjadi lebih seru tanpa teknologi tersebut.

Menurut Common Sense Media, anak-anak usia 8 hingga 12 tahun menghabiskan hampir lima jam sehari untuk media hiburan, sedangkan remaja menghabiskan tujuh jam. Media hiburan yang dimaksud adalah ponsel, TV, dan video games. Sebagian besar anak bahkan sering begadang untuk menghabiskan waktu bersama gadgetnya.

Bermain smartphone dan video games atau menonton televisi, merupakan hiburan yang dinilai lebih seru dan tidak membosankan saat mengisi liburan. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat liburan sekolah mereka lebih seru serta tidak menjadi kecanduan gadget

Piknik Keluarga

Salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan agar anak-anak tidak terpaku pada gadget, yaitu melakukan piknik bersama keluarga. Saat liburan sekolah tiba, ajaklah anak-anak untuk berkunjung ke taman di sekitar tempat Anda tinggal. Suasana taman yang asri dengan udara segar dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Ilustrasi: piknik keluarga

Ilustrasi: piknik keluarga

Anak-anak juga akan lebih senang bermain di taman, apalagi jika taman tersebut memiliki fasilitas area bermain anak. Anak-anak akan merasa bahwa hiburan seperti ini lebih seru dibandingkan harus terpaku pada layar gadget mereka. Bakal lebih seru lagi jika Anda bermain bersama anak-anak.

Baca juga:  Berefek Negatif, Jangan Biarkan Bayi Anda Tidur dalam Posisi Miring

Di sekitar taman, pastinya terdapat bangku taman yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sejenak dan mengobrol bersama keluarga. Ada kalanya, ketika berpiknik, Anda harus membawa makanan dan minuman. Anda bisa membawa makanan dan minuman kesukaan anak-anak agar piknik semakin menyenangkan.

Berlibur ke Desa

Hal lain yang bisa Anda lakukan agar anak-anak meninggalkan gadgetnya di saat liburan sekolah adalah mengajak mereka berlibur ke desa. Anda bisa memilih desa manapun, yang pasti tidak terpencil, namun sedikit jauh dari kota. Suasana pedesaan yang masih asri dengan penduduk yang ramah bisa membuat anak-anak nyaman untuk tinggal sejenak.

Ilustrasi: anak bermain di pedesaan (sumber: raydientplaces.com)

Ilustrasi: anak bermain di pedesaan (sumber: raydientplaces.com)

Di desa, Anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam hingga perkebunan atau sawah penduduk. Ketika berlibur ke desa, Anda bisa mengajak anak-anak untuk berjalan-jalan dan menikmati pemandangan perkebunan serta persawahan yang indah. Andak-anak tidak hanya akan merasa senang, tetapi juga teredukasi secara sosial.

Anak-anak pasti akan dibuat takjub, karena mengamati pesona alam akan terasa lebih seru jika dilihat secara langsung. Pemandangan yang disajikan tentunya berbeda jika mereka melihat dari layar gadget. Dilansir dari Health Harvard, anak-anak akan mudah teralihkan dari gadget jika diajak melihat pemandangan alam secara langsung. Mereka bisa berlarian ke sana dan kemari dengan hati senang tanpa peduli ada di mana gadgetnya.

Baca juga:  Mengatasi Anak Penderita OCD (Obsessive Compulsive Disorder)

Berkemah di Halaman Rumah

Tips berikutnya yang bisa Anda coba agar anak tidak terpaku pada gadget, Anda bisa mengajaknya berkemah. Camping tidak harus dilakukan di tempat terpencil seperti di gunung, pantai, hutan, atau pinggir danau. Jika rumah Anda terdapat halaman, Anda bisa menggunakannya sebagai tempat berkemah.

Ilustrasi: berkemah di halaman rumah (sumber: marketingvisualization.com)

Ilustrasi: berkemah di halaman rumah (sumber: marketingvisualization.com)

Gunakan peralatan camping pada umumnya, karena Anda harus menciptakan suasana berkemah yang sesungguhnya di halaman rumah Anda. Bangunlah tenda yang muat diisi oleh keluarga beserta anak-anak. Untuk tidur, tenda harus dialasi terpal atau karpet agar lebih hangat. Sleeping bag juga penting jika Anda berkemah di halaman, ini akan membuat suasana semakin seru.

Suasana berkemah yang seru membuat anak-anak lupa dengan gadgetnya. Mereka akan lebih tertarik dengan berkemah bersama keluarga. Ketika berkemah, Anda pun harus menciptakan suasana seru dengan mengajak mereka mengobrol atau bermain game, seperti bermain tebak-tebakan atau scrabble.

Membuat Pesta Barbeque Sederhana

Liburan sekolah yang seru tidak harus di luar rumah. Untuk membuat anak-anak meninggalkan gadgetnya dengan mudah, Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan membuat pesta barbeque. Secara sederhana, ajak anak-anak mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Ajaklah mereka berbelanja dan sesekali biarkan mereka membantu Anda memilih bahan yang akan dibakar.

Ilustrasi: pesta barbeque sederhana (sumber: virginia-homes.com)

Ilustrasi: pesta barbeque sederhana (sumber: virginia-homes.com)

Biarkan mereka memilih jenis sayur kesukaan mereka, daging, sosis, dan hal-hal lainnya. Anda bisa menyediakan beberapa camilan kesukaan mereka juga. Bagi para orang tua, sangat penting mengetahui hal-hal yang disukai anak-anaknya, termasuk makanan dan minuman. Sesekali, biarkan mereka minum soda, tentunya dengan jumlah yang wajar.

Baca juga:  Yang Bisa Orang Tua Lakukan Untuk Membantu Anak Meraih Sukses

Setelah alat dan bahan siap, ajak juga mereka untuk membuat bumbu barbeque, mereka akan senang dan antusias dalam hal ini. Malamnya, ajak mereka untuk berpesta. Pesta sederhana bisa Anda lakukan sekeluarga. Agar lebih seru lagi, Anda bisa mengajari anak Anda untuk membakar sayuran dan bahan-bahan barbeque.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengalihkan perhatian anak Anda dari gadget atau layar datar selama liburan sekolah. Anda bisa memilih beberapa tips di atas untuk diterapkan. Anak-anak akan merasa liburan mereka lebih seru dibanding menatap layar datar, karena Anda memberikan fasilitas liburan sekolah untuk mereka.

Selama liburan sekolah, memang ada baiknya Anda menghindarkan anak-anak dari rasa bosan. Rasa bosan dan jenuh dapat menjadi penyebab anak-anak lebih suka menatap gadgetnya. Untuk itu, ciptakanlah suasana yang seru dan membuat anak-anak penasaran dengan jadwal liburan mereka. Anda bahkan bisa membuat list kegiatan yang seru dan menarik untuk dilakukan bersama selama liburan sekolah.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: