Tips dan Strategi Berlari Untuk Menurunkan Berat Badan

Tips, strategi, berlari, lari, menurunkan, berat, badan, penurunan, diet, kalori, olahraga, gym, berenang, retret, jenis, faktor, gaya, hidup, cepat, sprint, steady, fat, burning, run, jogging, waktu Selektif memilih jalur jogging untuk menambah motivasi

Apakah berenang bisa membakar kalori? Iya. Bagaimana dengan bersepeda? Iya bisa. Bagaimana dengan retret kebugaran mewah di selatan Perancis? Tentu saja. Semua hal itu bagus untuk menurunkan berat badan, tetapi mereka membutuhkan dana yang lebih mahal dibandingkan dengan berlari. Anda membutuhkan kolam renang, sepeda, dan gaji enam digit. Tetapi jika Anda mampu membeli sepasang sepatu kets, maka Anda bisa berlari. Anda bisa berlari dalam cuaca panas. Anda bisa berlari dalam cuaca dingin. Anda bisa berlari di salju. Anda bisa berlari di bawah hujan. Anda dapat berjalan dengan seorang teman. Anda bisa berlari sendiri.

Ini adalah pilihan terbaik untuk menjadikan berlari sebagai salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan. “Anda hanya perlu sepasang sepatu yang layak, beberapa kreativitas, dan mungkin seorang atau dua orang teman untuk mengembangkan rencana berjalan atau berlari,” kata Daniel O’Connor, Ph. D., profesor dan kinerja manusia di University of Houston. “Ini lebih murah daripada bergabung dengan gym atau memiliki pelatih pribadi.”

Namun, berlari untuk menurunkan berat badan sedikit lebih rumit, ada beberapa strategi yang terlibat. Berikut semua hal yang harus Anda ketahui tentang berlari untuk menurunkan berat badan.

Perhatikan pola makan Anda

Ada banyak manfaat berlari, termasuk penurunan berat badan. Akan tetapi berlari bukanlah alasan untuk mengabaikan Anda, terutama jika Anda mencoba menurunkan berat badan. Bahkan, Anda bisa lebih gemuk meskipun rutin berlari jika Anda mengabaikan pola makan Anda.

Tips, strategi, berlari, lari, menurunkan, berat, badan, penurunan, diet, kalori, olahraga, gym, berenang, retret, jenis, faktor, gaya, hidup, cepat, sprint, steady, fat, burning, run, jogging, waktu

Konsumsi makanan diimbangi dengan pembakaran kalori lewat berlari

“Kebanyakan orang melebih-lebihkan kalori yang mereka bakar saat berlari,” kata Angela Rubin, pelatih triathlon dan manajer studio Precision Running Lab. Sebagai perkiraan yang sangat umum, Anda membakar sekitar 100 kalori per kilometer (gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa banyak kalori yang Anda bakar berdasarkan berat badan Anda). Jadi jika Anda menjalankan dua atau tiga kilometer, Anda akan membakar sekitar 200 hingga 300 kalori — latihan yang solid.

Masalahnya adalah, banyak orang menambahkan brownies 400 kalori atau potongan ekstra pizza untuk diet mereka. Padahal mereka perlu membuat keseluruhan defisit kalori jika  ingin menurunkan berat badan. “Penurunan berat badan adalah tentang menciptakan ketidakseimbangan kalori, di mana Anda menggunakan sedikit lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi, katakanlah 200 kalori per hari,” kata O’Connor. Jadi, meskipun normal untuk mendambakan sesuatu yang manis atau berkarbohidrat berat setelah berlari, namun Anda harus ingat bahwa penurunan berat badan adalah tujuan akhir Anda.

Dorong diri Anda tetapi jangan terlalu memikirkannya

Para atlet terus-menerus mengoptimalkan rencana pelatihan dan strategi balapan mereka, tetapi Anda tidak perlu menjadi gila jika Anda baru memulai. “Ketika ingin menurunkan berat badan, memindahkan dan membakar kalori adalah yang terpenting,” kata O’Connor. “Jika Anda menyukai sprint, yang memiliki tingkat kalori lebih tinggi yang dibakar per menit, maka lakukan hal itu; tetapi jika Anda lebih suka berjalan atau jogging lebih lambat, Anda hanya perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk membakar kalori tersebut.”

Tips, strategi, berlari, lari, menurunkan, berat, badan, penurunan, diet, kalori, olahraga, gym, berenang, retret, jenis, faktor, gaya, hidup, cepat, sprint, steady, fat, burning, run, jogging, waktu

Berlari dapat membakar kalori lebih cepat dan lebih banyak

Sebuah studi Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan bahwa pelari kehilangan berat badan lebih dari pejalan kaki selama periode enam tahun, mungkin karena afterburn. “Berlari pada intensitas tinggi akan menciptakan afterburn, yaitu ketika Anda terus membakar kalori saat Anda tidak lagi bergerak,” kata Rubin. Dia menyarankan memulai dengan tiga 30 menit per minggu, berlari selama 30 detik kemudian pulih selama 30 detik hingga satu menit.

Jangan lupa untuk melatih kekuatan

Pelatihan silang penting karena beberapa alasan: Pertama, ini membuat Anda menjadi pelari yang lebih kuat dan mengurangi risiko cedera. “Berlari hanya akan terasa sakit di sendi Anda jika Anda tidak memiliki yang kuat untuk mendukung mereka,” kata Rubin. Kedua, mengangkat beban juga akan membantu Anda menurunkan berat badan. “Semakin banyak massa tanpa lemak yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang akan Anda bakar saat istirahat,” katanya. Itu benar, lebih banyak berarti lebih banyak kalori yang terbakar daripada Anda hanya duduk-duduk saja.

Ingat, jangan cuma saja agar berat badan cepat turun. Manfaat untuk menurunkan berat badan akan bekerja lebih jika dikombinasikan dengan latihan kekuatan. Latihan kekuatan membantu menjaga otot tetap kuat untuk berlari. Rutin berlari yang ditambah pengurangan asupan sebanyak 300 sampai 500 kalori setiap harinya membuat tubuh tidak hanya akan kehilangan lemak tetapi juga otot. Latihan kekuatan memastikan penurunan berat badan yang Anda alami hanya berasal dari jumlah lemak yang berkurang, dan bukannya massa otot. Anda bisa melakukan latihan kekuatan di mana pun, baik di gym ataupun di ruang tamu, dengan latihan sederhana seperti push-up, lunges, atau squat.

Jenis lari untuk menurunkan berat badan

Tips, strategi, berlari, lari, menurunkan, berat, badan, penurunan, diet, kalori, olahraga, gym, berenang, retret, jenis, faktor, gaya, hidup, cepat, sprint, steady, fat, burning, run, jogging, waktu

Metode berlari yang bisa dilakukan dalam rangka diet

Berikut adalah jenis lari yang harus Anda lakukan jika Anda mau menurunkan berat badan.

Steady fat-burning run

Steady fat-burning run mengharuskan Anda berlari lambat, 50 persen kecepatan maksimal Anda, dan selama mungkin. Semakin lama Anda lari, semakin banyak lemak yang Anda bakar. Maka dari itu, cobalah untuk lari dengan kecepatan tetap dalam waktu yang lebih lama. Jangan gunakan minuman olahraga atau gel energi selama lari karena kandungan karbohidratnya. Asupan karbohidrat hanya akan membuat tubuh bergantung padanya daripada membakar lemak sebagai sumber energi.

Sprinting

Berbeda dari steady fat-burning run, sprinting mengharuskan Anda lari cepat. Lari dengan lebih cepat membantu Anda membakar lebih banyak kalori karena tubuh Anda akan harus bekerja lebih cepat untuk menghasilkan energi untuk berlari. Rutinitas olahraga yang baik harus mencakup pengulangan lari 30 detik. Lari cepat bisa dianggap sebagai cara untuk mengaktifkan tubuh ke mode pembakaran lemak.

Selain itu, beberapa faktor lain yang mempengaruhi kemungkinan penurunan berat badan meliputi diet dan gaya hidup. Olahraga lari memang merupakan salah satu cara paling efisien untuk menurunkan berat badan, tetapi jika Anda berkomitmen untuk menjalankan latihan tertentu daripada hanya lari, dan juga memperhatikan konsumsi kalori, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik saat berikutnya Anda menimbang berat badan.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: