Tips Simpel Menghentikan Kebiasaan Ngompol pada Anak

Ilustrasi: anak mengompol (sumber: bicarawanita.xyz)Ilustrasi: anak mengompol (sumber: bicarawanita.xyz)

Kebiasaan ngompol pada anak kecil adalah masalah yang wajar. Meskipun begitu, hal ini sering membuat sebagian orang tua mengeluh. Pasalnya, jika anak kebetulan ngompol di kasur, mencuci kasur dan menjemurnya bukanlah hal yang mudah, diperlukan tenaga ekstra untuk membuat kasur kembali bersih.

Dilansir dari helloSEHAT, kebanyakan anak masih mengompol hingga mereka berusia 5 tahun. Jika kebiasaan tersebut dibiarkan, ini akan tetap mereka lakukan hingga dewasa. Bahkan, tidak sedikit anak yang masih ngompol ketika mereka sudah duduk di bangku SD. Sebagai solusi untuk menghentikan kebiasaan tersebut, berikut beberapa tips mudah menghentikan kebiasaan ngompol pada anak.

Berikan Pujian pada Anak

Dilansir dari WebMD, salah satu tips agar anak Anda berhenti ngompol adalah memberikan pujian saat mereka tidak ngompol. Ketika Anda sering memarahi anak yang ngompol, bisa jadi kebiasaan tersebut malah bertambah buruk. Ketakutan berlebih pada anak dapat mengganggu cara berpikir dan keadaan mentalnya.

Kondisi mental yang buruk pada anak menjadi salah satu penyebab mereka masih mengompol. Untuk membuat mereka tidak merasa ketakutan dan kondisi mental mereka tidak terganggu, Anda bisa memberinya sedikit pujian. Anak kecil sendiri sangat suka pujian, karena mereka akan termotivasi untuk melakukan hal-hal yang benar.

Salah satu hal positif yang akan mereka tingkatkan, mereka akan berhenti melakukan kebiasaan ngompol. Beberapa anak bahkan mencoba untuk sadar ketika merasa ingin buang air kecil. Ini adalah salah satu tips yang bisa Anda coba terhadap si kecil.

Ilustrasi: membopong anak (sumber: klubwanita.com)

Ilustrasi: membopong anak (sumber: klubwanita.com)

Berikan Pengertian Buruknya Ngompol

Setiap anak tentunya memiliki kesalahan, dan ngompol sepertinya adalah sebuah kesalahan yang umum. Ngompol dilakukan oleh anak dalam keadaan tidak sadar, sehingga mereka kesulitan mencegahnya. Untuk itu, berikan pengertian bahwa kebiasaan tersebut adalah hal yang buruk dan harus dihentikan.

Baca juga:  Inilah 5 Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas dan Pintar

Anda bisa memberikan pengertian pada anak bahwa ngompol adalah hal yang memalukan dan tidak boleh dilakukan lagi. Tentunya, pengertian harus dilakukan dengan kata-kata sederhana yang mudah dimengerti oleh anak. Dalam memberikan pengertian, Anda juga harus menggunakan nada yang halus dan lembut.

Selain memberikan pengertian buruknya kebiasaan tersebut, Anda juga perlu memberikan solusi terbaik bagi Anak Anda. Beberapa solusi yang bisa Anda ajarkan pada anak, adalah tentang penggunaan kamar mandi. Ajari anak Anda untuk menggunakan kamar mandi dengan baik saat mereka ingin buang air kecil di malam hari.

Ajak Anak ke Kamar Mandi Sebelum Tidur

Sebelum anak Anda tidur, ada baiknya Anda mengajaknya ke kamar mandi. Ajak mereka untuk membersihkan kaki, muka, dan gigi. Gosok gigi sebelum tidur juga perlu diajarkan sejak dini agar gigi mereka tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya. Selain itu, biarkan anak Anda menggunakan kamar mandi untuk buang air kecil.

Baca juga:  Yakin Sudah Jalani Hubungan Sehat Dengan Pasangan? Simak Tanda-Tandanya Berikut Ini!

Penting bagi mereka untuk buang air kecil sebelum tidur malam. Ini adalah salah satu tindakan untuk mencegah mereka melakukan kebiasaan ngompol. Biasakan anak Anda menggunakan kamar mandi sebelum tidur. Sehingga, mereka tidak akan merasa ingin buang air kecil saat tidur.

Ilustrasi: anak menggunakan kloset (sumber: reviewed.com)

Ilustrasi: anak menggunakan kloset (sumber: reviewed.com)

Ubah Kebiasaan Minum Anak

Salah satu penyebab ngompol yang paling umum adalah ketika anak-anak tidak bisa mengontrol kebiasaan minum yang terlalu banyak. Anak-anak yang minum terlalu banyak di malam hari akan lebih sering ngompol saat mereka tidur. Rasa ingin buang air kecil akibat minum berlebihan yang tidak bisa ditahan inilah penyebabnya.

Untuk itu, ajarkan pada mereka untuk minum dalam batas yang wajar dan meminimalkan kebiasaan minum terlalu banyak di malam hari. Biarkan mereka minum banyak di pagi hingga sore hari, ini akan membuat mereka tidak mudah haus di malam hari.

Selain itu, cegah anak Anda untuk minum minuman dingin atau es krim saat menjelang malam. Kebiasaan mengonsumsi makanan dingin atau air dingin dapat membuat kebiasaan ngompol mereka lebih parah. Hawa dingin yang masuk ke dalam perut membuat mereka menjadi lebih sering ingin buang air kecil saat malam.

Memberi Hukuman Ringan

Beberapa anak mungkin bisa menghilangkan kebiasaan ngompolnya dengan mudah, tetapi masih ada juga yang tidak bisa hingga usia belasan tahun. Jika itu sudah terjadi, Anda bisa memberikan sedikit hukuman yang ringan. Sebelumnya, Anda bisa membuat perjanjian terlebih dahulu pada mereka.

Baca juga:  Perbedaan Antara Susu Nutrilon Dan Nutrilon Royal

Pastikan anak Anda mengerti dengan perjanjian yang Anda maksud. Jika mereka melanggar perjanjian tersebut dan masih saja ngompol, Anda bisa memberikan konsekuensi. Beberapa hukuman ringan yang bisa Anda berikan adalah membantu menjemur kasur, membantu merapikan tempat tidur, dan membantu membersihkan kasur mereka sendiri.

Jadi, mereka akan sadar betapa buruknya kebiasaan ngompol tersebut. Hukuman ini diberikan untuk memberikan efek jera kepada anak, agar mereka menghentikan kebiasaan tersebut. Ada baiknya Anda juga memberikan mereka peringatan agar mereka bisa mencoba mencegah kebiasaan ngompol timbul kembali.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghentikan kebiasaan ngompol pada anak. Selain itu, Anda juga bisa memberi mereka hadiah sederhana jika mereka berhasil menghentikan kebiasaan tersebut. Buatlah tabel atau list rentan waktu hingga berapa lama anak Anda mampu bertahan untuk tidak ngompol.

Buatlah batasan-batasan pada list dan tabel Anda untuk memberi mereka hadiah. Contohnya, Anda bisa memberi mereka hadiah jika mereka tidak ngompol selama 3 hari, 5 hari, hingga berminggu-minggu. Ini akan membuat mereka merasa tertantang untuk tidak ngompol, sehingga mereka bisa mendapatkan hadiah dari Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: