Tips Cegah Jerawat Agar Tidak Kambuh

Cegah Jerawat Agar Tidak Kambuh - www.stile.itCegah Jerawat Agar Tidak Kambuh - www.stile.it

Jerawat menjadi salah satu momok bagi banyak orang, apalagi kaum wanita. Jerawat memang lebih sering dialami oleh kaum Hawa, karena kulit mereka yang lebih rapuh dibanding kulit pria. Bagi Anda yang pernah berjerawat atau yang belum pernah, sebaiknya Anda mencegah jerawat dengan tepat agar jerawat tidak kembali atau tumbuh di kulit Anda.

Mencegah Lebih Mudah daripada Mengobati

Jerawat sendiri merupakan gangguan umum yang dapat memengaruhi fisik dan psikologis seseorang. Hal ini dapat diobati, baik dengan swamedikasi atau bantuan medis.[1] Namun, dilansir dari allure, mengobati jerawat lebih susah dibanding mencegahnya. Jika Anda terlanjur berjerawat, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk masa penyembuhan, bisa sekitar 2 hari hingga seminggu. Belum lagi untuk mengatasi bekas jerawat yang membutuhkan perawatan khusus.

Sementara itu, Anda bisa mencegah jerawat agar tidak tumbuh dan menumpuk di kulit. Menurut Sandra Lee, seorang dokter spesialis kulit, mencegah jerawat lebih baik daripada mengobati. Jika jerawat sudah terlanjur tumbuh di kulit, maka Anda harus segera mengobatinya. Jerawat yang dibiarkan begitu saja tanpa dirawat, bisa meradang dan menyebar dengan mudah.

Baca juga:  Rekomendasi Bedak Wardah untuk Kulit Kering

Jerawat sendiri disebabkan oleh banyak faktor. Untuk mencegah jerawat, Anda perlu mengetahui faktor penyebabnya dan menghindarinya sebisa mungkin. Jerawat bisa disebabkan oleh lingkungan yang kurang bersih, make up, alergi, dan hormon. Selain mengetahui faktor penyebab, Anda juga perlu melakukan beberapa tindakan khusus dalam merawat kulit agar tidak berjerawat.

Cara Mencegah Jerawat

Dilansir dari Kompas, untuk mencegah jerawat, Anda harus selalu menjaga kebersihan wajah. Salah satu kunci kulit bersih dan terhindar dari jerawat, yaitu selalu membersihkan wajah setiap hari. Anda bisa membersihkan wajah dengan sabun wajah maksimal 2 kali sehari saat mandi.

Merawat Kulit agar tidak Berjerawat - jooinn.com

Merawat Kulit agar tidak Berjerawat – jooinn.com

Jangan lupas, bilaslah busa sabun pada wajah Anda menggunakan air hingga bersih, pastikan tidak ada sabun yang tersisa. Karena, sabun yang tertinggal bisa menyebabkan pH di wajah tidak stabil. Nah, pH wajah yang tidak stabil juga merupakan salah satu penyebab jerawat.

Perhatikan pula cara Anda mengeringkan wajah. Gunakan handuk yang bersih dan kering. Hindari menggosokkan handuk pada wajah saat mengeringkannya. Sebaiknya, Anda cukup menepuk-nepukkan handuk pada kulit hingga kulit terasa kering. Menggosok handuk pada kulit dapat membuat kulit mudah iritasi dan berjerawat.

Baca juga:  Pentingnya Menjaga Kebersihan Sarung Bantal Anda

Bagi Anda yang sudah pernah berjerawat dan saat ini ingin mencegah jerawat datang lagi, gunakan produk pelembap wajah sebelum menggunakan skincare atau make up berbahan dasar cream dan bedak. Gunakan pelembap yang berlabel noncomedogenic atau berlabel anti-jerawat. Tidak sulit menemukan produk jenis ini, sudah ada banyak yang beredar di pasaran.

Pilihlah produk pelembap bersifat anti-jerawat yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Ada beberapa varian produk pelembap anti-jerawat untuk kondisi kulit berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif. Penggunaan pelembap yang tidak sesuai dengan kondisi kulit juga tidak baik, karena dapat menyebabkan alergi dan jerawat.

Cara sederhana lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jerawat timbul, yaitu tidak menggunakan make up terlalu tebal. Penggunaan make up yang terlalu tebal dapat membuat pori-pori tersumbat. Pori-pori yang tersumbat ini bisa menjadi sarang bakteri penyebab jerawat. Selain itu, beberapa jenis make up juga bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam.

Mencegah Jerawat Datang Lagi - shesaid.com

Mencegah Jerawat Datang Lagi – shesaid.com

Jerawat juga disebabkan oleh paparan sinar matahari, apalagi jika Anda terlalu sering beraktivitas di luar ruangan saat siang hari. Lindungi selalu kulit Anda dari paparan sinar matahari menggunakan tabir surya. Tabir surya yang baik, minimal memiliki SPF30. Dengan kadar SPF tersebut, Anda bisa mengoleskan tabir surya setiap 2 jam sekali saat berada di luar ruangan.

Baca juga:  Jerawat Tak Kunjung Hilang? Ini Rekomendasi Facial Foam Untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Usahakan juga Anda memperkirakan cuaca saat Anda beraktivitas di luar. Jika cuaca terlalu panas, gunakan tabir surya dengan SPF agak tinggi. Ini akan melindungi Anda lebih lama dari paparan sinar matahari. Meskipun begitu, hindari penggunaan SPF terlalu tinggi jika Anda berada di luar ruangan dengan cuaca sangat terik. Penggunaan SPF terlalu tinggi yang tidak sesuai dengan kadar penyinaran matahari dapat membuat kulit wajah mudah terbakar.

[1] Pratama, Antonius Nugraha Widhi dkk. 2017. Survei Pengetahuan dan Pilihan Pengobatan Jerawat di Kalangan Mahasiswa Kesehatan Universitas Jember. e-Jurnal Pustaka Kesehatan Universitas Jember, Vol. 5(2): 389-393.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: