Tips Membantu Anak dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Ilustrasi: sekolah jarak jauh menggunakan gadget (sumber: brilio.net)Ilustrasi: sekolah jarak jauh menggunakan gadget (sumber: brilio.net)

Perkembangan di bidang ilmu komunikasi dan teknologi membuat sejumlah sekolah menerapkan metode pembelajaran jarak jauh. Meskipun cara ini terbilang canggih, namun banyak juga anak yang mengeluhkan hasil yang dicapai. Sebagai solusi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak dalam proses ini.

Sebenarnya, sistem pembelajaran jarak jauh merupakan konsep lama yang sudah mendapatkan pengakuan di dunia. Berawal dari semakin kompleksnya masalah yang dihadapi dalam pembelajaran konvensional, maka muncul konsep pembelajaran ini. Pemaknaan tentang pembelajaran jarak jauh mengalami perubahan seiring berkembangnya teknologi dan komunikasi. Ini ditandai dengan pergeseran penggunaan media yang lebih mempermudah proses belajar.[1]

Sayangnya, tidak semua orang bisa tanggap dengan cepat melalui metode tersebut. Bahkan, banyak juga murid yang kewalahan dengan cara ini. Kebanyakan dari mereka mengeluhkan hasil belajar yang kurang efektif. Dilansir dari HuffPost, pembelajaran jarak jauh tidak hanya membuat para murid khawatir, begitu juga dengan orang tuanya. Ini karena pembelajaran jarak jauh tidak sama dengan pembelajaran pada umumnya.

Bahkan, pada beberapa sesi, anak-anak tidak bisa berinteraksi langsung dengan guru mereka. Mereka hanya bisa menatap layar handphone atau komputer sambil mendengarkan penjelasan atau mengerjakan soal, tanpa ada pembahasan yang detail. Lalu, sebagai orang tua, apa yang harus dilakukan?

Baca juga:  Susu Bayi Bisa Tahan Berapa Jam?

Membantu Anak Lebih Fokus

Seperti yang kita tahu, gadget merupakan benda yang menarik bagi anak-anak. Tak jarang mereka akan kehilangan fokus pada materi yang disampaikan secara daring oleh guru saat menatap layar ponsel atau komputer. Bahkan, tak sedikit yang mengalihkan perhatian dengan cara menekan-nekan tombol yang ada pada gadget.

Siswa sekolah jarak jauh (sumber: tempo.co)

Siswa sekolah jarak jauh (sumber: tempo.co)

Beberapa anak bahkan mencoba kabur dari pembelajaran dan memilih untuk bermain game online. Ini adalah salah satu kesempatan bagi Anda untuk mendidik anak Anda supaya tidak mudah tergoda dengan hal lain. Anda bisa membantu anak-anak lebih fokus dengan cara berada di samping mereka saat sesi pembelajaran online dimulai hingga selesai.

Selain itu, Anda bisa memberi satu gadget yang hanya dikhususkan untuk pembelajaran jarak jauh. Gadget yang dipakai tidak boleh dilengkapi dengan fitur lain, seperti game, musik, hingga film. Gadget hanya dilengkapi dengan aplikasi pendukung pembelajaran jarak jauh saja. Sehingga, anak akan lebih fokus ke materi yang disampaikan oleh guru secara daring.

Baca juga:  Bahaya! Jauhkan Barang Kosmetik dari Jangkauan Anak

Bantu Anak untuk Mengulang Materi

Untuk mengetahui sejauh mana anak Anda belajar sekaligus membantu mereka dalam menghapalkan materi, Anda bisa melakukan sedikit ‘paksaan’ untuk merangkum atau mencatat materi pembelajaran. Mintalah mereka mencatat semua informasi yang disampaikan oleh gurunya secara detail.

Setelah sesi pembelajaran selesai, periksalah catatan anak Anda dan minta mereka mengulang kembali materi yang disampaikan secara lisan. Cocokkan perkataan mereka dengan catatan yang sudah mereka catat. Meskipun kalimat yang mereka ucapkan tidak sama dengan yang mereka catat, jika intinya sama, tandanya mereka sudah memahami materi tersebut.

Lakukan cara tersebut setiap hari pada setiap pelajaran. Selain itu, cobalah untuk mengembangkan bahan yang sudah diajarkan guru. Anda bisa membaca literaturnya dari berbagai sumber dan mengajarkannya pada anak-anak. Sehingga, materi yang didapatkan bisa lebih berkembang lagi.

Ilustrasi: buku materi sekolah

Ilustrasi: buku materi sekolah

Jangan Terlalu Memaksa Anak

Seperti yang kita ketahui, tidak semua anak memiliki kemampuan sama untuk menangkap materi yang disampaikan. Apalagi dengan metode pembelajaran jarak jauh yang konon materinya lebih sulit diserap oleh mereka. Sebagai orang tua, Anda bisa mendampingi mereka dan membantu agar semua materi dimengerti oleh anak. Bahkan, jika diperlukan, Anda bisa menerangkan kembali kepada anak tentang informasi yang disampaikan oleh guru.

Baca juga:  Produk Susu Formula yang Diklaim Bisa Bikin Bayi Gemuk

Jika anak Anda memang tidak paham dan Anda diminta untuk mengulang materi yang disampaikan berkali-kali, sebaiknya Anda harus sabar. Jangan terlalu memaksakan anak untuk cepat memahami satu mata pelajaran. Ini akan membuat mereka stres dan kehilangan konsentrasi.

Jika anak sudah stres dan kehilangan konsentrasi, materi apa pun yang diajarkan oleh guru tidak akan masuk ke kepala mereka. Sebaliknya, mereka akan merasa semakin ragu dengan kemampuannya sendiri. Untuk itu, cobalah untuk memahami dan mengerti kemampuan masing-masing anak.

Itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk membantu anak dalam pembelajaran jarak jauh. Selain tips di atas, dilansir dari ruangguru, sebaiknya Anda memberikan hadiah kecil pada anak yang bisa mengikuti pembelajaran online dengan baik. Sehingga, mereka semakin semangat dalam belajar.

[1] Munawaroh, Isniatun. 2005. Virtual Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Majalah Ilmiah Pembelajaran, Vol. 1(2): 171-181.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: